Acara Resepsi Pernikahan Modern

Ini Dia Susunan Acara Resepsi Pernikahan Yang Modern

Posted on

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Berjalan atau tidaknya sebuah acara pernikahan itu tergantung dari susunan acara pernikahannya. Jika susunan acara pernikahannya bisa berjalan dengan tepat dan sesuai dengan apa yang di rencanakan, maka acara pernikahan tersebut akan berjalan dengan lancar.

Di Indonesia banyak variasi pernikahan, karena negara Indonesia memiliki banyak adat istiadat yang berbeda-beda. Walaupun banyak adat pernikahan yang berbeda-beda, namun ada juga pasangan yang ingin acara resepsinya seperti acara yang modern. Alasannya, resepsi pernikahan yang modern lebih simple dan tidak ribet dari pada resepsi yang harus mengikuti adat istiadat.

Yang terpenting adalah mau seperti apapun acara resepsinya tetap harus merencanakan dan mengkonsep acara pernikahan dengan baik. Dari penyebaran undangan, sewa tempat, tamu undangan sampai makanan yang akan disajikan seperti apa. Jangan sampai di saat acara berlangsung, tamu undangan merasa tidak nyaman dengan acara pernikahan mu.

Nah, di bawah ini ada beberapa susunan acara resepsi pernikahan yang modern. Yang bisa membantu kamu yang masih bingung untuk membuat susunan acara pernikahan yang modern.

  1. Acara pembukaan oleh MC

Untuk mengawali acara sebuah pernikahan, maka acara yang pertama bisa dimulai dengan acara pembukaan MC terlebih dahulu, karena dengan pembukaan oleh MC akan menandakan bahwa acara pernikahan sudah dimulai. Sementara untuk kedua mempelai dan pihak keluarga bisa mempersiapkan diri untuk menjalankan acara resepsi pernikahan.

  1. Kirab Pengantin

Acara berikutnya adalah acara kirab pengantin. Kirab pengantin dilaksanakan pada saat kedua mempelai akan masuk ke venue pernikahan menuju panggung pelaminan. Kedua mempelai akan di sambut oleh tamu undangan yang sudah siap untuk menyambut pengantin.

Biasanya saat pengantin berjalan menuju pelaminan maka akan diikuti atau diiringi oleh orang tua dari kedua belah pihak, keluarga inti, atau bridesmaids dan groomsman. Dilaksanakannya kirab pengantin suapaya acara pernikahan terkesan lebih mewah.

Disinilah para tamu undangan akan penasaran dengan penampilannya kedua mempelai. Dan untuk pengantin, pada saat berjalan menuju pelaminan jangan sampai gerogi, karena di saat itulah pusat perhatian semua tamu undangan menuju kepada kedua mempelai.

Pastikan supaya selalu tetap tersenyum dan jangan hanya melihat ke bawah saja, lihatlah ke arah tamu undangan sambil tersenyum. Saat acara kirab pengantin ini, kamu bisa memilih iringan musik klasik yang nyaman di dengar untuk menemani langkahmu menuju pelaminan.

  1. Acara Sambutan dan Doa

Setelah kedua mempelai dan pihak keluarga berada di atas pelaminan, acara akan dilanjutkan dengan acara sambutan dari perwakilan salah satu pihak keluarga. Isi dari sambutan biasanya ucapan terima kasih kepada tamu undangan dan juga minta doa dan restu untuk kedua mempelai. Kemudian di lanjutkan dengan acara doa di pimpin oleh pemuka agama sesuai dengan agama masing-masing.

  1. Wedding Toast atau Bersulang

Wedding Toast merupakan ritual minum bersama para tamu undangan yang bermaksud sebagai rasa terima kasih atau simbol kebahagiaan. Acara ini di awali oleh kedua mempelai lalu diikuti oleh para tamu undangan. Acara ini boleh diikuti sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

  1. Acara Potong Kue dan Saling Suap

Acara selanjutnya yaitu potong kue pengantin kemudian kedua mempelai saling suap menyuapi. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Romawi dulu. Tapi tradisi ini masih dilaksanakan sampai sekarang. Karena tradisi potong kue pengantin dan saling suap merupakan simbol kasih sayang dan simbol supaya tetap saling menjaga selamanya.

  1. Acara Makan Bersama dan Mengucapkan Selamat

Acara inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan, yaitu makan bersama. Tapi sebelum acara makan bersama berlangsung, MC memandu para tamu undangan untuk memberi ucapan selamat kepada pengantin. Seperti biasanya, setelah mengucapkan selamat, para tamu undangan akan naik satu persatu menuju pelaminan untuk bersalaman dengan pengantin dan dilanjut dengan foto bersama.

  1. Lempar Bunga

Acara yang terakhir adalah lempar bunga. Cara melaksankannya yaitu mempelai wanita akan menghadap membelakangi para tamu undangan sambil memegang rangkaian bunga. Kemudian mempelai wanita melemparnya ke arah para tamu undangan . Karena ada yang mengatakan jika ada wanita yang berhasil menangkap rangkaian bunga, maka akan segera menyusul menuju pelaminan maksudnya akan segera menikah.