Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga

Posted on

Di Negara Indonesia ini ada banyak sekali jenis tanaman, salah satunya adalah tanaman obat. Tanaman obat sendiri di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Masing-masing daerah memiliki resep tersendiri dalam mengolah tanaman herbal menjadi obat yang ampuh untuk berbagai macam penyakit. Dengan kita mengkonsumsi tanaman obat alami tentu akan meminimalisir efek samping dari obat-obat yang di gunakan.

Selain itu, dengan kita mengetahui khasiat dari tanaman obat ini, kita dapat mengobati penyakit tanpa harus ketergantungan oleh obat-obatan kimia. Tanaman obat juga ada banyak sekali jenisnya, berikut adalah beberapa tanaman obat dan khasiat yang di miliki untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah penjelasanya:

  1. Belimbing Wuluh

    Belimbing Wuluh
    Belimbing Wuluh

Jenis tanaman obat yang pertama adalah belimbing wuluh. Kalian jangan membayangkan kalau belimbing ini mempunyai bentuk sama seperti belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh juga di kenal dengan sebutan belimbing sayur. Karena, buah ini sering di gunakan sebagai bumbu masakan untuk memeberikan rasa asam yang kuat.

Baca juga  : Tips Membuat Tanaman Hidroponik

Fungsi belimbing wuluh ini selain untuk bumbu masakan adalah belimbing wuluh ini bisa di jadikan sebagai obat tradisional. Mulai dari bagian buah, batang, daun, dan bunganya juga dapat di gunakan sebagai obat. Belimbing wuluh di percaya mampu mengobati gusi yang berdarah, sebagai obat reumatik, obat untuk godongan, obat sariawan, obat pegel linu, serta dapat di gunakan sebagai obat sakit gigi.

  1. Temulawak

    Temulawak
    Temulawak

Jenis tanaman obat yang kedua adalah Temulawak. Temulawak adalah tanaman rempah-rempah asli Indonesia yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.  Bagian yang sering di gunakan untuk obat yaitu bagian akar, atau sering di sebut dengan nama rimpang. Bagian akar temulawak inilah yang sering di olah untuk di jadikan sebagai obat berbagai macam penyakit.

Khasiat dari tanaman temulawak ini yaitu dapat mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jangtung, dan bisa menjaga kesehatan hati. Sebenarnya itu, masaih banyak jenis penyakit yang bisa di sembuhkan oleh temulawak ini. Apalagi jika penggunaanya itu di kombinasikan, atau di campurkan dengan tanaman obat yang lain tentu khasiatnya akan jauh lebih terasa.

  1. Lidah Buaya

    lidah buaya
    lidah buaya

Jenis tanaman obat selanjutnya yaitu Lidah buaya. Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. bisa kita katakana lidah buaya merupakan sebagai tanaman sejuta manfaat, karena banyak sekali khasiat dari tanaman yang satu ini. selain fungsi utamanya yaitu dapat menyehatkan rambut, menghilangkan jerawat, dan sebagai alat kecantikan, tanaman ini juga dapat di pakai sebagai bahan untuk mengobat berbagai macam penyakit.

Sebagai tanaman obat, tanaman lidah buaya ini mempunyai khasiat yaitu dapat mengobati penyakit serangan jantung, mengobati diabetes, radang pada tenggorokan, sembelit, dan masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat di sembuhkan oleh tanaman yang satu ini. jadi, pastikanlah bagi kalian yang mempunyai kebun di rumah anda, supaya menanam tanaman yang satu ini, karena tanaman ini mempunyai sejuta manfaat.

  1. Kumis Kucing

Jenis tanaman obat selanjutnya yaitu tanaman kumi

kumis kucing
kumis kucing

s kucing. Kumis kucing sudah tidak asing lagi di Indonesia ini. tanaman ini sudah sejak lama di kenal sebagai tanaman obat yang mana berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman ini juga bisa di jadikan sebagai bahan pembuatan ramuan herbal dengan racikan atau takaran tertentu, sehingga bisa menjadi obat yang sangat ampuh.

Baca juga ini : Cara Budidaya Tanaman Organik

Manfaat atau khasiat yang paling terkenal dari tanaman ini Adalah mampu mengobati penyakit kencing batu. Tanaman ini akan meluruhkan atau menghancurkan kencing batu, sehingga dapat melancarakan saluran keih. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit reumatik, asam urat, masuk angina, diabetes, hepertensi, dan juga mengatasi batuk.

  1. Keji Beling

    Keji Beling
    Keji Beling

Jenis tanaman obat selanjutnya adalah tanaman Keji Beling. Tanaman keji beling ini sudah sangat terkenal di kalangan ahli obat herbal. Tanaman yang biasanya banyak tumbuh di pekarangan rumah ini mempunyai beragam manfaat. Hamper semua bagian dari tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai obat. Daun keji beling ini banyak mengandung zat penting, seperti fosfor, kalsium, kalium, dan natrium. Sedangkan, untuk bagian akarnya, banyak mengandung zat polifenol, dan flavonoid. Kemudian, untuk bagian batangnya, mengandung zat saponin dan zat tanin.

Manfaat dari tanaman keji beling ini yaitu bisa di manfaatkan sebagai obat batu ginjal, obat diare, menurunkan kolesterol, maag, liver, dan juga dapat mengobati penyakit kencing manis. Salah satu keuntungan jika kita mengetahui bahwa tanaman obat akan memperudah anda dalam memilih obat dari penyakit yang anda derita.

  1. Daun Jarak

    Daun Jarak
    Daun Jarak

Jenis tanaman obat selanjutnya adalah daun jarak. Sejak zaman dahulu, daun jarak sudah di gunakan sebagai obat herbal. Tidak heran, bila tanaman ini di masukan dalam jenis tanaman apotik hidup. Daunya, akarnya, buahnya, bahkan sampai bijinya dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tidak heran jika para penjajah berebut untuk mendapatkan tanaman ini untuk di bawa pulang ke Negara mereka.

Daun jarak mempunyai khasiat yaitu untuk mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur yang ada pada kulit, bengkak karena luka, dan juga untuk mengobati penyaki reumatik. Selain itu, tanaman daun jarak ini juga bisa di gunakan untuk mengobati perut yang kembung pada anak. Sungguh sangat luar biasa tanaman obat ini bisa di jadikan sebagai obat alternative.

  1. Daun Beluntas

    Daun Beluntas
    Daun Beluntas

Jenis tanaman obat selanjutnya yaitu tanaman Daun beluntas. Tanaman obat yang satu ini memang sudah di kenal oleh banyak orang, tapi hanya sedikit yang tahu manfaat dari tanaman beluntas ini. sifat dari tanaman yaitu tanaman ini mempunyai banyak cabang, dan daunya ini sering di buat sebagai pagar tanaman yang indah.

Jangan lupa baca : Kumpulan Beberapa Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan

Dan beluntas ini biasanya di gunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi bau badan, pegel linu, mengobati keputihan, menghilangkan bau mulut, perut kembng, reumatik, dan dapat menghilangkan penyakit nyeri pinggang. Sangat banyak bukan manfaat dari tanaman ini.

  1. Daun Sambiloto

    Daun Sambiloto
    Daun Sambiloto

Jenis tanaman obat selanjutnya adalah tanaman sambiloto. Sambiloto adalah tanaman yang sudah di gunakan sejak dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini berasal dari Negara india dan Negara srilangka. Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis, salah satunya di Indonesia ini. daun sambiloto ini bisa di gunakan sebagai obat penurun badan, mempelancar air seni, sebagai obat sakit perut, mengobati kencing manis.

Di dalam sebuah penelitian, bahwa air hasil rebusan sambiloto ini bisa di gunakan sebagai penurun kadar gula, sebanding dengan pemberian suspense glibenclamid. Jadi, tidak salahnya anda menanam tanaman yang satu ini. selain mudah menanamnya, tanaman ini bisa tumbuh dengan tanaman yang lainya.

  1. Alang-Alang

    Alang-Alang
    Alang-Alang

Jenis tanaman obat yang terakhir yaitu tanaman Alang-alang. Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena, tanaman ini sudah sering di gunakan sebagai salah satu pembuatan obat tradisional. Tanaman ini sering menjadi gulma bagi tanaman pertanian. Maka dari itu, banyak petani yang mencabut, ataupun menghilangkanya dengan zat kimia.

Akar alang-alang ini mempunyai banyak sekali khasiat, salah satunya adalah sebagai obat panas dalam, mengatasi sakit ginjal, mimisan, kencing bat, keputihan dan manfaat lainya. Anda juga bisa mengkombinasikan tanaman ini dengan tanaman obat lainya, sehingga dapat menciptakan obat yang ampuh untuk menghilangkan penyakit.

Nah, itulah sedikit informasi dari saya tentang tanaman obat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Sekian, Terima Kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.