ikan arwana
ikan arwana

Jenis Ikan Arwana Yang Menarik Dan Juga Mahal

Posted on

Jenis Ikan Arwana Yang Menarik Dan Juga Mahal

Ikan Arwana – Ikan arwana merupakan termasuk ikan yang mana, ikan ini memberikan keberuntungan. Dan pada kesempatan kalin ini kami dari tim jempoltangan.com ingin membahas tentang jenis-jenis ikan arwana yang menarik dan juga mahal. Ikan ini memiliki bandrol harga yang tak kalah mahalnya dengan ikan-ikan lainnya, ikan ini dibandrol dengan harag puluhan juta.

Ikan ini memang sangat fantastik, dan juga iakn ini banyak dicari oleh banyak orang, entah utnuk koleksi ataupun hoki. Nah untuk mengetahui lebih lanjut kenapa ikan ini menjadi buruan orang banyak. Simak ulasan berikut ini,

Ikan Arwana

arwana
arwana

Arwana atau dalam bahasa ingrisnya scleropages formosus atau juga biasa disebut dengan ikan naga atau siluk merah, termasuk dalah satu spesies ikan tawar dari kawasan asia tenggara, dan sangat diminati oleh banyak orang. Dengan demikian itu ikan ini sering disangkutkan dengan naga dari mitologo tionghoa.

Arwana masuk dalam spesiaes ikan dengan tulang ikan air tawar dari keluarga osteoglossidae dan juga teramsuk ikan hewan purba. Dan dalam mitos ikan ini bisa mendatangkan keberuntungan dan juga menjaga rumah dari gangguan roh jahat. Selain itu, para pengincar ikan ini menjadikan ikan ini sebagai ikan hias atau bisa juga sebagai daya tarik, dengan bentuk yang unik, indah, dan juga menarik dari warnanya.

Maka dari itu, banyak orang yang mencarinya, di indonesia sendiri banyak juga yang mengincar ikan ini. Arwana ini banyak ditemukan disungai pulau kalimantan dan juga di irian. Untuk variasinya tersebar dibeberapa kawasan asia tenggara. Seperti,

  • Variasi warna emas ditemukan di di malaysia
  • Variasi warna hijau banyak ditemukan di vietnam, birma, malaysia, thailand, dan juga di indonesia.
  • Variasi dengan warna emas ekor merah banyak ditemukan di indonesia.
  • Varaisi warna merah banyak ditemukan di indonesia.

Tapi, sayangnya pada tahun 2004 yang lalu arwana ini termasuk dalam spesies yang hampir punah, yang dilancir oleh iucn. Hal ini terjadi, karena arwana ini semakin sering diperjualkan dengan harga yang sangat mahal. Apalagi banyak orang yang percaya bahwa arwana ini memiliki kelebihan, yang pastinya mereka tidak akan segan utnuk mencari uang hanyak untuk mendapatkan ikan ini.

Jenis Ikan Arwana

Arwana ini bukan aneh karena dicari oleh banyak orang, karena bagi mereka yang suka dengan ikan hias rasanya tidak lengkap apabila tidak ada arwana ini dalam rumah mereka. Dan ternyata arwana ini memiliki beberapa warna yang unik dan juga menarik. Untuk itu simak ulasan berikut ini tentang jenis ikan arwana dari berbagai belahan dunia.

Arwana Cross Back Golden

arwana cross back golden
arwana cross back golden

Arwana ini bisa kita temukan di negara tetangga kita, yakni malaysia dan tepatnya di johor, perak, danau bukit merah. Karena, dari itu ikan ini disebut dengan golden pahang. Arwana ini memiliki beberapa jenis, tepatnya memiliki 4 jenis berdasarkan dengan warna sisiknya. Adapun waran sisiknya adalah, yaitu,

  • Warna dasar perak (silver based)
  • Warna daasar biru (blue based)
  • Warna dasar emas (gold based)
  • Warna dasar ungu (purple based)

Ketika arwana ini sudah dewasa, arwana ini akan muncul ring yang melingkar melewati punggung dan diberi nama arwana cross back.

Arwana Merah

arwana merah
arwana merah

Arwana merah ini adalah ikan yang berasal dari indonesia, dan juga jenis ikan ini sangat mudah ditemukan di indonesia tepatnya dikalimantan barat, sungai kapuas dan sungai sentarum. Untuk anda yang menginginkan ikan ini tidak usah susah-susah, karena anada langsung saja datang ke kalimantan.

Karena, di kalimantan ini bnayak yang suak denagn arwana, jadi banyak orang yang mengembang biakkan ikan ini dan juga mudah untuk mendapatkannya. Adapun yang dimaksud dengan ikan ini adalah arwana yang memiliki warna yang cenderung waran merah darah dan juga merah cabe.

Untuk arwana dengan warna merah orange, dan merah emas ini termasuk dengan tingkatan yang paling rendah dan disebut sebagai arwana super red. Arwana merah ini juga memiliki 4 jenis, yang hampir sama dengan arwana cross back. Adapun 4 jenis tersebut adalah,

  • Arwana merah darah (blood red)
  • Arwana merah emas (gold red)
  • Arwana merah cabe (chili red)
  • Arwana merah orange (orange red)

Nah, jenis arwana diatas ini merupakan jenis arwana dengan tingkatan pertama, dengan arti berarti arwana red ini masih memiliki beberapa jenis lagi yang lainnya. Arwana ini memiliki waran merah pada sirip ekor, dayung, dan juga pada sungutnya. Akan nampak ringnya ketika ukuran arwana sudah mencapai 25 cm.

Namun, warna ringnya ini tidak mencolok warna merah. Karena, ring pada arwana ini adalah warna yang mengkilap pada pinggir sisiknya.ketiak usia arwana ini sudah mencapai pada tahun ke 3 sampai 4 tahun barulah akan memiliki ring yang berwarna pada badan arwana ini. Dan pertumbuhan warnanya akan cepat.

Untuk para pecinta arwana biasa, bisa melakukan beberapa trik, adapun trik biasanya yang dilakukan adalah dengan cara memberi makan yang berkualitas dan melakuakn tanning, dan juga meletakkan arwana ini pada tempat yang terkena pancaran cahaya matahari.

Arwana Red Tail Golden

arwana red tail golden
arwana red tail golden

Arwana dengna jenis ini juga bisa kita temuka di indonesia, yang bertemapt di sumatera dan juga pekan baru. Arwana ini termasuk spesies arwana golden indonesia. Namun, arwana yang satu ini memiliki sifay yang agresif bila dibandingkan dengan arwana croos back golden. Dan yang disayangkan dengan arwana yang satu ini adalah, jenis ikan ini tidak memiliki warna emas pada sisik dipunggungnya. Dan warna emas ini biasanya mencapai empat atau lima baris saja.

Arwana yang satu ini memiliki beberapa warna yaitu, warna dasar hijau (green based), warna dasar emas (golden based), dan warna dasar biru (blue based). Arwana yang satu ini memiliki warna yang lebih kusam ketika masih muda dibandingkan dengan warna ketika sudah tua. Pertumbuhannya pun memlebihi dengan pertumbuhannya arwana cross back golden.

Apabila dilihat sekilas, arwana ini hampir mirip dengan arwana cross back golden, namun dengan perbedaan panjang yang mencapai 20 cm. Arwana ini juga memiliki ring yang berada pada perutnya dengan awran hitam, sedangkan arwana cross back golden ini memiliki ring dibagian punggungnya dengan warna merah.

Arwana Hijau

arwana hijau
arwana hijau

Arwana dengan jenis banyak ditemukan di thailand, myanmar, indonesia, dan juga kamboja. Utnuk di indonesia arwana yang satu ini sering ditemukan di kalimantan. Namun pada dasarnya ikan ini memiliki warna kelabu kehijau-hijauan dengan pola garis yang berwarna gelap pada ekornya. Dan memiliki bentuk mulut yang lebih besar dan bulat bila dibandingakn dengan bentuk arwana  lainnya.

Walaupun arwana yang satu ini tidak memiliki ring, namun arwana ini memiliki warna yang cantik dibandingakn dengan arwana yang lainnya. Sirip ekornya pun menjadi kombinasi antara warna abu dengan hijau. Dan warna pada bagian badannya ini lebih dominan dengan warna hijau semi perak.

Arwana Banjar

arwana banjar
arwana banjar

Arwana ini bisa juga dibilang dengan jenis arwana dengan warna merah kelas dua. Tapi, anda jangan salah, jika arwana ini bukan merupakan jenis ikan strain murni arwana merah. Karena, hal ini ditunjukkan pada siripnya dengna warnanya yang berwarna orange atau kuning. Dan bahkan, tidak ada warna merah sedikitpun warna merah pada badannya.

Arwana yang satu ini memiliki bentuk kepala dan juga mulut yang bulat, dan memiliki kemiripan pada arwana merah muda yang sering membuat orang itu ragu dan sering terjebak ketika sedang membedakan. Padahal perbedaannya itu jelas.

Nah, itulah beberapa jenis ikan arwan beserta gambarnya, yang bisa kalian pelajari. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih!