ular mematikan

Harus Kamu Ketahui! Beberapa Ular Berbisa Ini Banyak Ditemukan Di Sekitarmu

Posted on

Mendengar kata reptil yang satu ini memang membuat kita menjadi merinding akan gigitannya dan racunnya. Maka dari itu kita supaya berwaspada dalam kita berjalan maupun saat kita sedang pergi memuncak atau kemping. Karena dengan banyaknya jenis-jenis ular yang berbisa dan mematikan kita supaya lebih bisa hati-hati.

Sekarang ular itu ada dimana-mana, tidak hanya berada di hutan saja bahkan ular ada di pemukiman warga, sehingga warga menjadi resah dengn adanya ular. Mari kita simak artikel di bawah ini, supaya mengerti ular jenis apa saja ular yang berbisa dan mematikan.

  1. Ular Kobra

ular kobra

Ular kobra yang terkenal dengan berbisanya ini harus diwaspada. Karena kobra hidup di persawahan bahkan sampai ke pemukiman. Bentuk ular kobra ini sangat khas untuk dikenali, yaitu kepalanya yang bisa melebar seperti sendok. Tapi kalau sedang berjalan biasa, kepala ular ini tidak akan melebar dan mungkin susah untuk dikenali.

Ciri dari ular ini adalah berwarna coklat kehitaman dengan panjang 4 meter. Dan ular kobra adalah ular yang mampu menyemprotkan air ludah sejauh 4 meter yang biasanya di arahkan ke mata mangsa. Sehingga korban akan sulit untuk melihat, dan kesempatan bagi ular untuk memangsa korbannya. Dan kalau korban juga digigit oleh ular kobra, maka ular akan memberikan bisa lewat giginya yang akibatnya akan mempengaruhi sistem saraf manusia.

Untuk korban yang sudah terkena bisa-nya, baik itu dari gigitan maupun seburan air dari ular kobra supaya segera untuk pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan suntik anti racun dan antibiotik yang dosisnya tinggi.

  1. Ular Cabai

ular cabai

Ular ini sangat mudah untuk dikenali yaitu dengan kepala dan ekornya yang berwarna merah dan bertaring di depan. Ular cabai ini temasuk ular yang terancam punah. Ular cabe ini sangat pendiam dan menyendiri tapi kalau dia merasa terganggu ia akan mengeluarkan bisa nya.

Dan ular cabai memiliki racun yang sangat berbisa, bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan saraf. Dan jika tidak segere konsultasi ke dokter atau rumah sakit. Jika tidak ada rumah sakit terdekat cara yang mungkin bisa membantu adalah dengan cara menekan dengan keras bagian tubuh yang tergigit supaya tidak racun tidak menyebar dan kalau bisa bahkan mengeluarkan racunnya kembali. Kemudian bagian yang sudah mulai pegal, pijit ke arah gigitan yang awal.

Ular ini berada di hutan primer dan sekunder, dataran rendah, dan pegunungan bawah dengan ketinggian 500 m. ular cabe cenderung hidup di dalam tanah. Dan akan muncul di pertengahan pagi. Apalagi kalau malamnya baru hujan, maka ular cabe ini akan muncul di atas dedaunan basah yang jatuh dari pohon.

  1. Ular Weling

    ular weling

Ular welang memiliki ciri khas yaitu dengan warna yang belang. Panajng ular ini mencapai 1-2 meter. Ular ini biasa di temukan di dataran rendah atau pegunungang yang ketinggiannya maximum 2500 kaki, bahkan ular ini juga ada di pemukiman warga.

Ular ini di kenal dengan ular yang pendiam dan tidak agresif. Tapi tetap ular ini berbahaya karena memiliki bisa yang dapat mengakibatkan bengkak, melemahkan otot, kehilangan koordinasi badan dan gangguan pada pernapasan. Biasanya dia menyembunyi di bawah kayu, gundukan rayap, pohon bambu atau di bawah batu-batu besar. Karena ia menyukai daerah kering yang dekat dengan sumber air.

  1. Shore Pit Viper

Shore pit viper

Ular ini sngat sering di temukan di daerah pesisir pantai dan hutan bakau. Jika ongin mendekati ular ini, kamu harus hati-hati. Karena ular ini memiliki kecenderungan menggigit atau bisa disebut dengan sangat agresif.

Ketika sudah terkena gigitannya maka akan mengakibatkan rasa sakit yang sangat bahkan menyebakan kematian. Warna pada tubuh ular ini banyak variasinya. Dari warna abu-abu gelap, ungu-coklat, atau coklat polos dan memiliki corak dam tubuhnya.

  1. Black Mamba

black mamba

Ular ini memiliki nama latin Dendroaspis polylepis. Ular ini termasuk ular yang sangat mematikan sedunia urutan ketujuh. Berasal dari benua Afrika, dan memiliki tubuh yang panjangya sekitar 2-3 meter.

Mempunyai kecepatan hingga 16 km/jam. Dan racunnya sangat berbisa, sehingga menyebabkan korban ayng tergigit akan lumpuh dalam waktu 45 menit. Jika tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kematian dalam waktu 7-15 jam.

  1. Death Adder

death adders

Ular ini termasuk ular mematikan sedunia di urutan kesembilan. Ular yang berasal dari selatan Australia ini memiliki tubuh dengan panjang 100 cm. Ketika ada korban yang tergigit maka ular ini akan langsung menyerang, jika sudah terkena gigitannya maka yang terjadi adalah korban mengalami kelumpuhan. Karena reaksi racun dari ular ini sangat cepat dan membahayakan. Jika tidak segera membawa ke rumah sakit maka dalam waktu 6 jam akan menyebabkan kematian.