Jenis-Jenis Ikan Clowfish

Posted on

Ikan clownfish atau yang biasa disebut ikan badut merupakan jenis ikan hias air laut yang berasal dari family pomacentridae dan merupakan subfamily ikan giru atau amphiprioninae. Sering disebut sebagai ikan badut karena ikan ini banyak digemari oleh semua orang terutama dikalangan anak-anak, itu karena karakter ikan nemo dalam film yang berjudul ‘’finding nemo’’ sangat lucu, menarik dan perkasa sehingga ikan nemo menjadi salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dikalangan masyarakat.

Ikan clownfish adalah jenis ikan hias laut yang lucu, jinak, selalu berpenampilan cantik dan mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini rata-rata berwarna yang cerah, kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman, dan mempunyai tubuh lebar dan dilengkapi dengan mulut yang kecil. Secara alam ikan clownfish memiliki kehidupan radius yaitu kurang lebih 1 meter dari anemone, karena keduanya membentuk simbiosis mutualisme.

Ikan nemo juga mendapatkan sumber-sumber makanan dari sekitar anemone, dan sebaliknya anemone mendapat bahan makanan dari kotoran ikan clownfish. Anemone juga suka memberikan perlindungan yang begitu efektif dengan menghasilkan substansi toksin/racun yang berbahaya bagi musuh-musuh ikan nemo. Anemone juga sering dimanfaatkan ikan nemo sebagai breeding ground yaitu untuk meletakan dan melindungi telur-telurnya dari ancaman pemangsa.

Klasifikasi Ikan Clownfish

Kingdom : Animalia

Fium : Chodata

Class : Actinopterygii

Family : Fomacentridae

Ordo : Perciformes

Super-Class : Osteichthyes

Sub-Class : Neopterygii

Sub-Ordo : Labroidei

Genus : Amphiprion

Spesies : Amphiprion Percula

Morfologi Ikan Clownfish

  • Bentuk tubuhnya bulat
  • Umumnya ikan clownfish berwarna kuning, merah, putih, hitam, dan oranye
  • Memiliki motif garis pada bagian badan
  • Sisinya relatif besar dan mempunyai sirip dorsal yang sangat unik
  • Memiliki motif garis yang menyala pada bagian badan
  • Ikan clownfish pada umumnya terlahir sebagai pejantan dan ikan nemo akan merubah jenis kelaminnya ketika sudah dewasa
  • Ukuran maksimal ikan clownfish 10-18 cm

Habitat Ikan Clownfish

Ikan clownfish adalah ikan karang tropis yang hidup diperairan hangat pada daerah terumbun karang dengan kedalaman kurang dari 50 cm dan berair jernih. Daerah penyebarannya meliputi samudra pasifik (Fiji), laut merah, samudra hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, dan Burma) dan great barrier reef autralia. Ikan clownfish juga memiliki penyebaran cukup luas, terutama didaerah indo pasifik. Salah satu jenis yang kita perlu diketahui endemic merupakan amphiprion bicintus. Di alam ikan clownfish memilih anemone yang tertentu untuk dijadikan tempat tinggal mereka, salah satunya adalah amphiprion ocellaris lebih memilih anemone karpet dibandingkan dengan anemone lain.

Jenis-Jenis Ikan Clownfish

  1. Amphiprion Chagosensis

Ikan Clownfish chagosensis merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak ditemukan di samudra hindia, dan sebagian kecil ditemukan di perairan Indonesia. Ikan jenis ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 10-18 cm dengan warna dasar orange, merah, kuning, merah kehitam-hitaman serta 2 corak putih pada tubuhnya. Dan disetiap corak putih, ada tepian yang berwarna coklat muda hingga hitam dan semua siripnya berwarna coklat kehitaman.

  1. Amphiprion Polymnus

Ikan polymnus sering dikenal  dengan clownfish saddleback atau ikan clownfish kuning. Ikan jenis ini mempunyai perpaduan warna antara hitam dan putih serta bercorak khas seperti ikan clownfish lainnya. Yang menjadi ciri khas lainnya dari ikan ini yaitu warna dari moncongnya kuning hingga kejingga-jinggan.

Ikan ini juga bisa tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 13 cm, yang mana ukuran betina biasanya lebih panjang dan besar bila dibandingkan dengan pejantannya. Ikan amphiprion polymnus bisa ditemukan mulai dari perairan Indonesia, new guinea (papua nugini), Filipina, australia, dan kepulauan ryukyu, jepang bagian selatan. Selain itu, ikan ini bisa hidup sampai kedalaman 30 meter.

  1. Amphiprion Sebae

Jenis ikan ini tidak jauh berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain. Ikan ini biasa hidup dengan anemone. dari bentuk tubuhnya ikan ini mempunyai panjang mencapai 14 cm dan mempunyai duri punggung sekitar 10-11 duri. Untuk warna, ikan ini memiliki warna hitam atau coklat tua dengan warna kuning pada bagian kedua siripnya dada dan sirip ekornya.

Lalu ikan ini dilengkapi corak warna putih. Di pasaran, ikan clownfish juga sering tertukar dengan amphiprion polumnus dan amphiprion clarkia. Hal ini karena ketiganya sangat sulit untuk dibedakan. Amphiprion sebae bisa ditemukan dibagian sebelah utara samudra hindia.

  1. Ocellaris Clownfish

Ikan Ocenallaris clownfish atau amphiprion ocellaris ini berasal dari keluarga amphiprion dan merupakan jenis ikan nemo yang mempunyai hubungan dekat dengan ikan premnas. Ikan nemo jenis ini bisa kita temukan di australia utara, asia tenggara, dan jepang. Selain itu juga ikan ini mempunyai jenis variasi warna yang menyesuaikan dengan tempat tinggalnya.

ikan ini mempunyai perpaduan warna putih dan hitam. Ketika masih muda, ikan nemo sangat suka sekali bertualang untuk mencari anemone laut sebagai tempat tinggalnya dan sekaligus membentuk simbiosis mutualisme. Kemudia ketika dewasa ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai 11 cm.

tubuhnya berbentuk oval dan gempal. Jika dilihat dari segi warna ikan ini sulit dibedakan karena ikan oranye clownfish dan ikan ocellaris clownfish kedua ikan ini mempunyai warna yang sama persis. Meskipun begitu, kita masih tetap bisa membedakannya. Dengan cara melihat corak warna hitam yang ada pada ikan ocellaris clownfish mempunyai garis hitam yang lebih tebal dan mempunyai sirip punggung yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan oranye clownfish.

Di alam bebas ikan ini mempunyai sifat hermafrodit protandrous yang berarti ikan nemo mempunyai kemampuan untuk mengubah kelaminnya hanya pada waktu tertentu saja.

  1. Oranye Clownfish

Secara umum ikan jenis ini banyak dikenal dikalangan pecinta ikan karena sudah bisa dibudidayakan di dalam akuarium. Meskipun begitu ikan ini dalam pemiliharaannya membutuhkan ketelatenan yang tinggi ketika dibudidayakan. Walaupun rumit, ikan ini banyak dicari para kolektor yang ingin sekali memeliharannya, gerakannya yang lincah dan warnannya yang cerah menjadi alasan utama dan daya tarik tersendiri bagi pecintanya.

  1. Premnas Biaculeatus

Yang terakhir adalah jenis ikan clownfish premnas biaculeatus yang mempunyai sebutan nama lain ikan anemone merah marun. Sesuai dengan namanya karena mempunyai corak yang cukup unik yaitu merah marun dan berpadu dengan warna putih sehingga bagi siapa saja yang melihatnya ikan ini akan mengesankan bahwa ikan ini mempunyai warna yang cukup cerah.

Ikan nemo jenis ini biasa ditemukan di perairan indo-pasifik yang dimulai dari lautan sebelah barat Indonesia sampai Taiwan dan kawasan coral sea. Selain itu juga ikan ini sering dijadikan sebagai ikan hias oleh para pecinta ikan hias air laut. Tapi dengan kecanggihan teknologi saat ini, ikan ini bisa dipelihara di air tawar.

Jadi bagi anda yang ingin memeliharanya ikan ini sudah bisa kita pelihara di akuarium dengan sumber air tawar bukan air laut lagi. Ikan ini mempunyai panjang tubuh yang mencapai sekitar 17 cm.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.