permen jelly

Ini Dia Cara Membuat Permen Jelly yang Kenyal Dan Aman

Posted on

Pasti semua orang sangat suka dengan yang namanya camilan. Apalagi kalau lagi gabut atau boring, pasti pengennya ngemil. Tapi kalau ngemilnya itu-itu aja, bosen juga ya! Ada saran nih buat kamu, camilan yang bisa dibuat di rumah sendiri. Yaitu permen jelly.

Permen jelly sangat digemari oleh anak-anak bahkan orang dewasa pun juga suka dengan permen jelly. Selain rasanya yang manis, permen jelly juga kenyal. Dan juga tampilannya yang menarik, yaitu memiliki banyak variasi bentuk dan warna serta di taburi dengan gula halus yang manis. Sehingga ingin terus dimakan.

Kalau kita biasanya melihat permen jelly di pasar-pasar yang sudah ada kemasannya. Tapi, kan kita juga tidak mengetahui apakah permen-permen itu mengandung pemanis, pengawet atau tidak. Maka dari itu lebih baik membuat permen jelly di rumah sendiri, yang benar-benar terjamin akan kesehatannya dan juga lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain untuk camilan, permen jelly juga bisa untuk tambahan referensi jajanan di hari raya lho! Karena di hari raya banyak sekali tamu yang datang, terutama anak-anak. Maka dari itu camilan yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Variasi bentuknya seperti bulat, persegi, segitiga, runcing, burger bahkan sampai ada jelly gulung, menjadikan siapa saja ingin mencicipinya.

Jika kamu ingin menjualnya juga bisa lho! Apalagi saat mendekati hari raya. Pasti banyak yang ingin membelinya, apalagi bagi orang yang tidak mau ribet. Biasanya harganya mencapai harga 90 ribuan lho! Hmm..lumayan juga ya harganya.

Bagaimana cara membuat permen jelly tanpa bahan pengawet?

Nah, di bawah ini ada panduan untuk membuat permen jelly tanpa bahan pengawet dan aman.

 

Yang pertama, kamu harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahannya juga sangat mudah ditemukan dan sederhana saja kok. Bahannya yaitu:

  • 3 gelas uk. Standar gula pasir
  • 3 gelas uk. Standar air
  • 3 bungkus agar agar swalow plain (tanpa rasa)
  • Pasta rasa buah
  • 50 gram gula halus

Cara membuatnya yaitu:

  1. Campurkan agar agar, gula pasir dan air di dalam panci. Masak dengan api sedang.
  2. Aduk agar agar sampai gula larut supaya tidak lengket. Tunggu hingga mendidih.
  3. Pisahkan agar agar yang sudah matang menjadi beberapa bagian. Lalu berilah pasta sesuai selera dan rasa yang diinginkan.
  4. Lalu tuangkan pada cetakan atau loyang, kemudian diamkan hingga adonan mengeras.
  5. Jika adonan dituangkan pada loyang, maka potong-potonglah adonan permen jelly sesuai selera. Tapi jika sudah memakai cetakan, tidak perlu di potong lagi.
  6. Jemur di bawah panas matahari kira kira selama 2 sampai 3 hari. Tunggu hingga permen jelly kering dan mengeluarkan kristal.
  7. Setelah kering, masukkan permen jelly ke dalam toples kedap udara, agar permen jelly bisa bertahan lama.
  8. Jika kristal gula yang keluar hanya sedikit, maka kamu bisa menambahi taburan gula halus. Supaya terlihat cantik dan menarik juga.
  9. Permen jelly siap disajikan dan dinikmati.

Nah, mudah bukan membuat permen jelly sendiri di rumah. Jika membuatnya sendiri kan kita jadi tahu persis apa saja kandungan yang ada di dalam permen jelly. Sehingga aman dan sehat untuk anak-anak bahkan orang dewasa juga.

Semoga cara membuat permen jelly di atas bisa membantu kamu yang ingin berinvestasi dan juga untuk menambah referensi kue lebaran kamu. Selamat mencoba!