jenis ikan hias cupang
jenis ikan hias cupang

Jenis Ikan Hias Cupang yang Harus Kalian Ketahui

Posted on

Jenis Ikan Hias Cupang- Jenis ikan yang satu ini adalah ikan yang bertipe ikan hias yang paling populer di indonesia. Dan ikan cuopang hias ini memiliki tubuh yang cantik dan kecil, sehingga banyak orang yang membeli jenis ikan hias cupang ini. Sehingga ikan ini bisa jadi menghiasi aquarium anda.

Jenis ikan ini merupakan ikan hias air tawar yang sangt gampang untuk dirawat dan dikembang biakkan.  Ikan cupang (Betta sp), yaitu jenis ikan hias air tawar yang sangat banyak hidup di negara-negara yang tropis. Dan ikan ini sering dijumpai diperairan Asia Tenggara yaitu seperti vietnamn, malaysia, thailand dan indonesia.

Habitat dari ikan cupang ini ada di sekitar rawa-rawa, danau dan sungai ynag berarus tenang. Jenis ikan hias cupang ini mampu hidup pada lingkungan air yang tidak ada oksigen. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh ikan cupang ini , membuat ikan cupang ini mudah untuk dibudidayakan dengan toples kecil atau aquarium yang tanpa aerator.

Keutamaan dari ikan hias cupang ini adalah ikan cupang ini memiliki rongga labirin seperti yang terdapat pada ikan lele dan ikan rawa yang lainnya. Ikan cupang ini memiliki beragam jenis dan di setiap jenis dari ikan ini mempunyai kekhasan masing-masing.

Ikan hias cupang ini salah satu ikan yang gesit dan sangat agresif saat melindungi dirinya sendiri dan tempat tinggalnya. Ikan hias cupang ini memiliki 75 jenis ikan cupang yang masih hidup. Berikut ini beberapa jenis ikan hias cupang yaitu, sebagai berikut:

Halfmoon

Halfmoon
Halfmoon

Jenis ikan yang satu ini adalah ikan cupang halfmoon, sesuai dengan namanya ikan ini mempunyai ekor dan sirip. Yang seakan-akan menyatu dengan sisip dan ekor ini sehingga membentuk seperti setengan lingkaran, apabila kita perhatikan ikan cupang ini dari samping, sirip cupang ini membentuk pola seperti setengan bulan.

Ikan cupang ini dijadikan sebagai peliharaan di aquarium, karena dengan keindahan sirip dan bentuk dari ikan ini sangat anggun ketika ikan ini berenang. Jenis ikan hias cupang ini memiliki corak yang beragam, mulai dari merah, kuning dan warna yang lainnya. Harga ikan cupang ini di pasaran adalah Rp 10.000 sampai Rp 300.000. Harga akan bertambah kalau jenis ikan ini menjuarai beberapa kontes ikan.

Plakat

Plakat
Plakat

Ikan ini adalah ikan cupang plakat sebutan dari “plakat” itu berasal dari kata thailand yang memiliki arti “tarung”. Sejalan dengan julukan dari ikan ini , tipe ikan cupang ini sering kali digunakan sebagai cupang aduan. Di negara thailand memang mempunyai tradisi mengadu ikan cupang dengan turun temurun.

Sirip dan ekor yang dimiliki oleh ikan cupang plakat ini umumnya pendek dan tidak seperti jenis ikan cupang yang lainnya. Karena ikan ini pendek, bahwa sirip tersebut menegaskan petarung yang tangguh dan kekar. Gerakan dari jenis ikan cupang plakat ini tidak menonjolkan sisi keanggunannya, namun cenderung lebih garang dan sangar.

Jenis ikan hias cupang plakakt ini banyak digemari karena bentuknya yang unik, dan kecil. Di pasar atau toko ikan, ikan ini biasanya dijual dengan harga antara Rp 5.000 sampai Rp 300.000. Harga ini acap kali akan bertambah menjadi semakin tinggi jika ikan tersebut telah memenangi beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana anda tergoda untuk memeliharanya?

Crown Tail

Crown Tail
Crown Tail

Naman dari ikan ini adalah ikan cupeng serit, di dunia perikanan ikan ini terkenal dengan berbagai keindahan warna dan bentuk dari ikan tersebut. Ikan hias serit ini biasanya di sebut juga dengan naman crown tail atau ekor mahkota. Sebab ketika ekor dari ikan ini menghadap ke atas serit-serit yang ada di ekornya akan terlihat seperti mahkota yang dimiliki oleh raja pada umumnya. Warna dari ikan cupang ini memiliki banyak macam warna dan bentuk ikan tersebut.

Ikan ini ada yang serit tunggal , dan dimana  setiap serit itu terdapat satu tulang sirip. Ada juga dengan mempunyai serit tunggal atau ganda, keindahan dari jenis ikan hias cupang ini telah diaku banyak negara karena ikan ini sering memenangkan konter internasional. Di kalangan pecinta ikan hias, ikan ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 5.000 sampai dengan Rp 300.000.  Harga ini biasanya akan naik menjadi semakin tinggi bila ikan cupang ini telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan ikan hias.

Perawatan Dari Ikan Hias Cupang

Seperti yang telah di jelaskan di atas, ikan cupang memang sangat mudah untuk  perawatannya dalam kondisi lingkungan yang ekstrim. Perlu anda ketahui bersama, ikan cupang mampu di budidayakan dalam akuarium tanpa memanfaatkan aerator.

Ikan ini tahan terhadap segala macam keadaan air yang minim akan oksigen. Meskipun ikan cupang ini bisa hidup dengan keadaan minim dengan oksigen, namun anda harus menjaga kualitas air dan dipasangi dengan filter penyaring. Karena hal ini supaya ikan bisa tumbuh sempurna dan selalu dalam kondisi baik-baik saja.

Adapun untuk ikan cupang untuk petarung, anda bisa menempatkanya ke dalam toples kaca kecil. Menurut beberapaorang yang sudah berpengalaman, supaya ikan lebih agresif dan gesit, dan anda harus menyimpan ikan cupang ini dalm keadaan gelap.

Gantilah air aquarium secara tertur, hal ini akan membuat sirkulasi oksigen lebih baik. Perhatikan pada kotoran ikan dan sisi makanan ikan yang tidak ke makan. Penumpukan tersebut akan mudah menimbulkan penyakit, dan bahkan kematian ikan cupang tersebut akibat pencemaran air.

Demikian artikel yang kami buat tentang jenis ikan hias cupang, semoga bisa bermanfaat dan bisa untuk memperindah aquarium yang terdapat pada rumah anda. dan mohon maaf apabikla ada kesalahan dari penulisan yang kami buat. Sekian dan terima kasih….