Jenis-Jenis Bunga Yang Dapat Di Konsumsi

Posted on

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang tanaman hias bunga yang dapat di makan dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Pasti sebagian orang tidak mengetahui kalau ternyata bunga itu dapat di makan, dan juga baik bagi kesehatan. Biasanya, sebagian besar orang itu menanam bunga mawar hanya untuk melihat keindahan dan kecantikanya saja.

Beberapa jenis bunga yang dapat di makan manusia ini sudah di konsumsi sejak zaman romawi kuno. Yang pada saat ini sangat populer di era viktoria. Namun, tidak hanya pada era tersebut saja bunga sangat populer di konsumsi, saat ini kebanyakan orang masih ada yang mengkonsumsi bunga untuk campuran makanan. Tidak hanya tampilanya saja yang cantik, bunga juga sangat lezat jika di konsumsi.

Nah, untuk bunga yang dapat di konsumsi juga ada banyak sekali jenisnya. Berikut saya akan menjelaskan jenis-jenis bunga yang dapat di makan dan juga baik untuk kesehatan, berikut adalah penjelasanya:

  1. Bunga Mawar

Jenis yang pertama adalah bunga mawar. Sebelum anda mengkonsumsi bunga yang biasa di juluki sebagai raja bunga ini, alangkah baiknya anda itu membang bagian kelopak bunganya, karena kelopak bunganya itu mempunyai rasa yang pahit. Setelah anda telah membuang kelopa bunganya, anda dapat gunakan kelopak mawar sebagai garnish atau salada sebagai makanan pencuci mulut anda.

Kelopak dari bunga mawar ini juga dapat di bekukan dalam batu es yang dapat berguna sebagai minuman dingin. Selain itu juga, kelopak bunga mawar yang kering dapat di gunakan sebagai selai, jeli, dan sirup. Fakta unik lainya dari bunga mawar ini yaitu bunga mawar dapat di jadikan the mawar yang sudah di percaya dapat menyembuhkan penyakit, yaitu penyakit radang tenggorokan.

  1. Bunga Pisang(Jantung Pisang)

Jenis yang kedua adalah bunga pisang atau jantung pisang. Bunga pisang ini biasanya sering di jumpai di kawasan asia tenggara, terutama di Indonesia. Biasanya, bagian bunga yang berwarna putih ini akan di rendam selama semalam, tujuanya agar getahnya itu hilang. Bisa juga di makan dalam keadaan mentah(sebagai lalapan). Tetapi, sebeluma anda mengkonsumsi jantung pisang ini, pastikanlah bahwa bunga pisang yang akan di masak ini adalah jenis bunga pisang yang rasanya pahit.

  1. Bunga Anyelir

Jenis bunga yang selanjutnya adalah bunga anyelir. Kelopak bunga dari bunga anyelir ini selain dapat di gunakan untuk keperluan dekorasi, bunga ini juga dapat di buat sebagai bahan campuran membuat kue, dan bahan pembuatan permen. Jenis chartruse adalah jenis minuman yang beralkohol, yang mana, dibuatnya itu dari bahan kelopak anyelir sebagai campuranya yang sudah di buat sejak abad ke 17.

  1. Bunga Melati

Jenis bunga selanjutnya adalah bunga melati. Jika anda ingin mengkonsumsi bunga ini. Saya menyarankan supaya anda selalu menggunakan bunga melati yang masih sehat dan segar. Bunga melati yang sehat dan segar itu ciri-cirinya mempunyai daun yang oval mengkilap, kelopaknya itu licin. Bunga yang mempunyai aroma yang khas ini sering di gunakan sebagai olahan the melati, dan beberapa jenis minuman lainya.

Selain di buat minuman, bunga melati juga dapat di buat sebagai makanan, salah satunya adalah agar-agar dan pudding. Bunga melati ini juga mempunyai spesies yang itu sekitar 200 spesies asli, yang biasanya hidup di iklim tropis dan juga hangat. Namun, tidak semua jenis bunga melati dapat di makan. Jenis gelsemuim dan loganiaceae ini tidak boleh di makan, karena mempunyai kandungan racun di dalamnya.

  1. Bunga lavender

Jenis selanjutnya yaitu bunga lavender. Anda dapat menggunakan kelopak bunga lavender ini sebagai bahan pembuatan kue, pudding, dan biscuit.  Selain itu, kelopak bunga lavender ini dapat di gunakan sebagai bahan penyedap roti dan es sorbet, data sebagai penambah aroma untuk segelas sampanye, serta bisa di gunakan sbeagai bahan pembuatan semur dan saus.

  1. Bunga Tulip

Jenis bunga sleanjutnya yaitu bunga tulip. Kelopak dari bunga tulip itu mempunyai rasa seperti rasa selada, kacang pohon, dan mentimun. Biasanya, kelopak bunga tulip ini di kombinasikan dengan ikan tuna, dan di tambahkan ke dalam kue mousse dan juga eskrim. Dengan catatan, biasanya beberapa orang itu alergi terhadap bugna tulip.

  1. Bunga kembang sepatu

Jenis bunga yang dapat di makan selanjutnya adalah bunga kembang sepatu. Bunga yang satu ini sudah di kenal manfaatnya yaitu berguna pada rambut. Akan tetapi, anda juga dapat mengugnakan bunga ini sebagai bahan pembuatan the herbal. Kandungan yang ada di dalam bunga ini adalah banyaknya vitamin C dan juga mineral yang sangat di butuhkan bagi tubuh kita.

Bunga kembang sepatu adalah tanaman berbunga yang masuk dalam keluarga mallow, malvaceae. Tanaman ini ada banya spesiesnya,yaitu sekitar ratusan. Yang mana, biasanya tumbuh di iklim hangat, subtropics, dan juga yang beriklim tropis di seluruh dunia.

  1. Bunga Rosemary

Jenis bunga yang dapat di makan yang terakhir adalah bugna rosemary. Bunga rosemary ini sering di gunakan sebagai garnishing. Bunga ini banyak sekali mengandung vitamin B,A,C, dan juga merupakan sumber yang baik untuk zinc. Bunga rosemary ini mempunyai aroma yang khas, dan sangat kuat. Tanaman ini berasal dari wilayah mediterania.

Itulah sedikit informasi dari saya tentang jenis bunga yang dapat di makan, dan juga baik bagi kesehatan kita. Sebenaranya masih banyak sekali jenis-jenisnya. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sudah sempat mampir di blog saya. Dan saya juga minta maaf bila di dalam artike saya ini, terdapat kata-kata yang tidak pantas. Sekian dari saya, semoga informasi dari saya ini bermanfaat, sekian dari saya. Terima kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.