manfaat bawang putih untuk kesehatan
manfaat bawang putih untuk kesehatan

Inilah Manfaat Luar Biasa Bawang Putih Untuk Kesehatan

Posted on

Mendengar kata bawang putih mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Bawang putih memang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh manusia terutama bagi anda yang berkecimbungan di bidang kuliner. Pada umumnya bawang putih dipergunakan sebagai bumbu masak berbagai masakan makanan atau kuliner yang ada saat ini seperti nasi goreng, sambal goreng, bakso, dan berbagai jenis makanan yang lainya. Dengan memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu masak tentu akan memberikan rasa yang lebih nikmat jika dibandingakan dengan menggunakan bumbu yang lainya.

manfaat bawang putih untuk kesehatan
manfaat bawang putih untuk kesehatan

Maka tidak heran lagi jika bawang putih hampir dipergunakan oleh berbagai olahan makanan yang ada. Selain terkenal sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih juga ampuh dalam menangkal berbagai jenis penyakit yang diderita oleh manusia. Berikut

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan dan mematikan. Ternyata bawang putih diyakini dapat mencegah penyakit kanker, karna bawang putih mengandung bahan organosulfida yang sangat bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang dapat mencegah kanker usus serta kanker perut berkurang. Cara memanfaatkan bawang putih sangatlah mudah yaitu anda dapat mencampurkan irisan bawang putih kedalam hidangan makanan anda.

  1. Bagus Untuk Penderita reumatik

Sering kali penyakit reumatik ini menganggu seseorang dalam menjalani aktivitasnya sehari – hari. Penyakit reumatik pada umumnya menyerang pada bagian sendi dan juga otot. Memang cukup sulit unuk menemukan obatnya, namun bawang putih dapat mengurangi sakit remuatik yang terjadi. Caranya cukuplah mudah yaitu anda hanya perlu mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Pasalnya bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang sangat penting bagi syaraf, otot, atau pun persendian.

Baca : juga Yuk, Cari Tahu Manfaat Tanaman Binahong Bagi Kesehatan

  1. Melancarkan Pencernaan

Bawang puih mengandung allicin yang ternyata dapat meredakan perut yang menghasilkan enzim sehingga membuat tubuh terasa nyeri serta kambung. Selain itu, allicin yang terkandung didalam bawang putih ternyata juga dapat merangsang dinding perut dan usus sehingga pencernaanpun dapat lancar. Maka bagi anda yang mengalami sulit buang air besar, anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk pelega perut. Caranya cukuplah mudah anda hanya cukup mengkonsumsi bawang putih yang dapat anda campurkan bersama dengan hidangan makan anda.

  1. Mengobati Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa diderita oleh siapa saja baik anak kecil, orang dewasa, maupun orang tua. Dan diantara kita pasti juga telah pernah merasakan sakit tenggorokan sehingga sakit tenggorokan tersebut membuat ketidak nyamanan pada tenggorokan. Salah manfaat dari bawang putih yaitu dapat mengobati sakit tenggorokan. Hal tewrsebut dikarnakan bawang putih mengandung allin dan allicin yang membuat rasa bawang putih agak panas sehingga dapat melegakan tenggorokan.

  1. Membantu Menghilangkan Varises

Biasanya varises terjadi pada orang yang sering kali melakukan tekanan dalam hal pekerjaan yang cukup berat. Ternyata bawang putih juga dapat berkasiat membantu varises yang sedang terjadi. Pengobatan dengan memanfaatkan bawang putih dapat dikonsumsi maupun dioleskan pada bagian kakai yang terkena varises.

  1. Mengobati Sinusitis

Bawang putih ternyata juga memiliki kandungan yang sama seperti allin yang dapat melawan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi anua. Penyakit sinusitislah yang paling banyak menyerang masyrakat di Indonesia maka ada baiknya jika mengobatinya dengan menggunakan bawang putih. Dan alangkah baiknya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

  1. Dapat Membantu Membersihkan Racun

Antioksida yang terkandung dalam bawang putih berguna membuang racun yang ada dalam tubuh. Biasanya bawang putih juga menjadi detok bagi tubuh.  Untuk caranya sangatlah mudah yaitu dangan cara konsumsi bawang putih secara rutin.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Bawang putih juga dapat mengatasi masalah rambut rontok yang sering kali dialami oleh seseorang. Bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut serta kulit kepala. Bahkan beberapa orang mengoleskan bawang putih mentah di kepala untuk dapat mencegah kebotakan.

  1. Mengobati Impotensi

Nitrit oksida yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat afrodisiak dan dapat menyembuhkan para penderita ipotensi. Kandungan tersebut dapat mengatasi ayahwat. Sama seperti halnya obat, mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengobati impotensi.

  1. Mengurangi Uban

Saat ini banyak kita jumpai banyak orang yang sudah beruban, terkadang hal tersebut tidak hanya dialami oleh orang yang sudah tua saja namun rambut beruban juga kerap kali dialami oleh anak – anak atau orang dewasa. Bawang putih memiliki berbagai kandungan termasuk diantaranya adalah seng, zink, mangan dan juga natrium yang mana beberapa kandungan tersebut dapat menutrisi pingmen rambut. Dengan adanya hal tersebut anda dapat mengurangi uban atau rambut putih yang terdapat pada kepala. Caranya sangatlah mudah yaitu gunakan usapkan bawang putih yang telah dihaluskan atau telah di iris tipis – tipis pada kulit kepala dan biarkan hingga meresap.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu