jenis-jenis ikan hias

Jenis-Jenis Ikan Hias yang Paling Cantik Dan Termahal

Posted on

 Jenis-Jenis Ikan Hias-  Ikan hias adalah salah satu ikan yang sering dipelihara di aquarium yang ada di rumah. Ikan hias ini terkenal dengan sebagai ikan yang gampang dirawat, dipelihara dan dibudidayakan. Selain mudah dirawat, kebanyakan ikan hias air tawair ini bentuk dan warnanya yang indah serta memiliki daya jual yang tinggi.

Tujuan utama dari memelihara ikan hias ini adalah untuk memperindah rumah anda. untuk memeluhara ikan hias ini bisa menjadi obat tenang dan bisa juga untuk obat stres. Maka tidak heran kalau memelihara ikan hias ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, membuat pukiran menjadi tenang.

Sebenarnya ikan hias ini berasal dari jenis ikan laut, namun dalam pemeliharaannya masyarakat. Di indonesia ada beberapa jenis ikan hias sekitar 360 ikan hias air tawaryang telah di ekspor ke seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa ikan hias yang terkenal di indonesia yaitu, sebagai berikut:

Ikan Guppy

Ikan Guppy
Ikan Guppy

 

Ikan hias yang satu ini adalah ikan guppy, dan ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling populer di indonesia. Ikan guppy ini bentuknya seperti wanita yang menggunakan rok. Bentuk dari ikan ini menarik karena ikan ini memiliki ukuran sekitar 2,5 cm jika diukur dari kepala sampai ekor.

Ikan guppy ini merukapan ikan yang berasal dari Amerika selatan. Dan ikan ini bisa beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Hal ini menyebabkan ikan guppy ini bisa tersebar dengan luas hingga ke seluruh dunia. Ikan ini mulai dikenal di inidonesia pada tahun 1920-an dan sebagai ikan aquarium.

Ikan guppy ini memiliki sirip yang indah, ikan guppy jantan memiliki warna warna yang cenderung lebik mencolok atau lebih menarik di bandingkan dengan ikan guppy yang betina yang siripnya agak terlihat kusam.

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan ArwanaJenis ikan yang selanjutnya adalah ikan arwana, dan ikan ini masih populer sampai sekarang. Beberapa ahli ymengatakan bahwa ikan arwana ini tidak akan pernah sedikit peminatnya.

Kemudian ikan ini memiliki sisik yang unik yang bisa memikat siapa yang melihatnya. Ikan arwana ini bisa tumbuh sampai 1 meter dan ukuran tubuhnya itu lebih cenderung besar. Untuk ukuran telurnya itu seperti ukurannya telur puyuh dan ikan arwana ini termasuk ikan purba. Ikan arwana ini memiliki warna yang indah seperti warna super red, silok, ikan piyang, kalasa, siluk, naga, khyangan.

Dan ikan arwana ini ditemukan di perairan air tawar kalimantan dan papua. Dan ikan ini telah banyak yang membudidayakan, karena ikan dan peminatnya cukup tinggi. Ikan arwana ini sangat digemari oleh masyarakat. Karena mitos mengatakan bahwa ikan arwana ini bisa mendatangkan rezeki kepada orang yang memiliki ikan tersebut.

Ikan Louhan

ikan louhan
ikan louhan

Ikan louhan adalah jenis ikan hibrida atau ikan hasil persilangan dari jenis cichlid. Dan ikan louhan ini sempat menjadi ikan yang paling di gemari oleh masyarakat pada beberapa tahun yang lalu. Tinggi minat dari masyarakat terhadap ikan louhan ini tidaklah heran karena memiliki warna dan corak yang bagus.

Dan bila di perhatikan dengan jelas pada kombinasi warna dari ikan louhan ini, sisik dari ikan louhan ini terkadang dapat membentuk tulisan. Daya tarik dari ikan louhan ini adalah jenong ada di atas kepala ikan ini dan mampu mencitakan daya tarik tersendiri bagi yang pecinta ikan hias.

Bahkan dari jenong ikan louhan ini mencapai nilai yang tinggi (dilihat dari bentuk jenongnya).

Ikan Oskar

Ikan Oskar
Ikan Oskar

Ikan ini adalah jenis ikan yang paling banyak disukai oleh pecinta ikan hias yang domestik maupun mancanegara. Dan ikan ini memiliki bentuk tubuh yang lebar dan bentuk ikan oskar ini mirip dengan ikan nila atau ikan mes yang biasanya digunakan untuk makanan bagi manusia.

Tapi ada beberapa yang membedakan dari kan oskar ini dengan ikan yang lainnya, warna dari ikan oskar ini lebih variatif dan kombinasi dari warna sisiknya terlihat jauh lebih indah dari pada ikan mas. Selain itu, ikan oskar ini memiliki motif pada sisiknya yang menyerupai batik yang lebih menambah keindahan dari ikan oskar ini. Ikan oskar ini terdapat juga ikan oskar albino atau putih pucat dengan totol orange atau berwarna polos.

Ikan Komet

Ikan Komet
Ikan Komet

Ikan komet ini memilki naman latin yaitu carrassius Auratus adalah ikan hias yang sering menjadi ikan menjadi pilihan banyak penggemar di indonesia. Tak heran lagi kalau ikan ini dijuluki dengan ikan komet karena tubuh dari ikan ini yang ramping dengan sisik yang berwarna perak yang mengkilap putih dan orange yang cerah.

Ikan komet ini memiliki ekor yang panjang yang terus melambai jika ikan komet ini berenang, membuat para pencinta ikan hias berbondong bondong untuk membeli ikan komet ini. Ikan komet ini masih satu keluarga dengan ikan mas yang berasal dari jepang. Pada tahun 1920-an ikan komet ini masuk dalam indonesia.

Pada saat ikan komet ini masih muda ekornya itu tidak terlalu lebar akan tetapi seiring pertumbuhan ikan komet ini, ekor dari ikan komet ini semakin lebar sehingga membuat ikan komet ini semakin anggun disaat ikan komet ini dewasa.

Untuk menjaga jenis ikan komet ini tidak terlalu susah karena ikan komet ini mudah untuk dirawatnya. Di pedesaan , ikan komet ini hanya dibudidayakan di dalam kolam tanpa perawatan yang khusus. Makanan dari ikan komet ini adalah gilingan dari beras yang ditaburkan setiap hari.

Demikian artikel yang kami buat tentang jenis ikan hias, semoga informasi yang kami berikan kepada anda, dan semoga deretan ikan yang diatas bisa memperindah aquarium yang ada didalam rumah anda. sekian dan terima kasih…