Transportasi Udara
Transportasi Udara

Jenis- Jenis Alat Transportasi Udara Yang Ada Di Dunia

Posted on

Sejarah singkat diciptakannya pesawat diawali oleh usaha kreatif Orville Wright dan Wilbur Wright. Mereka juga bisa sering dipanggil Wright bersaudara. Pada pertama kalinya saat mereka membuat pesawat mereka memberi nama Flyer pada tahun 1904 di Negara Amerika Serikat. Karena kegigihannya, mereka pun mendapatkan keberhasilan yang banyak diapresiasikan oleh pakar- pakar pada saat itu juga.

Jenis Transportasi Udara
Jenis Transportasi Udara

Dan pada saat ini, alat transpotasi udara sudah berkembang dengan sangat pesat dan pada saat ini pesawat sudah memilki banyak sekali kelebihan kelebihan daripada pesawat zaman dahulu.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi kepada kalian semuanya tentang jenis- jenis aircraft yang ada di dunia ini, dari pada anda menjadi penasaran, langsung saja disimak ulasan berkut ini.

Jenis- jenis alat transportasi udara

  • Airliner (Pesawat Komersial)

Pesawat penumpang sipil atau dalam bahasa inggrisnya adalah airliner adalah pesawat terbang yang memang memiliki fungsi utama untuk mengangkut penumpang sipil beserta bagasi dan kargonya. Jika seseorang menginginkan untuk menaiki pesawat yang satu ini, penumpang harus memenuhi beberapa syarat yang sudah tercantum di undang- undang.

  • Seaplane

Pada urutan selanjutnya dalam kategori jenis- jenis kendaraan transportasi ada seaplane. Seaplane sendiri adalah suatu kendaraan transportasi udara yang memang dirancang dan didesain sedemikian rupa sehingga bisa mendarat di atas air dengan baik. Kendaraan yang satu ini biasanya dimiliki oleh perorangan pribadi yang tinggal di wilayah yang banyak perairannya dan memiliki banyak uang. Jika dilihat, pesawat yang satu ini memanglah unik karena memiliki design yang berbeda dengan pesawat- pesawat pada umumnya.

  • Biplane

Pada urutan selanjutnya ada pesawat biplane. Pesawat jenis yang satu ini adalah sebuah pesawat tetap yang memiliki dua tumpuk sayap dan dipasang diatas satu sama lain, pesawat model sudah muncul pada saat diciptakannya pesawat terbang oleh Wright bersaudara. Sementara itu, struktur sayap pesawat biplane memiliki keungglan structural yang lebih jika dibandingkan dengan sayap biasa. Tandem sayap dari pesawat ini didesign berbeda daripada sayap pesawat biasa, sehingga pesawat ini sudah tidak memerlukan stabilizer lagi saat melakukan penerbangan.

Baca Juga :Pengertian Olahraga Yoga dan Manfaat Olahraga Yoga

  • Glider

Jenis pesawat selanjutnya ada pesawat glider. Pesawat terbang yang satu ini bisa dikataka sangatlah unik, karena pesawat jenis ini memiliki sayap yang sangat panjang. Sebagian besar pesawat yang satu ini memang dimaksudkan untuk beroperasi rutinitas tanpa menggunakan mesin dan hanya mengandalkan sayapnya yang sangat panjang. Namun ada juga beberapa pesawat glider yang memiliki mesin dalam membantu penerbangannya agar bisa berjalan dengan lancar di udara nanti. Namun hal unik yang bisa kita kagumi adalah panjang sayap yang kecil dan sangat panjang, bahkan panjangnya melebihi panjang badan pesawatnya itu sendiri.

  • Helicopter

Selanjutnya ada helicopter. Helicopter adalah pesawat udara yang memiliki sayap putar dan digerakkan oleh rotor. Helicopter sendiri diklarifikasikan sebagai pesawat yang memiliki sayap putar. Helicopter ini sendiri lebih kompleks dan relative memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pesawat biasa. Helicopter ini memiliki kecepatan yang lebih lambat dan juga muatan yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan pesawat pada umumnya. Sedangkan kelebihan jika menggunaka helicopter ini adalah bisa terbang di tempat, mundur dan juga mendarat secara vertikal.

  • Fighter Aircraft

Fighter aircraft atau yang lebih familiar disebut dengan pesawat militer/ tempur adalah sebuah pesawat yang memang didesain khusus untuk bertempur atau beraksi di medan perang jalur udara. Pesawat jenis yang ini relative lebih kecil, cepat dan lincah jika dibandingka dengan pesawat pada umumnya. Pesawat ini biasanya memang sudah dirancang dan dirakit lengkap dengan senapan api dan bom yang akan digunakan untuk menyerang lawan nantinya, terlebih- lebih pesawat ini memiliki fungsi yang sangat keren yaitu pengacau radar musuh, sehingga bisa menerobos lewat ke pertahanan musuh tanpa ketahuan.

Baca Juga :10 Jasa Transportasi Online Yang Paling Populer Di Indonesia

  • Aerobatic Aircraft

Selanjutnya ada pesawat yang dikhususkan untuk ber- akrobatik di udara bebas. Pesawat jenis yang ini biasanya dipakai dalam perayaan suatu event yang besar sehingga harus menggunakan pesawat ini untuk berakrobatik sehingga perayaan bisa menjadi lebih meriah. Seperti halnya perayaan ulang tahun TNI beberapa hari silam, mereka menggunakan pesawat akrobatik ini agar perayaan ulang tahunnya lebih meriah.

  • Airship

Selanjutnya ada pesawat balon atau airship. Airship ini memiliki badan yang lonjong dan besar namun hanya memiliki sayap yang sangat kecil. Pesawat jenis yang satu ini dapat dikemudikan dengan menggunakan kemudi yang dibantu didorong oleh udara. Pesawat yang satu ini sekarang sudah mulai ditinggalkan dari muka bumi ini, karena keribetannya dalam penggunaannya dan ketidak stabilan pesawat ini saat terbang di udara.

Mungkin itulah beberapa jenis pesawat yang pernah ada di muka bumi ini yang bisa saya informasikan kepada kalian semuannya.

Terima kasih telah mampir ke halaman ini dan sampai jumpa.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang memiliki sejuta mimpi yang kelak akan dicapai bersama keluarga kecil yang sederhana