kreasi kerajinan tangan

Kreasi Kerajinan Tangan yang Wajib Kalian Coba!

Posted on

Punya barang bekas yang menumpuk-numpuk di rumah atau di gudang? Jangan langsung untuk membuangnya! Karena kamu dapat mengubah barang bekas tersebut menjadi kerajinan tangan yang unik.

Hampir dari setiap rumah pasti memiliki barang bekas. Tak jarang, jika barang-barang bekas ini dibuang dan sangat jarang untuk di manfaatkan kembali. Padahal kalau dipikir-pikir, barang bekas dapat dijadikan kerajinan tangan yang sederhana. Yah, hitung-hitung saja, apa yang kamu lakukan ini berperan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di rumah.

Barang bekas yang sering dipandang oleh sebelah mata. Bahkan kamu sering membuangnya dan dijual dengan harga yang sangat murah. Di tangan orang yang kreatif, barang bekas tersebut bisa disulap menjadi barang yang berniali tinggi. dan juga kamu bisa menjualnya dengan harga yang mahal. Nah, biar ngga lama-lama berikut ini adalah beberapa kumpulan kerajinan tangan yang bisa dibuat dari berbagai barang bekas :

kerajinan tangan dari cd
kerajinan tangan dari cd
  1. CD Bentuk Burung

Begitu indahnya hasil kerajinan tangan ini. Tahukah kamu bahwa burung cantik dan indah dapat dirangkai dengan kepingan kaset CD yang sudah tidak digunakan lagi. Berawal dari barang yang sudah tidak bisa digunakan, bisa disulap menjadi barang yang bernilai seni tinggi.

  1. Motif Gitar dari CD bekas

Bukan hanya bisa berbentuk hewan saja, hasil kepingan CD bekas juga bisa kamu gunakan untuk membuat gitar yang cantik nan indah. Lihatlah pada motif-motif klasik yang disusun satu persatu dari pecahan cd tersebut. Sehingga dapat membuat nilai seni yang bernilai tinggi pada gitar.

  1. Hiasan Dinding dari CD

Bayangkan saja pada dinding rumahmu ada hiasan yang seperti ini. Terlihat sangat cantik nan indah bukan? Nah untuk membuat hiasan dinding dari CD ini dapat kamu pertimbangkan. Cara membuatnya sangat mudah kok. Kamu hanya tinggal memberi warna hitam pada piringan kemudian lukisan dengan motif batik ataupun motif sesukamu.

  1. Tempat Perhiasan dari Botol Bekas

Banyak yang memandang rendah dari botol bekas. Keberadaan dari botol bekas ini dianggap sebagai sampah yang harus dijauhkan dari rumah. Namun di tangan kreatif, botol bekas tersebut dapat disulap menjadi tempat perhiasan yang tampak mewah dan unik. Kamu pun juga dapat meletakkan perhiasan yang biasanya kamu gunakan sehari-hari di tempat ini.

  1. Melukis Bunga dengan Botol

Nih buat kamu yang hobi melukis, kamu hanya perlu membasahi bagian bawah botol dengan cat. Kemudian dapat kamu tempelkan pada bagian bawah botol ke kertas lukis. Bagaimana nih, sangat mudah bukan?

  1. Lampu Hias dari Botol Bekas

Kamu pengen punya lampu hias di rumah, tapi takut mahal? Tenang saja. Kamu dapat membuat lampu hias sendiri dari kumpulan botol bekas yang ada di sekitar rumah kamu. Caranya sangat mudah, kamu cukup memotong bagian belakang botol. Kemudian di susun sampai menyerupai bentuk bunga.

  1. Tempat Pensil dari Botol

Pensil warna atau pada alat tulis lainnya, biasanya diletakkan begitu saja. Sehingga ketika kamu butuh, terkadang susah untuk mencarinya. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada kamu, sebaiknya gunakanlah tempat pensil yang satu ini deh.

Selain unik, bahan yang digunakan untuk membuat tempat pensil ini bisa kamu dapatkan gratis lho. Kamu dapat memanfaatkan botol plastik yang sudah tak digunakan, kemudian di bentuk sesuai kreasi dan keinginan kamu.

  1. Desktop Catchall Organizer

Apakah kamu termasuk orang yang lupa menaruh HP dan barang berharga lainnya? Jika iya jawabannya, maka membuat kotak penyimpanan ini adalah sesuatu keputusan yang tepat. Caranya sangat mudah kok. Hanya saja kamu peru membuat polanya, kemudian potong pada beberapa kardus sesuai pola tersebut. Pada langkah selanjutnya, kamu tinggal menggabungkan kardus tersebut setinggi yang diinginkan.

  1. Miniatur dari Kardus

Kerajinan tangan yang satu ini merupakan kerajinan tangan yang sangat unik. Bahkan hasil kerajinan tangan ini sangat banyak di minati oleh masyarakat. Miniature dalam kardus dapat kamu gunakan sebagai hiasan, atau digunakan sebagai kado untuk hadiah pernikahan dan juga ulang tahun.

  1. Lampu Geometric dari Kardus

Kreativitas dari bahan kardus ini sangat patut untuk di acungi jempol. Mengapa tidak? Karena hanya berbekal bahan kardus bisa kamu sulap menjadi lampu yang unik dan menarik. Kamu bisa membentuk pola dan memilih warna yang sesuai dengan favorit kamu. Dengan lampu geometri dapat menambah suasana tenang di ruangan kamu.

Jangan lupa untuk mencoba ya, kreasikan dengan imajinasimu.

manfaat kerajinan tangan
manfaat kerajinan tangan

Selain itu, membuat kerajinan tangan dari barang bekas ada manfaatnya, loh. Sangat banyak hal yang dapat kamu nikmati dari pembuatan kerajinan tangan. Seperti fungsi pakai dan fungsi hias. Fungsi pakai, maksudnya adalah pemanfaatan dari barang kerajinan tersebut sehingga memiliki keindahan yang menarik. Sedangkan fungsi hias lebih mengarah pada keunggulan pemakaiannya. Kerajinan tangan dapat di nikmati oleh siapa saja.  Seperti pada kerajinan patung, miniature, lukisan, dan sebagainya. Ada beberapa manfaat dari hasil kerajinan tangan yang bisa kamu dapatkan, di saat membuat barang-barang hasil kerajinan diantaranya adalah:

  1. Mengisi waktu luang sehingga lebih produktif datipada melakukan hal-hal yang kurang manfaat.
  2. Melatih kreatifitas karena hal ini tidak langsung untuk dilakukan, tapi perlu latihan.
  3. Melatih kesabaran karena diperlukan ketekunan untuk menghasilkan barang-barang kerajinan tangan yang menarik untuk di pandang.
  4. Menghemat pada pengeluaran dan tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Karena pembuatannya murni dari kalian, tidak di beli di took manapun.
  5. Menciptakan lading bisnis karena hasil kerajinan tangan, berpotensi untuk menghasilkan nilai jual yang tinggi.
  6. Melatih anak-anak untuk mengikuti peraturan, sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
  7. Melatih kemampuan motoric anak-anak. Karena pembuatan barang kerajinan tangan ini memanfaatkan tangan dan mata.
  8. Membangun pada rasa percaya diri untuk menciptakan sebuah hasil karya sendiri.

Sekian dari artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi Anda.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..