Jenis jenis Olahraga
Jenis jenis Olahraga

Jenis-jenis Olahraga yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

Dalam dunia olahraga banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan didalam rumah maupun diluar rumah.  Olahraga yang bisa dilakukan didalam rumah contohnya yoga, senam dan lain sejenisnya. Sedangkan olahraga yang bisa dilakukan diluar rumah yaitu sepak bola, bulu tangkis, futsal dan lain sejenisnya. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan tubuhnya.

Ada banyak kegiatan olahraga yang bisa kita lakukan sendiri ataupun dengan sekelompok orang. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis olahraga yang wajib anda ketahui. Berikut ini jenis olahraga yang wajib anda ketahui:

  1. Sepak bola

Sepak Bola
Sepak Bola

Olahraga yang satu ini adalah olahraga yang dimainkan menggunakan bola dan terdiri atas dua tim yang mana setiap tim beranggotakan 11 (sebelas) orang. Pada saat memasuki abad ke-21, sepak bola ini telah dimainkan oleh banyak orang yaitu kurang lebih 250 juta orang yang ada di 200 negara. Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia dari dulu hingga sekarang. Sepak bola bertujuan yaitu untuk bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawang dengan menggunakan bola kulit. Olahraga ini dimainkan dalam sebuah lapangan yang berbentuk persegi panjang dan juga diatas rumput atau rumput sintetis.

Baca Juga: Keren!! Game Olahraga Sepak Bola Paling di Tunggu 2017

Peraturan pertandingan sepak bola secara umum akan diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA). FIFA juga merupakan organisasi yang menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia yang diadakan setiap empat tahun sekali.

  1. Tenis

Tenis
Tenis

 

Tenis merupakan olahraga yang dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan yang masing-masing tim terdiri dari dua pemain. Setiap pemain tenis menggunakan raket untuk memukul bola tenis yang terbuat dari karet. Tenis merupakan salah satu cabang olahraga di Olimpiade dan juga tenis ini dimainkan pada setiap tingkat masyarakat pada segala usia. Olahraga yang satu ini dapat dimainkan oleh siapa saja, bahkan orang yang cacat seperti orang yang duduk di kursi roda pun juga bisa memainkan olahraga tenis ini. Permainan tenis modern pada awalnya berasal dari Kota Birmingham, Inggris.

  1. Bulu tangkis

Badminton
Badminton

Bulu tangkis atau biasa disingkat bultang atau badminton merupakan salah satu jenis olahraga raket yang dimainkan oleh dua tim, tiap tim terdiri satu orang (untuk tunggal) atau dua orang (untuk ganda) dan dimainkan saling berlawanan dengan pembatas atau net.

Badminton atau bulu tangkis ini hampir mirip dengan tenis. Namun bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan yang disebut kok atau shuttlecock melewati jaring atau net agar bisa jatuh di bidang permainan lawan dengan garis yang sudah ditentukan dan juga berusaha mencegah lawan agar tidak bisa melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Lihat Yuk!! Jenis Bahan Kain Baju Olahraga yang Bagus

Dalam permainan bulu tangkis ada lima kategori yang dilombakan yaitu sebagai berikut:

  • Tunggal putra
  • Tunggal putri
  • Ganda putra
  • Ganda putri
  • Ganda campuran
  1. Bola basket

Bola basket adalah olahraga bola yang dilakukan dengan berkelompok. Setiap permainan basket terdiri atas dua tim dan setiap tim beranggotakan atas lima orang. Setiap tim basket akan saling bertanding untuk bisa mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring lawan. Permainan bola basket sangat cocok untuk ditonton karena permainan ini biasanya dimainkan didalam ruang olahraga yang tertutup dan juga permainan bola basket ini hanya memerlukan lapangan yang tidak terlalu besar atau hanya relatif kecil. Selain itu, permainan bola basket juga mudah untuk dipelajari karena bentuk dari bola basket yang besar. Sehingga akan membuat mudah pemain ketika akan memantulkan atau melempar bola basket tersebut. Bola basket merupakan salah satu olahraga yang hingga kini merupakan olahraga yang paling digemari oleh para penduduk yang ada di Amerika Serikat dan juga para penduduk di belahan bumi lainnya yaitu antara lain di Amerika Selatan, Lithuania, Eropa Selatan dan juga di Indonesia.

  1. Tenis meja

Tenis meja atau juga sering disebut ping pong (sebuah merek dagang) merupakan salah satu olahraga yang dimainkan dengan menggunakan raket atau bet dan dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri atas satu (tunggal) atau dua (ganda) orang yang dimainkan dengan berlawanan. Di RRC (Republik Rakyat Cina), nama resmi dari olahraga ini yaitu  “bola ping pong”. Permainan bola ping pong atau tenis meja ini dimainkan dengan menggunakan raket atau bet yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi dengan karet. Permainan tenis meja ini juga dimainkan dengan menggunakan dengan sebuah bola ping pong dan juga dengan lapangan permainan yang berbentuk meja. Induk Olahraga tenis meja yang ada di Indonesia adalah PTMSI atau kepanjangan dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia dan induk olahraga di dunia adalah ITTF atau kepanjangan dari International Table Tennis Federation. ITTF telah mempunyai anggota yaitu hingga mencapai 215 negara dan PTMSI adalah anggota ITTF sejak tahun 1961.

Demikian artikel tentang jenis-jenis olahraga yang wajib anda ketahui saya berikan. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan anda dan juga anda bisa memilih olahraga mana yang cocok untuk anda mainkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sekian.