Jenis-jenis Harimau
Jenis-jenis Harimau

Jenis-jenis Harimau Yang Ada di Dunia

Posted on

Jenis-jenis Harimau –  Harimau merupakan hewan yang habitat aslinya tinggal di hutan, pada artikel kali ini kami akan membahas seputar informasi tentang jenis-jenis harimau yang ada di dunia. Harimau memang hewan yang sangat buas, akan tetapi pada sekarang ini banyak jenis-jenis harimau yang terancam kepunahannya, karena manusia sengaja berburu hewan ini untuk menggunakan kulit dari hewan ini. Hewan harimau memang hewan yang pemakan daging, ada juga harimau yang digunakan sebagai hewan untuk penampilan sirkus. Karena hewan ini sangatlah unik dan ketika seseorang menjinakan hewan ini maka hewan ini akan menurut pada majikan yang sudah menjinakannya. Dibawah ini kami akan memberikan seputar informasi kepada anda tentang jenis-jenis harimau yang ada di dunia.

Jenis-jenis Harimau Yang Ada di Dunia :

  • Harimau Bengal

Harimau Bengal
Harimau Bengal

Harimau tengal ini merupakan jenis harimau yang pertama yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Harimau tengal ini biasa disebut dengan harimau India, daerah penyebaran harimau bengal diantaranya yaitu daerah Bangladesh India, Nepal, dan Bhutan. Pada saat ini diperkirakan populasi harimau bengal tidak lebih dari 2,500 ekor.

Dilaporkan pada tahun 2011 jumlah harimau bengal dewasa di India sekitar 1.520-1.909 ekor harimau, di Bangladesh 440 ekor harimau, di Nepal 155 ekor harimau, dan di Bhutan 75 ekor harimau. Habitat harimau bengal adalah di padang rumput aluvial, yaitu pada hutan hujan tropis, hutan tropis, hutan lembab, dan hutan kering.

  • Harimau Indocina

Harimau Indocina
Harimau Indocina

Harimau indocina merupakan jenis hewan harimau yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Harimau indocina ini juga disebut dengan harimau corbet dan harimau ini dapat ditemukan di wilayah Thailand, Kamboja, Laos, China, Vietnam dan Burma. Harimau ini ukurannya lebih kecil dan lebih gelap dibandingkan dengan harimau bengal.

Habitat harimau indonecina adalah hutan yaitu di daerah gunung atau daerah perbukitan. Diperkirakan populasi harimau indocina saat ini sekitar 350 ekor harimau saja. Hewan harimau ini memang hidup sampai sekarang, tapi kehidupannya terancam punah akibat manusia yang egois dengan sengaja membunuhnya dengan mengambil kulit dari harimau ini.

  • Harimau Sumatera

Harimau Sumatera
Harimau Sumatera

Harimau Sumatera merupakan jenis harimau selanjutnya yang akan kami berikan informasinya kepada anda. Harimau Sumatera ini berhabitat di Pulau Sumatera, harimau Sumatera mempunyai warna yang gelap dari pada spesies yang lainnya. Pola warnanya yang hitam berukuran lebar dan jaraknya rapat dan juga terkadang dempet, harimau Sumatera yang berkelamin jantan memiliki ukuran panjang rata-rata 92 inchi dari kepala sampai ke ekor yaitu sekitar 250 cm dari kepala hingga kaki.

Hewan harimau Sumatera ini juga mempunyai berat 300 pound ataupun sekitar 140 kilogram. Sedangkan tinggi dari harimau Sumatera yang jantan bisa mencapai 60 cm, sedangkan hewan harimau Sumatera yang betina rata-rata mempunyai panjang 78 inchi ataupun sekitar 198 cm, berat dari harimau Sumatera betina yaitu 200 pound ataupun sekitar 91 kilogram.

Belang dari harimau Sumatera ini lebih tipis dari pada spesies yang lainnya, warna kulit harimau Sumatera juga berbeda dengan harimau yang lainnya, mulai dari warna kuning yang kemerah-merahan sampai warna jingga yang tua. Spesies harimau Sumatera ini juga lebih banyak mempunyai janggut dan surai dibandingkan dengan spesies harimau yang lainnya terutama hewan harimau Sumatera yang jantan.

  • Harimau Siberia

Harimau Siberia
Harimau Siberia

Harimau Siberia merupakan jenis harimau yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Harimau Siberia ini merupakan harimau terbesar dibandingkan dengan spesies harimau yang lainnya, harimau Siberia merupakan harimau yang habitatnya berada di daerah Amur yaitu berada di Timur Jauh dan hewan harimau Siberia ini berstatus hewan yang di lindungi. Hewan harimau Siberia ini termasuk hewan yang terancam punah, harimau siberia masih dapat ditemukan di sepanjang semenanjung Korea, barat laut Tiongkok, barat laut Mongolia, dan tenggara Rusia pada awal tahun 1900.

Kini spesies ini telah punah dari Korea Selatan dan kebanyakan hidup di sebuah wilayah kecil yaitu di sebelah selatan Timur Jauh Rusia. Yaitu kawasan Amur Ussuri di Promorye dan kawasan Khabarovsk yaitu sebuah tempat harimau Siberia dan macan tutul Amur yang sedang dilindungi. Hari,au Siberia ini memang harimau yang cukup alngka untuk di temui karena kehidupannya yang sudah terancam punah.

  • Harimau Cina Selatan

Harimau Cina Selatan
Harimau Cina Selatan

Harimau Cina Selatan merupakan jenis harimau yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Harimau Cina Selatan merupakan harimau yang berhabitat di hutan-hutan yang berada di Cina Selatan, harimau Cina Selatan merupakan harimau yang sangat terancam kepunahannya dari pada harimau spesies yang lainnya. Ada yang menyebutkan bahwa ada sekitar 20 ekor harimau saja yang tinggal di dunia. Hewan harimau ini merupakan binatang langka di dunia.

Harimau Cina Selatan juga sering disebut dengan nama Amoy atau harimau Xiamen. Harimau Cina Selatan adalah spesies harimau yang paling langka dan terancam punah saat ini,  bahkan hewan harimau ini juga pernah masuk dalam 10 binatang yang paling terancam punah di dunia. Diperkirakan saat ini hanya ada sekitar 59 ekor harimau Cina Selatan, dimana semuanya berada di Cina.

Diatas tadi merupakan beberapa jenis hewan harimau yang sudah kami sampaikan kepada anda. Semoga artikel kami bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan anda dalam mengetahui populasi hewan harimau yang akan terancam kepunahannya. Terima kasih bagi anda yang telah membaca dan menyimak artikel yang telah kami tuliskan, dan sampai jumpa dengan artikel kami berikutnya.