jenis ikan hias discus
jenis ikan hias discus

Jenis Ikan Hias Discus yang Cantik, Termahal Dan Cara Perawatannya

Posted on

Jenis Ikan Hias Discus yang Cantik, Termahal Dan Cara Perawatannya

Jenis Ikan Hias Discus-  Ikan discus adalah salah satu ikan air tawar yang paling banyak disukai para pecintaikan hias air tawar. Dan bentuk dari ikan discus inni seperti CD disk yang kecil dan ramping, dengan warna yang color full dan mempunyai corak yang indah.

Jenis ikan hias discus ini masuk dalam keluarga familiy dari genus symphysodon dan cichlidae. Ikan ini berasal dari brazil dan lebih tepatnya hidupnya itu di sungai amazon. Namun dengan seirinbgnya waktu ikan discus ini peminatnya semakin bertambah banyak.

Ikan discus ini memiliki banyak jenis (varietes), yang nmenjadi pembeda diantara banyaknya jenis ikan discus ini adalah pola warna yang ada pada tubuh ikan tersebut. Keunikan dari ikan ini adalah memiliki garis-garis tubuh yang melintang dari ujung kepala sampai ke ujung ekor. Oleh karena itu para pecinta ikan hias ini memiliki ikan hias discus ini untuk hiasan aquarium yang ada di rumah.

Untuk harga ikan discus per ekor ini tergantung pada jenis, kualitas, dan ukurannya. Selain itu, warna dan pola batik yang dimiliki ikan discus ini juga sangat mempengaruhi harganya. Semakin cerah warna dari ikan ini , dan semakin rumit pola batik yang dimilikinya, ikan discus ini akan berharga semakin mahal pula.

Biasanya, untuk seekor anakan (bibit) ikan discus ini hanya Rp2.000 hingga Rp 10.000  saja. Namun untuk ikan discus dewasa, harganya dengan kidaran Rp 20.000 sampai Rp 100.000 per ekornya.

Berikut ini beberapa jenis ikan hias discus yaitu, sebagai berikut:

Checker Board Pigeon

Checker Board Pigeon
Checker Board Pigeon

Jenis ikan yang satu ini adalah checker board pigeon yang mempunyai warna dasar putih dengan dihiasi corak yang berwarna merah. Corak yang terdapat pada ikan discus ini bergamnbarkan seperti goresan, namun goresan tersebut tidak lurus tapi melainkan berbentuk seperti urat. Dan ada beberapa warna yang ada dikepalanya.

Red Ribbon

Red Ribbon
Red Ribbon

Ikan discus red ribbon ini adalah sakah dsatu jenis dari ikan discus yang mempunyai warna yang kuning dan sebagian agak kemnerah-merahan. Jenis ikan seperti ini juga dihiasi dengan corak yang berwarna purih disekujur tubuhnya dan mempunyai pola batiknya dena berbentuk panjang-panjang.

Hal ini membedakan jenis ikan hias diskus ini dengan pearl pigeon yang mempunyai corak yang bulat-bulat.

Angel Blue Diamond

Angel Blue Diamond
Angel Blue Diamond

Jenis ikan hias discus ini adalah ikan yang paling mahal di dunia. Ikan hias ini mempunyai warna biru cerah dan polod yang terdapat pada sisik ikan hias jenis angel blue diamond ini terlihat begitu sangat menawan.

Warna biru yang dimiliki oleh ikan discus angel blue diamond tersebut terlihat seperti cerah, dan warna birunya itu seperti telur bebek ( dengan warna biru-keputih-putihan ). Harga dari ikan discus ini lumayan sangt mahal dan kalau warna sisiknya itu semakin mencolok atau terlihat cerah dan seolah-olah ikan itu bercahaya. Kalau dilihat dengan jelas seperti ikan hantu malam.

Marlboro Red

Marlboro Red
Marlboro Red

Jenis ikan hias discus ini termasuk ikan yang paling diminati oleh kalangan para pecinta ikan hias. Ikan marlboro red ini merupakan ikan discus yang memiliki warna orange atau kemerah-merahan pada sisiknya. Sisiknya yang berwarna cerah itu nampak seperti api yang meyala. Selain itu, ada sedikit warna yang terdapat pada ikan discus ini yaitu warna merah yang terdapat pada sekitar sirip-siripnya.

Ikan ini hampir mirip dengan ikan discus jenis gold yellow diamond, ikan marlboro red ini memiliki sedikit corak batik berwarna putih yang terletak pada siripnya dan juga ada di sekitar mata. Namanu warna yang terdapat pada ekornya berwarna hitam dan sedikit transparan.

Untuk pakan dari ikan discus ini , ikan ini cenderung lebih suka denga pakan alami dari pada pakan yang buatan. Pakannya adalah cacing kecil-kecil, larva semut merah atau jentik-jentik nyamuk.

Pearl Pigeon

Pearl Pigeon
Pearl Pigeon

Jenis ikan hias discus ini memiliki warna dasar putih, dan warna putih ini dihiasi dengan corak batik berbentuk bintik-bintik kecil yang hampir menutupi seluruh tubuh ikan tersebut. Dan coprak batik yang dimilikim oleh ikan ini berwarna pink.

Bagian kepala ikan discus jenis pearl pigeon ini berwarna oranye. Perpaduan warna yang dimiliki ikan discus jenis pearl pigeon tersebut sangat cocok bagi kaum hawa yang merupakan penggemar berat ikan hias akuarium. Dan corak yang dimiliki ikan ini adalah berbentuk bulat-bulat sembarang.

Gold Yellow Diamond

Gold Yellow Diamond
Gold Yellow Diamond

Ikan yang jenis ini adalah jenis ikan discus dengan warna tubuh yang unik dan cantik di dunia. Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki warna kuning keemasan. Tubuh ikan ini dipercantik dengan sedikit corak batik berwarna purih de bagian sirip ikan tersebut.

Selain di bagian siripnya , corak batik ini terdapat pada sekitar mata ikan tersebut.

Cara merawat ikan discus

Perawatan discus lebih ekstra dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.Yang anda siapkan adalah aquarium yang cukup besar dengan air bersih yang stabil. Aquarium dengan ukuran minimal 1 meter.

Bila anda ingin memelihara ikan lain dalam satu aquarium, pastikan jangan memberi ikan agresif yang lebih besar dibandingkan discus. Dan jangan pula memberikan ikan pendamping yang suka menggigit sirip kecil. dengan discus karena mereka juga memiliki kebutuhan kondisi air yang sama.

Demikian artikel dan juga informasi dari kami tentang jenis ikan hias discus, dan juga cara merawatnya. Apabila ada kesalahan dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel dan juga oin formasi dari kami beramfaat bagi anda. sekian dan terima kasih..