Hewan Bawah Laut Ini Akan Membuat Bulu Kuduk Berdiri

Posted on

Mungkin kita sering mendengar kalau keindahan laut itu tidak ada duanya. Tapi di balik keindahan itu laut juga memiliki kehidupan yang mengerikan. Apalagi bagian dasar laut, tidak ada satu orangpun yang mengetahui kehidupan aslinya di bawah laut. Tempat itu seolah telah menjadi misteri yang belum bisa terpecahkan.

Ternyata dengan dasar laut yang dalam juga ada manfaatnya untuk manusia. Karena di dalam dasar laut memiliki banyak hewan yang mematikan dan mengerikan dan tidak dapat dijangkau oleh manusia. Dan hewan-hewan itu mayoritas bersifat ganas. Bahkan bentuk tubuhnya pun sangat bervariasi dan mengerikan.

Hewan-hewan bawah laut yang mengerikan antara lain yaitu:

  1. Setan Laut Hitam

setan laut hitam

Ikan yang satu ini diberi nama setan laut hitam karena dengan bentuknya yang sangat mengerikan. Ikan yang satu ini memang sangat sulit dan jarang ditemukan. Kalau mau menemukan ikan ini, ikan ini berada di kedalaman 2.743 meter di bawah permukaan laut. Tapi hanya sedikit yang berhasil menangkap video ikan ini, salah satu yang berhasil menagkap videonya yaitu penyelam yang bernama Melanocetus.

  1. Isopod Raksasa

isopod raksasa

Serangga bawah laut ini hidup di dasar laut yang tidak terjangkau dengan manusia kecuali dengan peralatan yang canggih. Yaitu di kedalaman 6000 meter di bawah permukaan laut. Isopod raksasa juga termasuk salah satu dari 17 species genus Bathynomus. Dari bentuknya saja sudah terlihat sangat mengerikan, apalagi aslinya. Ternyata hewan ini adalah hewan pemangsa bangkai.

  1. Stargazer Fish

Stargazer fish

Memiliki mata yang menghadap ke atas dan mulut yang besar menghadap ke atas kepala menjadikan ciri dari ikan ini. Mereka selalu menguburkan diri di dalam pasir dan melompat ke atas untuk menangkap mangsanya. Ikan ini juga sangat berbahaya. Karena ikan ini memiliki dua duri besar berbisa yang berada di atas sirip dada. Ikan ini juga dapat memberikan kejutan listrik.

  1. Hiu Goblin

hiu goblin

Hiu ini memiliki moncong yang panjang dan juga gigi yang sangat tajam. Dan juga memiliki kulit yang berwarna merah muda dan rahang panjang yang mengandung gigi seperti kuku yang menonjol keluar. Hiu goblin hidup di lereng atas benua, lembah bawah laut, dan gunung laut di seluruh dunia yang kedalamannya mencapai 100 meter lebih.

  1. Viperfish Pasifik

Pacific-Viperfish

Ikan predator ini adalah ikan yang mematikan, ia akan menangkap mangsanya menggunakan photophores yang berada di sepanjang tulang punggungnya. Ia akan memikat mangsanya dengan photophoresnya lalu menangkap mangsanya dalam taring panjangnya. Dan taringnya terlihat sangat mengerikan.

  1. Deep-sea Dragonfish

deepsea dragonfish

Tidak jauh dari Viperfish, predator yang ganas ini hidup di kedalaman hingga 500 meter di bawah permukaan laut. Hewan ini mampu bertahan hidup di kedalaman yang sangat gelap gulita, tanpa tumbuhan dan lingkungan yang tidak terpengaruh oleh arus lautan. Dan ia bisa menghasilkan cahaya di taringnya.

  1. Atlantic Wolffish

WOLF_FISH

Terlihat dari namanya, ikan ini hidup di laut atlantik dengan kedalaman mencapai 600 m bagian bawah dasar laut. Memiliki gigi rahang yang sangat kuat dan sirip ekor yang bulat. Warna tubuhnya kuning-kekuningan atau biru-kebiruan. Dan juga tenggorokan wolffish juga memiliki gigi.

  1. Cumi-Cumi Vampir

cumi cumi vampir

Cumi-cumi ini hidup pada kedalaman hingga 1000 meter di bawah permukaan laut. Hewan ini cukup mengerikan, karena memiliki delapan lengan dan warna kulit yang merah. Dan juga ia memiliki mata tapi tidak berfungsi, karena ia hidup di tempat yang sangat gelap. Untuk mengetahui lingkungan sekitarnya, cumi ini memiliki sepasang benang kuning di sisi tubuhnya yang berfungsi sebagai organ sensor untuk mengetahui keberadaan musuh dan mangsanya.

  1. Barreleye

barreleye

Ikan dengan nama latin Macropinna microstoma ini berada pada laut kedalaman 2000 sampai 2600 meter di bawah prmukaan laut. Ikan ini memiliki tubuh yang unik yaitu memiliki kepala yang transparan. Tempurung kepala yang transparan ini berfungsi untuk penerangan pada saat malam tiba. Ikan ini juga sangat pandai dalam mencari mangsa. Mangsanya yaitu ikan-ikan kecil dan ubur-ubur.

  1. Phronima

phronima

Mahluk kecil ini lebih mirip dengan udang, tapi mirip juga dengan alien. Panjangnya tidak lebih dari 1 inci. Tapi ternyata hewan ini sama ganasnya seperti ikan hiu. Karena dengan tubuh yang transparan mangsa tidak akan bisa melihat kalau ia adalah musuhnya. Dan ia akan menangkap mangsanya dengan cakarnya yang besar dan juga mulutnya untuk merobek mangsanya sampai hancur.