jenis perangkat lunak
jenis perangkat lunak

Yuk Cari Tau, Jenis-Jenis Perangkat Lunak dan Fungsinya

Posted on

Jenis Perangkat Lunak – Perangkat lunak mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang tau seluk beluknya dunia jaringan dan internet. Mungkin bagi anda yang belom tau, perangkat lunak ini biasa diartikan sebuah program yang ada di komputer. Jika kalian ingin tau lebih lengkapnya, silahkan simak artikel dibawah ini. Berikut pengertian, fungsi, dan jenis perangkat lunak. Perangkat lunak atau yang biasa kita sebut software ini merupakan istilah khusus untuk data yang telah di format dan disimpan.

fungsi perangkat lunak
fungsi perangkat lunak

Didalam komputer tersebut terdapat program komputer, dokumentasi, dan informasi yang bisa di baca, dan lain sebagainnya. Selain perangkat lunak juga ada perangkat keras. Sifat dan perbedaan dari software dan hardware ini sangatlah berbeda. Hardware merupakan perangkat yang tertonjol atau nyata dan langsung di pegang secara langsung. Dan jika software tidak dapat dipegang dan terlihat fisik dan bentuknya. Software bisa dijalankan walaupun tidak berwujud benda.

Ketika kita menggunakan perangkat lunak, didalamnya terdapat bahasa pemrograman yang dibuat oleh seorang programmer dan di komplikasi dengan aplikasi, dan akan menjadi sebuah kode yang dapat mudah dikenali oleh hardware. Berikut fungsi perangkat lunak dan jenis perangkat lunak yang perlu kalian ketahui.

Fungsi Perangkat keras

Fungsi dari perangkat lunak ini yaitu memproses data atau perintah, yang bertujuan untuk mendapat hasil. Selain itu berfungsi untuk sarana interaksi yang menghubungkan user dengan hardware

Jenis-Jenis Perangkat Lunak

SOFTWARE
SOFTWARE
  1. perangkat lunak apliaksi

Perangkat lunak ini merupukan subkelas dari perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan dari komputer untuk membuat tugas yang telah di perintah oleh pengguna. Seperti Microsoft Office, Windows Media Player, Winamp, GOM Player dan masih banyak lagi.

  1. sistem operasi

Ini merupakan perangkat lunak yang mempunyai tugas mengontrol dan manajemen perangkat lunak seperti program untuk mengolah kata, itu betujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sistem operasi ini adalah jenis dan bagian penting dalam perangat lunak. Tanpa adanya sistem operasi kita tidak bisa menjalankan perangkat lunak pada komputer lainnya. Contohnya Windows, Linux, iOS, Android dan lainnya.

  1. Perangkat lunak gratis / freeware

Perangkat lunak freeware merupakan perangkat yang mendapat hak cipta gratis dan dapat digunakan untuk selamanya tanpa dipungut biaya. Ini beda dengan shareware yang harus penggunaanya membayar.

  1. Perangkat lunak antivirus

Tidak halnya manusia saja yang terkena virus, akan tetapi komputer juga bisa terkena virus. Yang menyebabkan komputer rusak dan eror. Virus yang ada pada komputer merupakan perangkat lunak juga. Tapi memiliki sifat yang mengganggu.

Sudah banyak perusahaan yang membuat software yang membuat perangkat  ini dan berfungsi untuk menyingkirkan atau menghilangkan bahaya dari virus ini. Perangkat lunak dari antivirus ini sekarang sudah banyak, akan tetapi sudah ada yang cukup populer dan menjadi andalan, apakah anda juga mengandalkanya?

  1. Perangkat lunak perusak

Perangkat ini sangatlah berbahaya, karena tujuan untuk membuat ini untuk merusak atau menyusup ke sistem komputer tanpa izin dari pemilikik sah. Istilah umum yang digunakan untuk mengartikan macam jenis perangkat lunak yang merusak atau mengganggu.

  1. Perangkat lunak uji coba

Perangkat lunak uji coba ini condong kepada perangkat lunak yang berpemiliki dan tersedia untuk pengguna, perangkat ini tidak perlu membayar secara uji coba. Namun juga sering dibatasi dari fungsi, ketersediaan, dan kenyamaan. Perangkat ini sering di promosikan kepada calon pembeli untuk mencoba menjalankan program sebelum lisensi untuk versi lengkapnya dari perangkat lunak.

  1. Pengendali perangkat keras (device driver)

Pengendali perangkat lunak ini juga bisa sebagai penghubung antar perangkat keras dan komputer. Pengendali Perangkat keras juga bisa menguubungkan barcode scanner dengan aplikasi databasenya. Seperti aplikasi yang digunakan di supermarket.

  1. Perangkat lunak menetap

Biasa yang dikenal dengan firmware ini merupakan istilah yang mengacu pada perangkat lunak yang ada di dalam memori baca. Firmware ini tidak seperti memori akses acak. Walaupun dialiri listrik memori baca ini tidak akan berubah. Rom bois adalah perangkat lunak yang ada dan menetap pada motherboard komputer. Contohnya seperti yang dipasang dalam jam tangan digital.

  1. Perangkat lunak sumber terbuka

Ini adalah sejenis perangkat yang kode sumbernya terbuka untuk kita belajari, ditingkatkan, dirubah, dan di sebarluaskan. Perangkat lunak ini memiliki sifat yang biasanya dikembangkan leh komunitas dan memiliki tujuan mengembangkan perangkat lunak yang bersangkutan.

Produk perangkat lunak ini yang biasanya dihasilkan memiliki sifat bebas, namun tetap menggunakan tuntunan etika dan kaidah yang baik. Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat yang terbuka, akan tetapi perangkat lunak sumber terbuka itu belum tentu perangkat lunak bebas. Ini tergantung kaidah yang digunakan dalam melisensi perangkat lunak terbuka.

  1. Perkakas pengembangan perangkat lunak

Ini merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendebug, maintain, mengembangkan perangkat lainnya, membuat, dan masih banyak lagi. seperti kompiler untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi, contohnya bahasa pemrograman pada tingkat yang rendah yaitu bahasa rakitan.

Software atau perangkat lunak ini dibagi secara garis besar menjadi beberapa bagian. Berikut bagian-bagian dari software.

Sistem operasi : windows, Linux, MACOS, Ms. Dos

Program bantu: Windows Explorer, Anti Virus, PC Tools

Aplikasi yang ada pada perangkat lunak yaitu pengolah kata, pengolah angka, pengolah data, pengolah citra, compiler / interpreter.

Demikianlah diatas pengertian, fungsi dan jenis dari software atau perangkat keras. Semoga bermanfaat bagi anda, dan terima kasih.