Manfaat dan Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan

Inilah Manfaat dan Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan

Posted on

Tidak asing lagi bagi kita tentang buah yang satu ini yaitu buah lemon. Buah lemon termasuk salah satu buah yang banyak di dinikmati oleh seluruh masyrakat yang ada di dunia ini. Buah lemon memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Biasanya buah lemon dijadikan sebagai campuran dalam berbagai macam keperluan seperti masakan, minuman dan juga sering kali di gunakan sebagai campuran suat ramuan.

Manfaat dan Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Buah Lemon untuk Kesehatan

Selain banyak digunakan sebagai campuran masakan atau minuman, ternyata buah lemon juga sering kali dijadikan  sebagi masker pada mata atau pada wajah atau biasa dijadikan sebagi minuman penyegar tubuh. Mungkin sering kali kita menjumpai beberapa minuman penyegar tubuh yang berbahan dasar dari buah lemon. Selain itu buah lemon juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan manusia. Manfaat yang yang dihasilkan buah lemon tentu besumber dari sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam buah lemonseperti protein, lemak, vitamin C, zat thiaminkalori, karbohidrat, vtamin B-6, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zat besi, dan kandungan yang lainya. Dengan beberapa kandungan  yang terdapat dalam buah lemon tentu sangat penting sekali terhadap kesehatan manusia. Berikut manfaat dan khasiat buah lemon bagi kesehatan.

Baca juga :Inilah Manfaat Luar Biasa Daun Kelor Untuk Kesehatan

  1. Merawat Kesehatan Mulut

Salah satu dari manfaat buah lemon untuk kesehatan tubuh adalah dapat digunakan untuk pembersih gigi. Selain itu buah lemon juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh berbagai macam faktor penyakit dan kondisi mulut itu sendiri. Maka bagi anda yang mengalami ganguan pada permasalahan bau mulut, anda dapat memanfaatkan buah lemon untuk dapat mengatasi bau mulut yang anda alami tersebut.

  1. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang lancar tentu angat dibutuhkan sekali bagi seseorang, namun terkadang terdapat beberapa orang yang mengalami gangguan terhadap masalah pencernaanya. Nah bagi anda yang mengalami masalah pencernaan anda dapat memanfaatkan buah lemon untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dapat mengkonsumsi jus buah lemon secara teratur. Buah lemon juga dapat meningkatkan gerakan peristaltik dai perut, membantu melancarkan buang air besar secara teratur sehingga dapat menghilangkan limbah di dalam tubuh dengan baik. Selain itu uah lemon juga bermanfaat dapat membantu masalah pencernaan lainya seperti mual di saat asam lambung naik. Namun anda juga harus berhati – hati karna buah lemon tidak cocok bila dicampurkan dengan susu.

  1. Menghentikan pendarahan Internal

Di dalam buah lemon terdapat kandungan antiseptik yang dapat menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Untuk menghentikan pendarahan pada hidung caranya sangat mudah, coba celupkan kapas kecil pada air perasn lemon dan letakan kedalam hidung.

  1. Mengatasi kulit Kering Pada Tumit Dan Lutut

Potongan dari buah lemon ini dapat mengatasi kulit kering pada lutut dan juga tumit. Untuk caranya sangatlah mudah, anda hanya cukup mengosokan potongan buah lemon pada sisi kulit kulit yang kering seperti yang terdapat pada tumit dan juga lutut, kemudia biarkan hingga meresap kedalam kulit dan tidak perlu anda bilas lagi dengan menggunakan air.

  1. Mengurangi Peradangan

Tingkat keasaman Dalam tubuh mengakibatkan timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya. Namuun beberapa jenis penyakit tersebut dapat diatasi dengan cara rutin mengkonsumsi airi lemon. Dengan rutin melakukan hal tersebut akan dapat menghilangkan asam urat yang terjadi yang merupakan penyebab utama terjadinya peradanagan.

  1. Menjaga kesehatan otak dan Saraf

Kalium yang terkandung dalam buah lemon sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan saraf sehingga dapat berfungsi secara optimal.

  1. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tidak hanya tanaman herbal saja yang mampu mengobati batuk, namun buah lemon ternyata juga sangat bagus untuk mengatasi penyakit pada tenggorokan. Bagi anda yang mengalami gangguan pada tenggorokan atau sakit tenggorokan , maka anda dapat memanfaatkan buah lemon untuk dapat mengatasi sakit tenggorokan tersebut. Caranya cukup mudah, anda cukup berkumur dengan air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok teh jus buah lemon. Namun jika anda menderita batuk dan pilek berikan air hangat dengan ditambahkan sedikit madu dan untuk rasa asamnya berikan setengah sendok teh jus lemon.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen yang merupakan salah satu zat penyusun kulit manusia dipengaruhi oleh kadar vitamin C yang ada dalam tubuh. Pembentukan kolagen akan semakin baik dan optimal jika vitamin C yang berada di dalam tubuh berada dalam jumlah yang memadai. Ini artinya, manfaat buah lemoan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi akan dapat memelihara kesehatan kulit dengan baik serta optimal.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Salah satu penyebab terjadinya kanker di dalam tubuh yaitu karna adanya radikal bebas yang berlebihan serta mengacaukan sistem tubuh. Bual lemon memiliki banyak sekali kandungan antioksida ( vitamin C ) yang mampu bekerja menangkal dan menimalisir adanya radikal bebas tersebut sehingga dapat melindungi tubuh dari terjadinya penyakit kanker yang sangat berbahaya dan mematikan.

  1. Mencegah Sesak Nafas Atau Asma

Penyakit asama merupakan salah satu jenis penyakit yang mengangu pernafasan seseorang. Manfaat buah lemon yang satu ini sangat bermanfaat sekali bagai merekan yang sedang menderita penyakit asma. Resiko terjadinya asma bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan dalam tubuh. Sebagian penelitian menyebutkan seseorang yang mengkonsumsi vitamin C yang cukup ternyata lebih jarang jika terkena serangan asma jika dibandingkan dengan seseorang yang kurang dalam mengkonsumsi vitamin C. Maka asupan vitamin C dal tubuh anda juga harus anda penuhi salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah lemon yang kaya akan vitamin C dan kandungan zat yang lainya yang sangat penting terhadap tubuh.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu