Jenis-Jenis Ikan Hias Laut Yang Bagus Dan Cantik

Posted on

Pada kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas sedikit tentang ikan hias laut hias. Bagi para pecinta ikan hias, memeliharalah ikan hias air laut di dalam akuarium memang menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Selain mempunyai warna dan bentuk tubuh yang unik, jenis ikan hias air laut bersifat lebih agresif jika dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar.

Memelihara ikan hias air laut tidaklah mudah dibandingan dengan ikan hias tawar, karena ikan hias laut membutuhkan pengetahuan dan pengalaman lebih luas lagi untuk bisa memeliharanya. Jika kalian ingin merasakan memelihara ikan air laut, sebaiknya pilihlah jenis ikan jias yang dimasukan kedalam kategori pemula.

Jika kita cermati, memang sudah sangat jelas jika ikan hias air laut berbeda sekali dengan ikan hias air tawar. Hal ini dikarenakan, jenis ikan air laut tidak dapat hidup pada jenis air tawar sehingga untuk memeliharanya harus menggunakan akuarium yang berukuran besar dan selalu rutin mengganti airnya agar tetap bersih. Bagi para pemula, banyak jenis ikan laut yang mudah dipelihara.

Berikut ini adalah ikan hias air laut yang mudah dipeihara, berikut ulasannya.

  1. Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang

menurut sebagian penelitian ikan hias air laut botana blue tang lebih dikenal dengan nama botana oleh para pecinta ikan Indonesia.

Ikan ini mempunyai banyak jenis lainnya, seperti botana biru, botana kasur dan botana kacamata. Ikan botana merupakan salah satu karakter ikan yang bernama “Dory’’ dalam film ‘’Finding Nemo’’ jika anda pernah menontonya pasti tahu.

  1. Ikan Hias Air Laut Badut Clownfish

Spinecheek Anemonefish or Clownfish

Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Ikan ini merupakan pemeran utama dalam film ‘’Finding Nemo’’. Jenis ikan hias air laut ini mempunyai nama ilmiah amphiprioninae.

Banyak yang tidak mengetahui mengapa ikan hias tersebut di julukin ikan badut, mungkin karena warnanya yang menyerupai kostum badut.

Ikan yang lucu ini sangat senang sekali bersembunyi diantara terumbu karang. Jadi apabila anda ingin memeliharanya ikan hias air laut clownfish harus menyediakan karang di akuarium agar ikan ini merasa berada di habitatnya.

  1. Ikan Hias Air Laut Anglefish

Jenis ikan hias air laut yang dikenal dengan nama ilmiah pomancanthidae ini mempunyai bentuk pipi yang leba dan sekaligus menjadi ciri khas dari ikan ini. Ikan anglefish sendiri terdiri dari beberapa pola, tapi hampir semua jenis ikan anglefish mempunyai ciri khas dari motif yang bergaris-garis pada setiap sisi tubuhnya.

Jenis ikan air laut yang satu ini cukup mudah dipelihara didalam akuarium, karena selain daya tahan tubuhnya yang cukup kuat, ikan anglefish juga mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

  1. Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies

Ikan hias watchman gobies dengan nama ilmiahnya cryptocentrus. Ikan ini dikenal dengan beberapa pola, tapi pola yang terkenal ialah bluspotted dan pink spotted watchman gaby.

Watchman goby merupakan jenis ikan yang agresif dan salah satu dari sekian spesies ikan hias air laut yang cocok bagi para pemula yang ingin memelihara, karena apa ikan satu ini mempunyai daya tahan tubuh yang kuat serta kemampuan berenangnnya.

Makanan pokoknya sndiri adalah ikan hias watchman yang biasanya memakan udang kecil.

  1. Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

Masih satu keluarga dengan ikan hias botana blue tang, ikan hias yello tang juga sangat cocok untuk dipelihara bagi para pemula. Karena ikan hias satu ini cukup mudah dipelihara dan jenis pakan yang diberikan pun mudah di dapat ditoko-toko ikan hias.

Ikan hias yello tang dkenal dengan nama ilmiah zebrasoma flavenscens, pada spesiesnya ikan ini dkenal sebagai ikan yang paling agresif dan paling aktif dibandingkan ikan hias air laut yang lainnya.

  1. Ikan Hias Air Laut Dottyback

Jenis ikan hias air laut dottyback merupakan jenis ikan yang tinggal diperairan laut yang beriklim tropis dan juga subtropics yang sangat dikenal. Karena mempunyai keberagaman terumbu karang yang indah dan melimpah. Ikan hias yang bernama pseuschromidae ini telah banyak ditemukan diperairan laut Indonesia, sehingga jika kalian yang ingin memeliharanya ikan satu ini dengan mudah ditemukan.

  1. Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Ikan hias lion fish memang sudah mempunyai bentuk tubuh yang cukup menyeramkan, tapi inilah keunikan dari ikan satu ini. Ikan yang mempunyai nama ilmiah pterios. Ikan hias lion fish mempunyai beberapa ornament yang menempel pada tubuhnya yang mirip dengan duri. Sebelum anda memeliharanya ikan hias ini, pastikan dahulu jikan ingin disatukan dengan jenis ikan hias air laut lainnya, karena apa jenis pakan lion fish berbeda dengan pakan ikan hias air laut lainnya.

  1. Ikan Hias Air Laut Neon Tetra

Paracheirodon innesi merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut neon tetra. Karena habitat asli dari ikan hias ini yaitu berada di kawasan laut kolombia dan juga peruguay. Ikan hias air laut yang satu ini memang sudah sangat terkenal dengan ciri warna tubuhnya. Tubuh ikan hias non tetra yang berwarna keemasan dan mempunyai garis tipis berwarna biru serta mirip dengan lampu neon. Mulai dari belakang tubuhnya ke bagian dekat matanya.

  1. Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish

Jenis ikan hias yang satu ini juga mudah dipelihara, ikan hias yang habitat aslinya berada di perairan samudra hindia dan samudra pasifik. Ikan hias yang satu ini juga cukup mudah kalo ingin dipelihara, sehingga ikan ini cukup populer di kalangan para pecinta ikan hias.

  1. Ikan Hias Air Laut Moorish Idol

Ikan ini merupakan jenis ikan yang sudah hidup sejak zaman purba dan masih keluarga satu-satunya dengan ikan zanclidae. Moorish idol juga merupakan jenis ikan yang mempunyai ciri khas karena keindahan yang sangat menawan.  Namun ikan ini tidak cocok untuk dipelihara di dalam aquarium karena usia dari ikan Moorish idol terbilang pendek.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.