hewan unik dan langka
hewan unik dan langka

Mari Ketahui Hewan Unik dan Langka Didunia

Posted on

Mari Ketahui Hewan Unik dan Langka Didunia

Hewan unik dan langka – hewan unik dan langka di dunia itu ada banyak dunia ini dan juga memiliki beberapa spesies. Tapi, kalo ngomongin langka pastinya banyak hewan yang langka dan hanya ada di negara tertentu. Dan hewan langka ini sangat sulit untuk kita temukan di dunia bahkan saangat jarang kita temui.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang hewan unik dan langka didunia. Mungkin seperti yang anda ketahui bahwa yang unik itu biasa dari bentuk nya atau warna kulit,bentuk kelitnya, dan hal-hal lainnya. Dan disini kami akan memberitahu anda hewan yng unik dan juga langka. Adapun hewan unik dan langka adalah,sebagai berikut:

Babi Laut

babi laut
babi laut

Mungkin ditelinga anda sangat asing emang ada ya? Perasan hewan darat yang ada dilaut itu seperti kuda laut, singa laut, dan anjing laut. Namun, hewan ini diberi nama babi laut, karena kalo dilihat dari bentuk dan juga warna pucatnya itu seperti babi yang ada didarat. Babi laut sangat berbeda dengan hewan lainnya yang mempunyai tulang di punggung.

Babi laut ini seperti teripang atau timun laut tapi bentuk yang unik dan hampir menyerupai seperti babi. Babi laut ini memiliki beberapa spesies, namun beberapa spesies sudah diketahui oleh manusia dan semua spesies babi itu digolongkan genus scotoplanes. Babi laut ini bisa anda temukan diseluruh samudera dengan kedalaman lebih dari 1.000 m.

Maka dari itu, babi laut ini jarang dijumpai oleh manusia, babi laut ini memiliki panjang tubuh sekitar 10-15 cm. Dan babi laut ini mempunyai tentakel yang ada dibawah badannya yang berjumlah 5 – 7 tentakel. Dengan tentakelnya itu babi ini bisa menjelajahi dasar laut dan habitatnya, seperti hewan teripang lainnya yang menjelajahi dasar laut dengan tentakelnya.

Babi laut ini juga memiliki 2 tentakel yang ada ditubuhnya penelitian mengatakan bahwa tentakel digunakan untuk menjaga keseimbangan. Namun, masih belum diketahui secara pasti dan juga tepat. Desekeliling mulutnya juga ada tentakel yang berfungsi untuk menyaring makanan yang tercampur dengan lumpur dan pasir laut.

Namun babi laut ini sangat sulit di jumpai dan diamati karena hewan ini hidup berada diribuan meter dasar laut. Namun, hewan ini diperkirakan ketika masih larva hewan ini tergolong zoonplankton, tapi ketika sudah berukuran tertentu hewan ini jatuh dan melanjutakn hidupnya di bawah laut sebaagai hewan penghuni dasar laut.

Jadi, babi laut ini sangat terancam punah karena, sering terjerat oleh jaring pukat laut. Karena tanpa sengaja hewan babi laut ini terjerat oleh jairng.

Ikan Vampir

ikan vampir
ikan vampir

Ikan ini mempunyai nama sea lampreys dan bentuk ikan ini seperti belut, namun ketika belut ini mau memangsa ketika iakn ini membuka mulut ikan ini memiliki beberapa gigi yanng runcing dan tajam. Hewan ini memangsa dengan cara menghisap darah ikan lainnya. Namun, hewan ini telah hilang sejak tahun 90-an.

Hilangnya ikan ini disebabkan karena polusi air dan revolusi indrustri di Inggris. Hewan ini termasuk salah satu hewan yang bisa tumbuh mencapai tiga meter. Dan sekarang hewan ini ditemukan lagi perairan Inggris tepatnya di sungai Derwent, Yorkshire. Bagaimanapun wujudnya ikan ini, ikan ini sangat tidak berbahaya bagi manusia.

Kembalinya ikan ini merupakan kabar baik bagi manusia, ikan ini ditemukan di sungai atau perairan Inggris. Karena, dengan adanya ikan ini polusi menjadi menurun dan ekosistem di laut atau sungai menjadi lebih sehat. Ikan ini tidak tergolong ikan zaman sekarang seperti salmon dan tuna, namun ikan ini sudah hidup sejak 200 juta tahun sebelum dinosaurus.

Ikan vampir ini termasuk golongan vertebrata tertua yang pernah ada, ikan ini pada tahun 19-an terkenal sebagai hidangan yang sangat digemari oleh kaum roma, viking, dan juga keluarga inggris.

Soala

soala
soala

Soala ini bentuknya seperti kambing tapi, hewan ini termasuk salah satu hewan yang terancam punah dan paling langka dibumi. Hewan ini berasa dari laos dan vietnam, hewan ini memiliki tinggi sekitar 3 meter. Saola ini memiliki telinga yang panjang, ekor yang pendek, dan terdapat bintik-bintik putih dan garis-garis dibagian kepalanya.

Ichthyophis Kohtaoensis

Ichthyophis kohtaoensis
Ichthyophis kohtaoensis

Ichthyophis kohtaoensis hewan ini termasuk hewan yang langka, hewan ini bentuknya seperti ular yang memiliki tubuh yang panjang dan ekor yang runcing. Hewan ini termasuk amfibi yang berasal dari Laos, Kamboja, dan Thailand. Hewan ini memiliki tubuh yang berwaran abu-abu dan dibagian perutnya berwarna kuning.

Reptil yang satu ini termasuk salah satu reptil yang sangat unik, karena sesaui fakta bahwa reptil yang satu ini memiliki dua otot untuk mengontrol rahang.

Monito Del Monte

Monito Del Monte
Monito Del Monte

Monito del monte ini adalah istilah nama dari Spayol sebenarnya adalah monyet kecil, diberi nama ini itu untuk menipu. Monito del monte ini sebenarnya hidup di chili dan argentina, spesies yang satu ini dianggap sudah punah lebih dari 11 juta tahun. Hewan ini hidup dipohon-pohon yang tropis, monyet kecil ini berwarna coklat tebal seperti tikus.

Monyet kecil ini mempunyai ekor yang panjang untuk membantu mengayun-ayun ketika diranting pohon. Monyet kecil ini bnetuknya hampir sama dengan tikus yang mempunyai waran kulit coklat, telinga runcing, ekor panjang. Hal-hal yang membedakan hewan ini dengan tikus adalah hewan ini memiliki mata yang besar dan juga hidup di pohon-pohon tropis.

Olm

Olm
Olm

Olm atau bisa juga disebut proteus (proteus anguinus) ini merupakan hewan amfibi dari perairan karst dinarik. Olm ini adalah salah satunya spesies genus proteus dan juga termasuk salah satu spesies yang mendiami gua. Olm ini juga disebut sebagai hewan yang mirip seperti manusia, karena warna kulitnya itu sama dengan manusia.

Hewan olm ini mampu beradaptasi di wilayah yang gelap, walaupun hewan ini olm amfibi, hewan ini makan, minum, tidur, dan berkembang biak didalam air.

Ikan Mola-Mola

Ikan Mola-Mola
Ikan Mola-Mola

Ikan mola-mola ini banyak hidup diperairan nusa penida kabupaten klungkung di bali, ikan mola-mola ini dikenal dengan sebutan Ocean Sunfish, atau ikan yang sangat suka mencari sinar matahari. Setelah meyelam lama ikan ini akan mendekati dipermukaan laut hanya untuk berjemur, sungguh unik kan ikan.

Dia hanya kepermukaan laut hanya untuk berjemur, seperti turis saja. Perairan diNusa Penida ini airnya sangat biru dan juga mempunyai karang yang berwarna-warni. Ikan mola-mola ini banyak hidup di perairan tropis. Ikan mola-mola ini tergolong hewan yang unik karena dari bentuknya itu bulat pipih dan mempunyai sirip menjulang keatas dan kebawah.

Ikan ini memiliki mata yang besar dan juga gerak secara pelan atau lamban. Apabila dilihat sekilas ikan akan terlihat seperti bakso yang gepeng. Berat ikan ini pun juga tidak tanggung-tanggung yaitu sekitar 1.000 kg.

Mungkin itu sedikit pejelasan dari saya tentang sebagian hewan unik dan langka didunia yang perlu kalian ketahui. Apabila ada salah dari penulisan atau peletakan kata saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan juga jangan lupa kunjungi website kami di jempoltangan.com dan baca artikel lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih!