jenis ikan louhan
jenis ikan louhan

Jenis Ikan Hias Louhan yang Mahal Dengan Warna yang Cantik

Posted on

Jenis Ikan Hias Louhan yang Mahal Dengan Warna yang Cantik

Jenis Ikan Hias Louhan- jenis ikan yang satu ini ikan yang mempunyai jenong dengan warna yang mencolok. Pada awalnya ikan louhan ini hanya berhabitat di taiwan dan di malaysia, akan tetapi saat ini ikan louhan banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias  yang ada di seluruh dunia.

Ikan louhan ini adalah ikan yang paling terkenal untuk dipelihara di dalam aquarium. Keunikan dari sisik ikan ini dan serta benjolan yang terbentuk khas berjuluk “benjol kelam”. Ikan hias yang hidup di air tawar ini menjadi ikan primadona di indonesia pada awa tahun milenium.

Jenis ikan louhan ini biasanya hanya membutuhkan aquarium dengan ukuran  200 x 170 x 80 cm dan untuk ikan louhan yang berukuran sekitar 40 hingga 50 cm. Idealnya dalam aquarium yang diisi dengan air tawar tersebut harus memiliki suhu 80-85 ° F.

Hampir disemua rumah yang memiliki aquarium pasti dirumah ada ikan hias louhan ini. Dan para penjual ikan louhan ini mendapatkan rezeki yang banyak karena berjualan ikan louhan tersebut. Sebagian para penjual jenis ikan hias louhan ini bahkan sampai-sampai kehabisan stok ikan louhan karena banyaknya permintaan pada jenis ikan hias louhan ini.

Akan tetapi yang uniknya ini, banyak orang yang memelihara ikan yang sejenis ini tapi nggak tau jenis ikan louhan ini. Memang cukup unik trend ikan louhan pada saat itu, karena jenis dan harga ikan tersebut kian melejit dengan tinggi.

Berikut ini beberapa jenis ikan hias louhan yaitu, sebagai berikut:

 Golden Flower atau Kamfa

Golden Flower atau Kamfa
Golden Flower atau Kamfa

Jenis ikan yang satu ni sangat mudah kita kenali denga ciri yang khas dengan sirip yang lebar dan lebih kaku bila dibandingkan dengan jenis ikan louhan yang lainnya. Ikan ini mudah sekali dikenal, terutama dari siripnya yang agak lebih lebar dan terlihat sedikit kaku dari ikan Louhan lainnya.

Dengan persilangan ini menghasilkan jenis louhan yang beda dengan louhan yang lainya karena mulut dari ikan louhan golden atau kamfa pendek, mata cekung dan jenong yang ukuranya lebih besar, atau bisa dibilang persilangan spesies dari genus Viej ini menghasilkan jenis ikan louhan dengan sifat baru.

Akan tetapi ikan louhan ini tidak memiliki marking dibadan atau dikepala. Dan jika louhan ini yang mempunyai marking, kemungkinan besar ikan ini dari persilangan dengan jenis ikan louhan yang lainnya.

Golden Red

Golden Red
Golden Red

Ikan louhan yang satu ini adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari thailand dan biasanya ikan ini memiliki julukan golden trimaculatus, karena ikan ini memiliki perpaduan warna kuning dan merah. Perpaduan dari warna tersebut tidak akan terlihat jika ikan louhan ini masih kecil.

Dan ketika ikan louhan golden ini masih kecil ikan ini sangat mirip dengan ikan louhan cencu. Hal ini dikarenakan terjadinya warna ikan ini belum kelihatan sangat sempurna.  Dan untuk mendapatkan perpaduan warna dari merah dan kuning ikan louhan ini harus melewati proses mutasi dahulu.

Maksud dari mutasi ini adalah perubahan sisik pada ikan louhan tersebut. Proses mutasi ini terdapat beberapa tahap yaitu sisik dari warna ikan tersebut. Menjadi warna hitam arang, lalu ikan louhan tersebut berubah dengan warna yang cantik yaitu warna kuning dan merah.

Rainbow King

Rainbow King
Rainbow King

Jenis ikan louhan ini yang mempunyai marketing yang berbeda dengan ikan louhan yang lainnya. Ikan louhan ini mempunyai marking horizontal, dengan badan kotak dan perpaduan warna kuning dan merah, namun ikan louhan jenis ini mempunyai warna biru.

Perpaduan dari warna yang sudah disebutkan diatas menjadikan ikan louhan ini terlihat sangat indah bdan cantik. Tak heran lagi kalau ikan louhan rainbow king ini menjuarai kontes ikan louhan internasional.

Dan bagi anda pecinta ikan louhan rainbow king ini ,kalau mau membeli jenis ikan ini anda harus memastikan bahwa itu ikan, asli ikan rainbow king. Kenali ciri-ciri jenis ikan hias louhan ini agar anda tidak terkena tipu. Untuk harga dari ikan louhan rainbow ini, anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 1.000.000 per ekor.

Cencu atau Zenzhu

Cencu atau Zenzhu
Cencu atau Zenzhu

Jenis ikan louhan yang selanjutnya adalah Ikan louhan cencu atau zenzhu sering kita kenal juga sebagai ikan louhan mutiara. Ikan louhan ini memiliki ciri yang khas pada tubuhnya, yaitu bintik-bintik mutiara yang kecil. Saat ini, ikan louhan zenzhu terbagi dua jenis, yaitu jenis klasik serta modern.

Ikan louhan klasik: berwarna merah cerah serta mendominasi hampir di sebagian besar tubuhnya. Dan sedangkan, kilauan mutiaranya yang cukup sedikit jika disandingkan dengan ikan louhan jenis atau cencu modern. Untuk ukuran, Ikan louhan cencu klasik ini lebih bagus karena ukuran besarnya dari pada ikan louhan cencu modern.

Namun jenong yang terdapat pada kepala ikan louhan ini kecil, dan  jika dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern yang memliki mutiara lebih merata, dan bintik mutiara yang tersebar hingga bagian pipi kepalanya.

Dan jika dilihat dengan seksama dari kedua ikan ini, ikan louhan cencu klasik atau ikan louhan cencu modern masing-masing ikan tersebut memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Namun, jika lihat-lihat dari tempat letak mutiaranya maka louhan cencu modern lebih berbeda dari yang ikan louhan cencu klasik.

Demikian artikel yang kami buat tentang jenis ikan hias louhan ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa untuk menambah ilmu tentang perikanan. Dan mohon maaf apabila ada kesalahan dari kata penulisan. Semoga deretan ikan yang diatas bisa memperindah aquarium yang ada didalam rumah anda. sekian dan terima kasih…..