jenis-jenis awan
jenis-jenis awan

Jenis Awan yang Harus Kalian Ketahui

Posted on

Jenis Awan yang Harus Kalian Ketahui

jenis Awan- Awan adalah segumpalan air yang terbentuk dari proses siklus hidrologi ( daur ulang) didalam atmosfer. Awan terbentuk karena proses pengembunan uap air yang terdapat di salam udara setelah melampaui keadaan yang jenuh. Setiap uap air yang terkandung dalam udara akan berubah.

Tetesan embun yang cenderung efesien menyebar cahaya, sehingga intensitas radiasi matahari berkurang dengan kedalam arah gas. Udara tersebut selalu mengandung uap air. Dan jika uap air ini meluap maka kan terjadi titik-titik air, dan akan terbentuk awan. Jika udara yang panas, lebih banyak udara yang terkandung dalam udara tersebut dikarenakan air ini lebih cepat untk menyengat.

Ada beberapa jenis awan. Dan p[ada tahun 1894, komisi cuaca internasional (KCI) menyepakaiti bahwa awan terbentuk menjadi 4 kelompok yaitu:

  • Awan tinggi
  • Awan sedang
  • Awan rendah
  • Dan awan dengan perkembangan vertikal

Berikut ini beberapa jenis-jenis awan yaitu, sebagai berikut:

Jenis Awan Tinggi

Jenis awan yang satu ini adalah awan tinggi apabila awan ini tersebut terbentuk diketinggian > 20.000 kaki di ataas permukaan laut. Awan tinggi inie dibagi 3 yaitu, awan cirrus, awan cirrostratus dan awan cirrocumulus.

Awan Cirrus

Awan Cirrus
Awan Cirrus

Awan cirrus adalah awan yang berwarna putih terpisah dan terletak di bagian yang paling atas sendiri. Dan awan cirrus ini sangat tipis, awan cirrus ini memiliki serat seperti gula arum manis. Terbentuknya awan ini karena kristal es dan uap air yang membeku menjadi kristal es pada ketinggian diatas 8000m.

Fenomena alam ini terjadi karena kristal es yang didalam awan cirrus ini membiaskan sinar matahari dan bulan. Anda perhatikan saat matahari terbenam, awan cirrus ini akan berubah warna kuning terang atau kemerahan.

Awan Cirrostratus

Awan Cirrostratus
Awan Cirrostratus

Awan ini adalah awan cirrostratus bentuk dari awan ini menyerupai kelambu pituh yang mengental. Awan ini bisa menutupi langin secara merata dengan warna yang cerah. Dan pada musim kemarau awan ini membentuk lingkaran bulat yang menggelilingi matahari.

Pada kondisi yang satu ini menyebabkan udara yang menguap air ini meyebar dan mengalami pendinginan. Pada saat di titik embun, udakan ini akan meyatu dengan uap air. Dari seluruh uap tersebut yang terkondensasi dalam udara dan itu akan membeku sehingga oleh kita dilihat sebagai butiran-butiran awan.

Awan Cirrocumulus

Awan Cirrocumulus
Awan Cirrocumulus

Bentuk dari awan ini seperti ombak pasir yang ada di pantai, awan ini juga terbentuk bulatan kecil yang berwaran putih bersih yang berbaris secara berkelompok sehingga terlihat seperti segerombolan domba, dan awan ini sering kita jumpai.

Jenis Awan Sedang

Awan sedang adalah awan yang terbentuknya pada ketinggian 6.500 diatas permukaan laut. Dan awan ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu, sebagai berikut :

Awan Altostratus

Awan Altostratus
Awan Altostratus

Awan altostratus adalah awan yang tipis dan warnanya itu abu-abu atau kebiru-biruan dengan bentuk lembaran yang berserat dan bisa menutupi langit secara total. Awan ini biasanya terbentuk di siang hari atau malam hari dan awan ini  akan hilang pada waktu matahari terbit.

Awan Altocumulus

Awan Altocumulus

Awan Altocumulus

Awan ini berwarna putih atau abu-abu dengan lembaran berlapis dan berserat, awan ini sering bergerombol  dan tampak kelihatan berikatan. Awan altoculumus ini terdiri dari satu lapisan pada bagian tengah sehingga akan terlihat lebih tebal.

Awan Nimbosratus

Awan Nimbosratus
Awan Nimbosratus

Awan ini bentuknya tidak beraturan, dengan warna abu-abu atau putih gelap. Awan ini bisa mneghasilkan hujan atau salju, awan ini termasuk dalam golongan awan rendah karena ditemukan pada ketinggian kurang dari 2000 meter (2 km). Ketebalan dari awan ini bisa menutupi bsinar matahari dan awan ini biasanya diikuti dengan keadaan cuaca buruk.

Ciri-ciri awan nimbosratus sebagai berikut:

  • Awan ini berwarna putih gelap seperti abu-abu
  • Ketinggian antara 600 sampai 3.000 meter
  • Di indonesia awan ini hanya menimbulakan gerimis saja

Jenis Awan Rendah

Jenis awan rendah ini berda diketinggian < 6.500 kaki di atas permukaan laut dan terbagi 4 menjadai bagian yaitu, sebagai berikut:

Awan culumus

Awan culumus
Awan culumus

awan culumbus ini adalah awan yang padat dengan garis tajam yang pada umumnya berkembang secara vertikal (ke atas) dengan pertambahan jumlah gundukan melalui penggembungan di bagian atasnya. Dan jika matahari menyinari awan ini, awan ini terlihat begitu cerah dan warnanya putih bersih.

Awan ini lebih sering muncul di musim kemarau atau langit yang cerah. Dan awan ini biasanya muncul di waktu pagi hari dan pas waktu di malam hari awan culumbus ini ukuran dari awan tersebut lebih kecil dari pada pas waktu pagi hari.

Awan Stratus

Awan Stratus
Awan Stratus

Awan stratus adalah sebuah lapisan awan yang pada umumnya berwarna abu-abu dengan dasar yang sama. Dan jika awan ini cukup tebal awan ini akan menghasilkan gerimis pada daerah tropis den hujan es yang di daerah beriklim subtropis awan ini akan menurunkan salju.

Ketika matahari tersingkap melalui celah awan ini, garis dari awan tersebut akan terlihat dengan jelas.

Awan cumulonimbus

Awan cumulonimbus
Awan cumulonimbus

 

Awan yang berat dan padat, awan ini berbentuk vertikal yang menyerupai sebuah menara yang besar. Bagian awan yang atas terlihat berserat dan hampir rata, dan bagian yang paling bawah  biasanya bentuk awannya tidak rata dan warnanya itu gelap. Awan cumulonimbus ini adalah aewang yang paling ditakuti didunia penerbangan.

Awan Stratocumulus

Awan Stratocumulus
Awan Stratocumulus

Awan stratocumulus ini jenis awan yang berlapis dan bentuknya itu seperti sarang lebah yang tergantung pada pohon. Awan ini sering menyebabkan hujan lokal, awan stratocumulus ini merupakan awan yang bergumpal dan bentuk dari awan ini adalah horizontal.

 

Demikian infornasi yang kami beri tentang jenis-jenis awan, semoga bisa untuk menambah ilmu untuk anda. sekian dan terima kasih…