fotografer profesional
fotografer profesional

Ingin Menjadi Fotografi yang Handal dan Profesional?

Posted on

Pada umumnya banyak yang beranggapan bahwa fotografi dan fotografer itu sama. Padahal pengertian nya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Fotografi adalah sebuah aktivitas sedangkan fotografer adalah orang yang melakukannya. Keduanya memang berkaitan, sehingga wajar saja kalau sebagian orang masih beranggapan yang salah atau keliru dalam pengucapan.

Masih banyak kalangan awam yang ingin mengetahui perbedaan antara fotografer dan fotografi. Mungkin di benak kalian, ada pertanyaan “apakah semua orang yang memegang kamera disebut dengan fotografer?”, mungkin ada juga yang bertanya “apakah foto dengan smartphone merupakan aktivitas fotografi?”. Hal ini cukup membuat bingung apalagi bagi pecinta fotografi yang masih pemula.

fotografi keren
fotografi keren

Fotografi merupakan proses melukis atau menulis menggunakan media cahaya. Secara umum, fotografi diartikan sebagai proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya.

Elliott Erwitt adalah fotografer terkenal, dia mengungkapkan bahwa fotografi merupakan seni observasi. Ansel Adams, sang fotografer terkenal mengatakan bahwa fotografi sebagai media berekspresi dan komunikasi yang kuat, menawarkan berbagai persepsi, interpretasi, dan eksekusi yang tak terbatas. Tidak hanya dari kedua fotografer tersebut, fotografer handal di Indonesia yang bernama Yudhi Soerjoatmodjo, dia mengungkapkan bahwa fotografi merupakan media komunikasi dan alat dialog. Fotografi memiliki fungsi yaitu secara dokumentatif, informative, dan bagian dari seni.

Dapat disimpulkan bahwa fotografi merupakan aktivitas mengambil gambar melalui kamera untuk menghasilkan karya seni dan dapat dinikmati oleh diri sendiri maupun public. Fotografi memiliki bermacam-macam teknik yang dapat menghasilkan berbagai karya yang membuat sebagian orang tertarik untuk melihatnya. Diantaranya terdapat fotografi landscape, hurmanis, portrait, dan masih banyak lagi. Sudah cukup faham bukan tentang fotografi?

fotografer handal
fotografer handal

Fotografer adalah orang yang melakukan aktivitas fotografi. Fotografer lebih komplek jika dilihat dari kegiatannya yaitu ada fotografer profesional dan hobi. Fotografer professional adalah orang yang bekerja dengan konsentrasi tinggi dan dia cenderung menjelajahi sesuatu secara mendalam. Sehingga gambar yang di hasilkannya bisa memiliki harga jual yang tinggi, karena tidak hanya dari segi angle saja melainkan seni yang dihasilkan. Fotografer profesiinal akan banyak menghabiskan waktu untuk mendapat angle yang pas supaya hasil gambar dapat menciptakan seni yang luar biasa.

Fotografer merupakan hobi dari seseorang. Fotografer hobi adalah orang yang hanya menyukai aktivitas fotografi namun tidak terlalu memperhatikan nilai seninya.

Ingin menjadi fotografer yang handal dan professional?

Segala sesuatu butuh proses. Sama halnya menjadi seorang fotografer professional. Fotografer professional merupakan penghargaan untuk semua fotografer. Fotografer professional merupakan karir yang sangat baik untuk menunjukkan bakat seseorang. Dunia fotografi merupakan bidang yang penuh dengan persaingan. Maka dari itu, bersiaplah untuk memulainya dari hal-hal yang kecil. Kemudian sempurnakan keterampilan tersebut dengan menciptakan portofolio yang berisikan karya-karya terbaik yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjadi fotografer yang professional :

jasa fotografi
jasa fotografi

 

  1. Pemotretan

Tak ada yang instan, semua butuh proses. Supaya menghasilkan jepretan yang bagus tentu saja butuh proses. Kamu harus banyak latihan dan belajar tentang fotografi. Banyak orang yang beranggapan bahwa menjadi fotografi professional harus dengan belajar di sekolah fotografi. Namun bukanlah seperti demikian itu. Kamu pun hanya dapat melakukan dengan belajar membaca buku mengenai fotografi atau bertanya kepada orang-orang yang telah berpengalaman serta melakukan percobaan sendiri. Hal ini akan meningkatkan keterampilanmu dalam memotret.

  1. Menggunakan peralatan yang tepat

Jenis peralatan yang digunakan selama pemotretan tergantung pada jenis pemotretan yang Anda lakukan. Pada umumnya, diperlukan 2 kamera dan lensa yang bervariasi untuk situasi yang berbeda-beda. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan perangkat lunak yang tepat untuk melakukan pasca pemotretan agar dapat menciptakan gambar yang bagus. Harus di ingat, bahwa semua tergantung pada jenis peralatan yang Anda lakukan. Gunakanlah alat yang tepat untuk setiap pemotretan.

  1. Kenali kamera yang Anda miliki

Kamera memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan gambar yang indah nan bagus. Sebelum membeli kamera, belajarlah terlebih dahulu mengenai pengaturan dan ciri khas dari kamera. Untuk menjadi fotografer yang handal, benar-benar mahir, maka diperlukan belajar dan berlatih.

  1. Belajar cara mengedit hasil

Menggunakan perangkat lunak yang tepat selama proses pemeriksaan (editing) diperlukan pembelajaran. Perangkat lunak yang berkualitas dapat membantu untuk menciptakan gambar yang luar biasa.

  1. Mencari tahu keahlian/keterampilan Anda

Mencobalah untuk mengambil gambar di setiap jenis fotografi yang Anda suka. Misalnya foto pernikahan, olahraga, pemandangan, dan lain sebagainya. Jika sudah mencobanya, cari tahulah bidang keahlian yang Anda miliki, dan gunakanlah hal tersebut untuk menciptakan keuntungan dalam bisnis yang akan Anda tempuh.

Dapat diambil kesimpulannya, untuk menjadi seorang fotografer yang handal dan professional perlu membutuhkan waktu, dan proses. Tampilkan karya-karya yang Anda miliki, yang indah nan menarik dalam bentuk portofolio agar bisa dilihat oleh semua orang. Jangan putus asa ketika Anda baru saja memulai, tapi teruslah berusaha walaupun sulit. Perjuangan dan kerja keras akan selalu dihargai dengan hasil yang menggembirakan. Selalu buatlah yang terbaik dan teruslah mencoba.

Saran dan kritik bisa menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com.