Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Tentu tidak asing lagi bagi kita tentang buah yang satu ini yaitu buah nanas. Buah nanas merupakan salah satu buah yang banyak di gemari oleh masyarakat terutama di Indonesia ini. Buah nanas sendiri sangat mudah untuk dijumpai, hampir di berbagai wilayah di Indonesia ini kita dapat menjumpai buah nanas ini. Rasa manis bercampur dengan asam pada buah nanas, sering membuat buah nanas dijadikan sebagai berbagai kuliner dan hidangan yang khas seperti rujak, selai nanas, asinan dan berbagai macam kuliner yang lainya.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Selain itu buah nanas juga sering kali dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat berbagai macam kuliner dan minuman. Hal tersebut dapat dibuktikan yaitu kita sering kali menjumpai beberapa olahan kuliner dan minuman segar yang menggunakan bahan campuran dari nanas sepeti ikan pangang saus nanas, bandeng goreng sambal nanas, jus nanas pemanja mulut, dan berbagai kuliner dan minuman yang lainya.

Buah nanas merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah subtropis dan tropis. Nanas juga merupakan tanaman buah yang berupa semak yang mempunyai nama ilmiah yaitu ananas comosus dan memiliki nama lain di berbagai wilayah di indonesia ini seperti di sunda orang menyebutnya dengan sebutan danas, di sumatera orang menyebutnya neneh dan masih banyak lagi nama sebuatn nanas yang lainya.

Kepopuleran buah nanas bukan semata – mata hanya karena rasanya yang manis keasam – asaman, namun kepopuleran buah nanas juga karnakan oleh kandungan nutrisi yang tinggi yang berada pada buah nanas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sepert manfaat buah nanas untuk diet, manfaat buah nanas untuk kecantikan, manfaat buah nanas untuk kolestrol, dan masih banyak lagi manfaat buah nanas yang lainya.

Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin serta mineral yang terdapat pada  buah nanas tentu sangat bermanfaat sekali bagi tubuh. Dalam buah nanas sendiri mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C serta bromelain. Buah nanas sendiri juga merupakan salah satu buah yang rendah kalori dan rendah kolestrol sehingga sangat baik bila dikonsumsi setiap hari. Selain itu serat yang terkadung dalam buah nanas juga akan meremajakan sel – sel dalam tubuh seperti pertumbuhan tulang atau pun kesehatan tulang itu sendiri dan masih banyak lagi manfaat buah nanas yang lainya. Berikut Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan.

Baca juga : Taukah Kamu? Apa Saja Manfaat Berolahraga?

  1. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karna efek antioksidan yang kuat. Selain itu kandungan zat asam aminon yang terdapat pada buah nanas juga dapat membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga dari ketersediaan energi pada tubuh supaya tidak kelelahan.

  1. Membantu pencernaan

Seperti pada umumnya sayuran dan buah – buahan lainya, nanas juga mengandung serat makan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaa. Dan dengan pencernaan yang lancar pasti tubuh kita juga juga akan sehat.

  1. Pencegah Deganerasi Makula

Deganerasi makula merupakan suatu kondisi orang dewasa yang sedang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan dari deganerasi makula ini mengakibatkan seseorang kesulitan dalam membaca serta mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terkandun pada buah nanas dapat memperdayakan penglihatan dan juga harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

  1. Menguatkan Tulang

Tidak hanya susu saja yang mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan hadir yang jumlahnya sangat melimpah yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu memperkuat tulang serta jaringan ikat. Secangkir jus nanas dapat memberikan sekitar 73% dari mangan.

  1. Meredakan Mual

Rasa mual yang terjadi pada seseorang dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah nanas atau jus nanas. Maka bagi anda yang kerap kali merasa mual seperti ketika akan melakukan perjalanan denga menggunakan kendaraan, maka anda dapat memanfaatkan buah nanas untuk meredakan rasa mual tersebut.

  1. Dapat Menyegarkan tubuh

Buah nanas juga dapat bermanfaat menyegarkan tubuh serta dapat menghilangkan rasa lelah. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi jus nanas secara rutin.

  1. Dapat Menjaga kesehatan Gusi Gigi

Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko peradangan pada gusi dan juga dapat mencegah pada penyakit yang lainya yang berhubungan dengan gusi gigi.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Katarak

Vitamin C yang terkandung pada buah nanas juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa asupan tinggi dari vitamin C akan sangat membantu dalam mengurangi penyakit katarak pada mata.

  1. Sebagai Sumber Energi

Vitamin B1 yang terkandung dalam buah nanas dapat bermanfaat untuk mengubah zat gula menjadi energi sehingga sangat disarankan bila mengkonsumsi buah nanas setiap hari dengan takaran yang tepat.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik tentu dapat mencegah berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh seperti penyakit pilek, sakit tenggorokan, batuk, bahkan penyakit parah sekalipun sepeti bronchitis. Kandungan bromelani yang terdapat pada buah nanas juga dikenal sebagai zat anti kanker. Maka menkonsumsi buah nanas akan dapat mencegah dari serangan penyakit kanker.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu