Jenis- Jenis Kelinci

Mari Mengenal Lebih Dekat Jenis- Jenis Kelinci Yang Menggemaskan

Posted on

Kelinci memiliki banyak jenis yang tersebar di seluruh Dunia. Mulai dari kelinci yang berbadan besar, berbulu lebat dan lain sebagainya. Bagi kalian para pecinta kelinci pasti menginginkan semua jenis kelinci untuk dipelihara di rumah. Selain karena bulunya yang indah dan warnanya yang menarik kelinci juga memiliki tingkah yang lucu dan menggemaskan. Sehingga orang yang melihatnya merasa senang dan terhibur.

Kelinci dapat digolongkan menjadi dua yaitu, kelinci hias sebagai peliharaan dan kelinci sebagai pedaging. Kali ini kami akan memberikan bebrapa jenis kelinci yang menggemaskan special untuk kalian para pencinta kelinci atau bisa disebut kelinci lovers.

Angora.

Kelinci angora memiliki bulu yang tebal dan halus. Kelinci angora biasanya dipelihara oleh masyarakat menengah keatas. Ada beberapa jenis kelinci angora yang sangat terkenal di Dunia yaitu, Flemish Giant, Angora Peranakan Satin, Angora Jerman dan masih banyak lagi.

Jenis- jenis Kelinci
Jenis- jenis Kelinci

Kelinci angora memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Misalnya saja kelinci angora  Inggris memiliki tubuh yang paling kecil dibandingkan jenis kelinci angora lainnya. Sedangkan jenis kelinci angora yang paling besar adalah Flemish Giant.

Flemis Giant.

Flemish Giant memiliki berat rata- rata 15- 22 kg. Sekarang  usaha peternakan kelinci jenis Flemish Giant hanya mengunakan ras dari hasil persilangan saja. Hal ini dikarenakan ras alinya cukup sulit ditemukan. Sehingga hasilnya, kelinci Flemish Giavt tidak bisa tumbuh sebesar ukuran ras aslinya.

Flemish Giant
Jenis- Jenis Kelinci

Flemish Giant mempunya tubuh yang panjang dengan daun telinga yang lebar. Kelinci Flemish Giant juga memiliki warna yang beragam mulai dari warna hitam, putih, coklat, abu- abu cerah, hitam kecoklatan, biru, flawn (coklat kekuningan), dan juga warna abu- abu gelap. Kelinci ini juga termasuk jenis kelinci pedaging. Karena ukuran tubuhnya yang besar, Flemis Giabt sering mengalami cidera pada kaki kare, dia tidak mampu menompang berat rubuhnya sendiri.

Jersey Wooly.

Jenis- Jenis Kelinci
Jenis- Jenis Kelinci

Jersey Wooly adalah jenis kelinci yang dihasilkan dari persilangan antara kelinci Dwarf Netherland dan kelinci Angora Prancis. Kelinci ini memiliki tubuh yang mungil dengan warna bulu yang menarik.Berat tubuhnya mencapai 1,5 kg. Jersey wooly termasuk kelinci yang paling banyak dipamerkan. Mereka juga terkenal sebagai kelinci hias yang paling jinak.

Rex.

Jenis- Jenis Kelinci
Jenis- Jenis Kelinci

Rex merupkan kelinci yang berasal dari Amerika serikat. Kelinci jenis ini sangat cocok dipelihara di daerah yang bersuhu sejuk dengan suhu ideal 5- 15 derajat celcius. Kelinci rex memiliki bobot rata- rata 3,6 kg. Kelinci ini juga memiliki bulu yang halus dan kuat yang tidak mudah rontok.

Satin.

Jinis- Jenis Kelinci
Jinis- Jenis Kelinci

Kelinci Satin adalah jenis kelinci yang berasal dari Amerika Serikat. Kelinci satin mempunyai kuku dan ruas tulang yang kuat serta bentuk tubuh yang memanjang dengan warna bulu yang beragam. Kelinci ini termasuk dalam jenis kelinci hias dan kelinci padaging.

Netherland Drawf.

Jenis- Jenis Kelinci
Jenis- Jenis Kelinci

Netherland  Dwarf berarti Belanda kecil, kelinci jenis ini memiliki ukuran tubuh yang mungil dan pertumbuhannya terolong sangat lambat. Konon kelinci jenis ini dibawa oleh orang Belanda ke Indonesia dan kemudian dipelihara di perkebunan colonial. Dibandingkan kelinci jenis lainnya Netherland Drawf kurang cocok untuk diternakan, namun populasinya di Indonesia tersebar denngan rata.

Havana.

Jenis- Jenis Kelinci
Jenis- Jenis Kelinci

Havana termasuk kelinci tertua di dunia karena suda dikembangkan sejak tahun 1898 silam. Penyebaran kelinci Havana tergolong cepat sebab saat  memasuki tahun 1908 kelinci ini sudah menyebar diseluruh Eropa. Pada tahun 1916 kelinci Hanava baru mulai dipasarkan di Amerika dan Asia termasuk juga Indonesia.

Kelinci Havana telah diakui dalam empat jenis warna oleh American Rabbit Breders Assocition yaitu diantaranya warna coklat, biru, dan juga hitam. Berat rata- rata kelinci jenis ini adalah 2,0- 2,9 kg.

Naaah.. itulah jenis- jenis kelinci yang menggemaskan yang dapat kami berikan. Jadi, apakah kalian ingin memeliharanya? Saat memelihara hewan jangan sampai lupa untuk selalu merawat dan memberinya makan, yah! Karena hewan itu sama seperti kita. Selain merawat dan makan hewan peliharaan juga membutuhkan rumah atau kandang sebagai tempat tinggalnya.