Manfaat luar bias daun kelor

Inilah Manfaat Luar Biasa Daun Kelor Untuk Kesehatan

Posted on

Mungkin masih banyak dari kita yang belem mengetahui akan manfaat daun kelor, padahal daun kelor merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Tanaman kelor telah dikenal sejak lama yaitu sebagai tanaman yang kaya akan nutrisi dan mempunyai banyak sekali manfaat serta kasiat yaitu biasanya digunakan sebagai ramuan tradisional. Bahkan masyarakat mesir kuno telah memanfatkan daun kelor sebagai minyak yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat luar biasa daun kelor untuk kesehatn
Manfaat luar biasa daun kelor untuk kesehatn

Memang sebagian orang masih jarang yang memanfaatkan daun kelor sebagai obat atau jamu tradisional, padahal daun kelor merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Daun kelor sangat mudah sekali untuk ditemukan atau dijumpai, hampir di berbagai wilayah di Indonesia ini di tumbuhi oleh tanaman kelor ini. Daun kelor memiliki ciri – ciri tersendiri. Berikut ciri – ciri tanaman daun kelor.

Akar : Akar tungang,membesar seperti lobak, berwarna putih.

Biji    : Biji berbentuk bulat, berwarna coklat kehitaman, berubah setelah berumur sekitar 12 – 18 bulan.

Buah : Buah daun kelor berbentuk segitiga memanjang sekitar 20 – 60 cm yang biasa disebut dengan kelenteng, buah yang masih muda memiliki warna hijau sedangkan yang sudah tua berwarna coklat, buah daun kelor juga dapat disayur.

Bunga : Bunganya berwarna putih kekuning – kuningan sedangkan tudung pelepahnya bunganya berwarna hijau, bunga daun kalor kelur sepanjang tahun dengan mengeluarkan aroma yang semerbak.

Daun : Danun kalor berbentuk bulat telur dengan ukuran yang kecil – kecil, daun menjemuk, memiliki tangkai yang panjang, tersusun berseling, beranak daun gasal, helai daun di saat masih muda berwarna hjiau mudai dan dapat dimanfaatkan sebagai sayur atau obat.

Batang : Tanaman kalor mempunyai ketinggian batang kira – kira 7 – 11 meter, batang berkayu, berwarna putih kotor, percabangan simpodial, kulit tipis, arah cabang tegak atau miring namun cenderug tumbuh lurus dan memanjang.

Selain memiliki ciri – ciri yang khas danu kalor juga kaya akan manfaat yang sanggat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat daun kelor yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Baca juga : Tips, Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik dan Benar

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sanga berbahaya yang kerap kali di derita oleh sebagian orang. Diabetes dapat muncul karna disebabkan oleh sensitivitas hormon insulin yang berkurang, sehingga hal tersebut mengakibatkan tingkat gula darah dalam tubuh meningkat derastis. Menurut penelitian dari university of wiconsin lacrosse, menyebutkan bahwa mengkonsumsi daun kelor dapat membantu memberikan energi dalam tubuh tanpa gula. Dengan kata lain yaitu mengkonsumsi daun kelor secara rutin tidak akan menjadikan gula dalam tubuh naik.

Cara mengobati diabetes dengan memanfaatkan daun kelor

  • Siapkan segengam daun kelor yang masih dalam kondisi yang segar
  • Kemudian rebus daun kelor tersebut dalam 3 gelas air
  • Lalu didihkan rebusan daun kelor tersebut menjadi 1 gelas
  • Dan jangan lupa untuk di saring. Kemudian minum minimal 3 hari sekali dalam jangka waktu 3 bulan berturut – turut.
  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Sebagian penelitian penyebutkan bahwa daun kelor mengandung 4 kali vitamin A seperti wortel. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa vitamin A sangatlah baik sekali untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun kelor dapa membuat mata seseorang akan senantiasa jernih dan sehat. Tidak hanya itu saja, ternyata daun kelor juga dapat membantu dalam pengobatan mata. Caranya sangatlah mudah yaitu hanya dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin, atau dapat juga dengan cara membasuhkan air bekas rebusan daun kelor ke sekitar area mata yang yang sakit. Sebaiknya lakukan hal tersebut dengan hati – hati  supaya mata tidak mengalami iritasi.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Daun kelor mempunyai banyak sekali senyawa – senyawa yang bersifat anti inflamasi, antiseptik, dan anti jamur. Beberapa sifat itulah yang dapat membuat daun kelor sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan kulit.

  • Memperlambat proses penuaan dini.
  • Mengurangi radang jerawat
  • Melembabkan kulit
  • Mempercepat proses penyembuhan luka
  • Mencegah infeksi kulit
  1. Sebagai obat Sariawan

Sariawan dapat menyerang siapa saja baik anak kecil, orang dewasa, atau pun orang tua. Salah satu penyebab sariawan adalah karna kurang mengkonsumsi vitamin C. Ternyata daun kelor mengandung 7 kali lipat vitamin C. Maka bagi anda yang menderita sariawan, anda dapat memanfaatkan daun kelor untuk mengobati sariawan tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daun kelor bersifat anti inflamasi sehingga membuat daun kelor telah digunakan dalam sistem pengobatan kuna di india seperti untuk mengobati atau mencegah sakit maag, kerusakan ginjal, infeksi jamur, penyakit jantung, dan keluhan pada pencernaan. Selain itu ternyata daun kelor mengandung kalium yang dapat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, melebarkan pembuluh darah, dan memangkas kolestrol. Jika peredaran darah berjalan dengan lancar, maka kinerja jantungpun akan menjadi lebih ringan.

  1. Menjaga Kesehatan Otak dan Saraf

Daun kelor juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak serta saraf. Daun kelor dapat bekerja dengan meningkatkan hormon serotonin yang akan membuat perasaan  (mood ) akan lebih baik.

  1. Mengobati Pegel linu

Daun kelor mengandung senyawa yang bernama pterigospermin yang bersifat hangat jika menempel pada kulit seseorang. Sifat hangat dari senyawa inilah yang akan dapat membantu merileksi otot kram, kesleo, pegal linu. Berikut cara memanfaatkan daun kelor untuk mengobati pegal linu

  • Siapkan daun kelor secukupnya yang masih dalam kondisi yang segar
  • Kemudian tumbuk daun kelor
  • Kemudian tempelkan pada area yangmengalami permasalahan seperti pegal linu
  • Diamkan sebentar dan rasakan sensasi hangat dari daun kelor yang muncul.
  • Lakukan secara berulang kali hingga pegal linu yang diderita sembuh.

 

  1. Mencegah Osteoporosis

Daun kelor juga mengandung banyak sekali kalsium. Bahkan menurut para pakar ahli gizi, kandunkan kalsium yang terdapat pada daun kelor  berjumlah 4 kali lipat dari kalsium susu. Dimana kalsium sendiri memiliki peran yang sangat penting  di dalam meningkatkan kepadatan tulang sehingga daun kelor sangat baik untuk mencegah kekeroposan pada tulang.

  1. Menyembuhkan Rematik

Rematik disebabkan karena beberapa faktor salah satunya yaitu karna tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Biasanya penderita penyakit rematik akan mengalami rasa nyeri pada sendi. Untuk dapat mengatasi rasa nyeri tersebut anda dapat memanfaatkan daun kelor karna daun kelor mengandung potassium yang dapat mengurangi asam urat dalam tubuh.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu