Iman kepada Allah
Iman kepada Allah

Inilah, 6 Rukun Iman dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui

Posted on

Semua agama mempunyai pedoman masing-masing agar agama yang dia ikuti mempunyai sebuah tujuan yang dapat dia raih agar tidak salah dalam memilih jalan hidup, setia agama mempunyai pedoman yang berbeda seperti : islam berpedoman al-quran, Kristen berpedoman injil, dll, dan di bawa pedoman itu ada asas atau landasan yang membuat kita yakin betul dan mantap dengan agama yang kita tetapi.

Dalam agama islam asas atau landasan ini biasa disebut “rukun iman”, rukun iman di buat agar para muslim dapat lebih kuat dan mantap keimanannya dalam menghadapi banyak hal-hal jelek atau godaan dari luar agama yang mungkin dapat memegaruhi kita.

Rukun iman merupakan landasan para muslim yang sudah ada sejak zaman nabi Muhammad agar para muslim dapat percaya bahwa di dunia ini ada banyak hal yang harus di Imani atau di percayai agar dirinya bisa melakukan ibadah di dalam agama itu dengan tenang dan nyaman.

Baca juga : Inilah Beberapa Pengertian Agama Di Indonesia

Oleh karena itu berikut 6 rukun iman dan penjelasannya yang wajib di ketahui :

  1. Iman Kepada Allah

Iman Kepada Allah
Iman Kepada Allah

iman kepada Allah merupakan hal yang paling penting karena sudah jelas sekali bahwa Allah adalah tuhan kita dan sangat wajib sekali untuk di Imani atau di percayai sebab Allah berfirman :“Tidak kuciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah kepada ku Allah” yang berarti bahwa Allah lah yang menciptakan kita dan tentunya kitalah yang wajib mensucikan dan menyembah kepadanya karena dialah tuhan kita.

  1. Iman Kepada Malaikat

Iman Kepada Malaikat
Iman Kepada Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah yang paling patuh kepada Allah dan tidak pernah menentang, tidak mempunyai rasa lapar, dan juga hawa nafsu, dan juga setiap hari semua malaikat mengerjakan hal-hal yang diperintah oleh Allah seperti : raqib dan atid yang mencatat amal baik dan jelek kita, izrail yang mencabut nyawa manusia, dll, walaupun mereka semua itu gaib atau tidak dapat di lihat tapi sebagai orang muslim kita perlu memepercayai mereka malaikat.

Karena sudah terbukti bahwa nama-nama mereka sudah muncul di al-qur’an maupun al-hadist yang itu semua seudah lebih dari cukup untuk menjelaskan keberadaan mereka benar-benar ada.

  1. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Dalam dunia ini Allah memberikan 4 kitab kepada 4 nabi yaitu :

  • Nabi Dawud bersama kitab Zabur
  • Nabi Musa bersama kitab Taurot
  • Nabi Isa bersama Kitab Injil
  • Nabi Muhammad kitab Al-Qur’an

Yang itu semua merupakan pedoaman atau acuan bagi manusia pada zaman itu, hingga akhirnya semua kitab itu di sempurnakan oleh kitab Al-Qur’an yang menjadi kitab terakhir umat manusia yang semua peraturan orang dulu sudah ada dan di jelaskan dalam Al-Qur’an  dengan penjelasan yang lengkap lagi benar.

Oleh karna itu sebagai orang islam kita perlu mengimani kitab-kitab sebelum Al-Qur’an karena memang Al-Qur’an sendiri sebenarnya berasal dari kumpulan kitab-kitab sebelumnya.

  1. Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Iman Kepada Rasul-Rasul Allah
Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Rasul Allah adalah orang yang menyampaikan atau memperjuangkan suatu peraturan yang langsung dari Allah dan memang dia merupakan utusan dari Allah, yang mana di Al-qur’an ada 25 nabi atau rasul yang wajib di ketahui dari zaman nabi Adam hingga nabi Muhammad.

Para rasul ini wajib di ketahui dan dipercaya karena memang rasul inilah yang sudah berjuang untuk manusia agar terhindar dari kesesatan yang merajalela di kehidupan manusia saat itu.

  1. Iman Kepada Hari Kiamat

Iman Kepada Hari Kiamat
Iman Kepada Hari Kiamat

Hari kiamat merupakan hari dimana menjadi akhir bagi manusia untuk beribadah kepada Allah di dunia dan di hari itulah semua manusia akan masuk di alam selanjutnya yaitu alam akhirat yang semua amalan mereka akan di hitung di alam akhirat itu, kiamat dalam al-qur’an dijelaskan akan terjadi saat dunia benar-benar dalam keadaan buruk sekali.

Sebagia orang islam wajib sekali percaya pada datangnya hari kiamat nanti karena nabi pernah bersabda : “ tidak ada bertambahnya tahun kecuali tahun itu lebih buruk dari pada tahun sebelumnya “, Ini menjelaskan bahwa kiamat pasti akan datang dan hanya Allah lah yang tau.

  1. Iman Kepada Qada’ dan Qadar

Iman Kepada Qada' dan Qadar
Iman Kepada Qada’ dan Qadar

Qada’ adalah adalah kejadian yang sudah terjadi dan asli pada diri kita dan tidak bisa kita rubah lagi seperti : jenis kelamin kita laki atau perempuan, orang tua kita yang sudah merawat kita, dll, itu semua merupakan hal yang sangat tidak mungkin untuk di rubah meskipun bisa akan sangat sulit sekali.

Sedangkan qadar adalah kejadian yang sudah atau akan terjadi di masa lalu, sekarang, dan juga masa depan, yang ini semua masih bisa dirubah dengan usaha dan do’a seperti : kita malas belajar dan akhirnya kita mendapat nilai jelek di kelas, tapi apabila kita rajin belajar dan selalu berdo’a maka bisa saja kita menapatkan nilai yang baik di sekolah, dan 2 hal itu semua tergantung bagaimana cara kita menanggapinya.

Baca juga : Pengertian dari 5 Rukun Islam

Dan mungkin itulah 6 rukun iman dan penjelasannya yang wajib di ketahui terutama kita sebagia orang islam, semoga bermanfaat.