Kebun Binatang Ragunan

Intip Yuk, Kemegahan Kebun Binatang Ragunan

Posted on

Hay Netizen setia JempolTangan. Bagaimana kabarnya? Pasti baik kan. Jumpa lagi dengan saya “ Mas Writer “ yang selau setia memberikan artikel menarik bagi anda. Oke di siang hari yang cukup panas dan melelahkan ini, saya ingin membahas tentang liburan tapi bersama satwa. Kok sama satwa? Yap, maksudnya liburan untuk melihat – lihat beragam satwa. Pasti seru dan menarik kan. Apalagi kalau liburanya bareng keluarga tercinta, di jamin tambah seru dan menarik deh pokoknya.

Baca Juga : Daftar Harga Tanaman Hias Termahal

Sekarang Mas Writer mau Tanya. Kalau kalian berlibur lihat satwa pinginya ke mana? Pasti kebun binatang. Terus di mana tempatnya? Surabaya Zoo? Lamongan Zoo? Atau di tempat lain. Pasti kalian bingung mau jawab yang mana, karena pilihanya sama – sama seru dan menarik. Oke kali ini JempolTangan.com memberikan refrensi liburan ke kebun binatang yang seru dan asyik banget, yakni Kebun Binatang Ragunan.

Taman Binatang Ragunan
Taman Binatang Ragunan

Kebun binatang ragunan memiliki luas sekitar 140 hektar, dengan luas yang melegakan ini. Ia pun di nobatkan sebagai kebun binatang terluas nomer 2 setelah kebun binatang yang ada di kanada. Kebun binatang ragunan mulai berdiri sejak tahun 1864 dan sudah memiliki koleksi lebih dari 295 spesies dan 4040  spesimen satwa, yang terus bertambah sampai saat ini.

Baca juga : Tutorial Jilbab Pesta Segi Empat

Di manakah lokasinya

lokasi Kebun binatang ragunan tidaklah jauh dari pulau jawa, yakni di daerah Jakarta. Tepatnya di  jalan harsono RM. Kelurahan Ragunan, wilayah Pasar Minggu- Jakarta. Sehingga wajar bila kebun binatang ini menjadi salah satu opsi liburan primadona warga Jakarta ketika ada waktu luang atau hari libur.

Akses kebun binatang ragunan

Untuk mengakses kebun binatang ragunan tidak lah rumit. Jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka dapat menggunakan TaranJakarta atau Busway dengan jalur jurusan Kuningan – Ragunanyang pada akhirnya nanti anda langsung bias berhenti di depan gerbang kebun binatang ragunan.

Sejarah berdirinya kebun binatang ragunan

Kebun binatang ragunan atau yang akrab di panggil margasatwa ragunan adalah kebun binatang pertama yang di dirikan di Indonesia. Kebun binatang ini mulai di dirikan sejak tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang memiliki arti Tanaman atau kebun binatang. Pada awalnya kebun binatang ini hanya memiliki luas 10 hektar saja yakni di kawasan Cikini – Jakarta Pusat.

Menurut sejarah, tanah seluas 10 hektar ini adalah pemberian seorang pelukis yang viral di Indonesia, yaitu Raden Saleh.pada saat itu, kebun binatang ini di kelola oleh wadah yang bernama Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia yang berisikan orang – orang penyayang Flora dan Fauna di daerah Batavia.

Namun pada tahun 1849, nama Planten En Dierentuin di ubah menjadi Kebun Binatang Cikini kemudian di pindah ke daerah Ragunan sekitar tahun 1964. Kemudian pemerintah DKI Jakarta memberikan tanah yang seluas 30 hektar yang kemudian di jadikan sebagai kebun binatang ragunan dan di resmikan oleh gubernur DKI Jakarta bernama Ali Sadikin pada tahun 22 Juni 1966.

Fasilitas dan Wahana Di Kebun Binatang Ragunan

Sebagai kebun bianatang yang tergolong sangat luas. Kebun binatnag ini menyuguhkan pemandangan yang indah dan menyenangkan. Selain melihat beberapa satwa kita juga bias mengajak sang buah hati untuk bermain di area wahana anak – anak.

Koleksi hewan di kebun binatang ragunan

Untuk urusan koleksi binatang, bias di katakana cukup lengkap. Karena ada berbagai macam unggas, primata, hewan melata dan hewan buas seperti ular, rusa, gajah, unta, banteng, kudanil, beruang madu kelelawar, kera, siamang, bekantan, orang utan, elang, pelican, erak, buaya, harimau, harimau putih, singa dan berbagai macam hewan lainya yang tidak kalah menarik untuk di lihat.

Pusat Primata Schmutzer

Jika anda ingin melihat berbagai macam primata yang unik, lucu nan mengemaskan. Maka, pilihan yang paling tepat adalah masuk ke pusat primata schmutzer. Di area ini kita bias melihat berbagai macam primata seperti gorilla yang memiliki tinggi setara manusia, siamang, kera, dll. Hebatnya lagi, di kabarkan pusat primata schmutzer adalah yang terbesar di dunia.

Dunia Orang Utan

Dunia Orang Utan adalah wahana yang di desain khusus untuk melihat – lihat Orang Utan dari balik kaca tebal. Tempat ini di desain membentuk sebuah terowongan yang gelap mirip seperti keadaan di dalam goa.

Children Zoo

Baru – baru ini taman Margasatwa Ragunan juga membuka wahana baru untuk para pengunjung, khususnya anak – anak. Children Zoo memang di desain khusus bagi anak – anak sebagai media edukasi dengan system interaksi secara langsung bersama satwa yang sudah jinak. Selain itu, ada juga kolam ikan dan akuarium raksasa yang yang berasal dari sungai Amazon – Brazil, yakni ikan Arapaima.

Harga Tiket  Kebun Binatang Ragunan

Harga yang di tawarkan juga sangat terjangkau, yakni hanya cukup merogoh kocek Rp. 3.000 saja untuk anak – anak dan Rp. 4.000 untuk orang dewasa. Namun jika anda ingin masuk ke wahana Pusat Ptrimata Schmutzer maka, kocek yang di perlukan hanya Rp. 5.000 dan untuk wahana Children Zoo Rp. 2.500 saja per orang. Haraga yang di tawarkan ini cukup murah meria dan sebanding bahkan lebih dari nilai edukasi yang di dapatkan nantinya.

Tidak seperti kebun binatang pada umumnya yang memiliki jarak kandang yang saling berdekatan, kebun binatang ragunan ini memiliki letak kandang yang agak berjauhan dan mau tidak mau harus berjalan agak lama tentunya. Jadi, selalu sediakan topi untu perjalanan anda agar tidak tersiksa dengan panasnya terik matahari. Itulah refrensi wisata bersama satwa pilihan Jempoltangan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.