agama di negara indonesia
agama di negara indonesia

Inilah Beberapa Pengertian Agama Di Indonesia

Posted on

Manusia hidup sekali di dunia hanya untuk menyembah dan beribadah pada tuhan sesuai agama mereka, agama di Indonesia ini ada banyak sekali tapi yang paling umum hanyalah 5 saja yaitu : hindu, budha, Kristen, islam, konghucu yang mana semua itu mempunyai budaya dan kepercayaan masing-masing dan mereka semua merasa bahwa agama merekalah yang paling benar.

Dalam semua agama itu ada yang namanya tuhan yang mereka sembah seperti : hindu dan budha mereka menyembah para dewa-dewa, islam allah, Kristen isa al-masih, dll, itu semua mereka lakukan agar mereka dapat memiliki penjagaan ataupun pemberian dari tuhan mereka masing-masing agar hidup mereka dapat lebih berarti dan bermanfaat.

Adapun agama tersebut adalah, berikut :

  1. Hindu

agama hindu
Agama Hindu

Hindu adalah agama yang dominan di daerah Asian Selatan seperti India dan Nepal yang mana dalam agama hindu ini terdapat banyak ragam tradisi, adapun aliran agama ini ada berbagai aliran seperti : Sakta, Saiwa, dan Waisnawa dan juga beberapa pandangan luas tentang hukum dan etika tentang kegiatan sehari-hari seperti : norma, karma, dan darma kemasyarakatan, dan juga agama hindu ini di sebut sebagai agama tertua di dunia yang masih tetap dan bertahan dari dulu.

Agama hindu ini mempunyai nama lain yaitu “Sanatana-Dharma” yang berarti : jalan yang abadi, agama hindu ini juga meyediakan kewajiban kekal yang wajib di ikuti oleh seluruh anggota atau umatnya dengan tanpa memandang Kasta, Sekte, dan Strata yaitu seperti sifat kejujuran, pengendalian diri dan kesucian. Kata hindu ini sendiri juga berasala dari Bahasa Persia yang berarti “Sindhu” yang bermaksud nama sebuah sungai yang berada di bagian barat daya wilayah perairan Pakistan.

Salah satu contoh praktek ibadah orang hindu adalah seperti memuja atau membacakan doa, melakukan perayaan suci di hari-hari tertentu, dan pezirahaan. Dan yang paling unik dari kaum hindu ini adalah pada petapanya yang harus melakukan kegiatan ekstrim yaitu harus melakukan “tata brata” selama sisa hidup yang dia punya demi mendapatkan “Moksa”, orang hindu sendiri juga suka berziarah dengan memberikan tanaman hias bunga yang berwarna-warni.

Baca juga :  Tanaman Hias Bunga dan Penjelasannya

  1. Budha

agama buddha
Agama Buddha

Buddha merupakan agama nonteistik yang mana itu berasal dari anak benua india yang mencangkup berbagai kepercayaan, tradisi, hingga praktek spiritual yang mana sebagian besar itu semua berdasarkan pada salah satu ajaran yang di kaitkan dnegan “ Siddhartha Gautama”, menurut tradisi orang Buddha sendiri sang Buddha hidup dan mulai mengajar di daerah bagian timur anak benua india dalam waktu sekitar abad ke-6 hingga ke-4 dia di keal para umat sebagai sang guru yang sadar dan mengajarkan wawasan dia kepada seluruh umatnya.

Adapun agam budha sendiri juga di bagi menjadi dua aliran yaitu ahli “Theravada” Aliran Para Sesepuh dan Mahayana Kendaraan Agung. Vajrayana yang mana hal itu merupakan ajaran yang di hubungkan sebagai “Siddha India” dan juga dapat dianggap sebagai aliran ketiga yang berasal dari aliran Mahayana yang tersebar luas di daerah Sri lanka, dan juga Asia Tenggara.

Semua aliran Buddha berpegang teguh dengan pada Tripitaka yang menjadi tujuan utama karena di dalam hal itu terdapat catatan ajaran sang Buddha Gautama yang memang para muridnya mencatat semua itu. Dan hari raya para Buddha adalah Waisak, Kathina, dan Asadha.

  1. Kristen

agama kristen
Agama Kristen

Kristen merupakan agama yang berasas tentang riwayat hidup dan juga ajaran Yesus Kristus yang memang termasuk inti sari dari agama Kristen ini, agama Kristen inilah merupakan agam terbesar di dunia dengan penganut sebanyak 2,4 miliar atau sekitar 33% dari populasi global, dan orang yang bisa di sebutorang Kristen merupakan orang yang percaya bahwa yesus atau isa itu anak Allah dan juga juru sebagai penyalamat umat manusia yang telah di jelaskan dalam alkitab perjanjaian lama.

Agama Kristen merupakan salah satu agama Abrahamik yang memang berwal dari sebuah sekte agama yahudi dan pada pertegahan abad masehi sekte ini menyebar luas ke bagian eropa, asia kecil, mesir, dll, hingga akhir abad ke-4  telah resmi menjadi agam yang dianut oleh kekaisaran romawi dan akhirnya menyebar lagi ke berbagai benua sebab penjajahan bagsa romawi.

Karena akibat skisma dan juga pertentangan akhirnya agama ini memunculkan berbagai macam gereja dan denominasi dan memiliki tiga cabang agama Kristen yang teresar yaitu : Gereja Ortodoks Timur, Gereja Katolik, dan macam-macam denominasi dari mazhab prostestan, adapun kepercayaan adalah  pada kitab injil yang mana mereka para Kristian sering melakukan ibadah di hari selain minggu dan mengikuti “tuntunan roh kudus” dengan mengikuti tata cara tersendiri dalam kegiatan tersebut, adapun ibadah mereka dapat di sesuaikan berdasarkan acara-acara khusus seperti : pernikahan, natal, paskah, dll, dan salah satu agama kristen di indonesia yang paling banyak ialah kristen katolik dan kristen protestan.

  1. Islam

agama islam
Agama Islam

Merupakan agama yang paling terakhir di bandingkan agama yang lainnya karena memang islam ini mulai lahir sejak kedatangan nabi Muhammad setelah nabi isa yang menyebarkan agama tentang kitab injil, agama islam ini juga di dapatkan oleh nabi Muhammad di dalam goa hiro dengan bantuan malaikat jibril yang memandu nabi Muhammad untuk membaca dan juga menasihati, setelah nabi Muhammad ini merasa ahwa dirinya sudah mantap dan percaya maka dengan lagsung dia menyebarkan agama islam ini mulai dari keluarga terdekatnya hingga akhirnya di sebarkan dengan terang-terangan.

Mula-mula memang agama islam ini di tolah mentah-mentah oleh kaumnya tapi karena kerja keras dan doa nya nabi Muhammad ini akhirnya banyak pengikut yang mengikuti nabi Muhammad dan sampai akhirnya agama ini menyebar hingga ke semua benua. Islam ini berawal dari satu ajaran dank arena banyaknya perpecahan akhirnya banyak para umat islam yang membuat ajarannya sendiri hingga akhirnya agama islam ini terbagi menjadi 73 agama.

Agama islam sendiri juga berpedoman pada kitab “ Al-Quran”yang memang menjadi pedoman semua ajaran islam, islam sendiri juga mempunyai tata cara beribadah sendiri dan juga hari raya sendiri, salah satu ubadah yang wajib di lakukan oleh semua umat islam adalah : Sholat lima waktu, puasa, dll, adapun hari raya umat islam sendiri ada 2 yaitu hari raya idul fitri dan juga idul adha yang semua itu ditentukan berdasarkan kalender islam yang sudah di tetapkan.

  1. Konghucu

agama konghucu
Agama Konghucu

Konghucu merupakan agama yang selanjutnya yang mana agama ini paling akhir munculnya di negara Indonesia ini, dulu presiden soeharto melarang segala aktifitas yang berbau budaya “Tionghoa” yang akhirnya para pemeluk ini dianggap sebagai para komunis karena tidak diakui keberadaanya oleh semua agama di Indonesia dan mereka diharuskan untuk memeluk salah satu agama yang ada di Indonesia seperti : Hindu, Buddha, Kristen, dll, karena berjalannya waktu akhirnya agama ini dianggap dan di dirikan di Indonesia, dan adapun kitab agama ini dibagi menjadi 2 yaitu Wu jing dan Si Shu dan ada juga Xiao Jing. Salah satu hari raya agama ini adalah imlek, hari lahir konghucu, hari wafat konghucu, hari genta rohani, dll.

Dan mungkin itulah 5 agama yang umum dan banyak di negara Indonesia ini sendiri dan memang sebenarya masih ada beberapa tapi agama inilah yang memang banyak di Indonesia dan juga manca negara, dan yang terpenting dari semua perbedaan itu adalah janganlah saling menjatuhkan teman walaupun mereka berbeda agama dengan kita, semoga bermanfaat.