fungsi mineral bagi tubuh
fungsi mineral bagi tubuh

Fungsi Mineral Untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Fungsi Mineral – Selamat datang di blog kami, kali ini kami akan membahas tentang manfaat dan fungsi mineral. Dalam tubuh karena mendukung proses tumbuh dan berkembangnya manusia dalam jumlah sedikit atau kecil. Komposisi yang ada dalam mineral ini adalah unsur murni serta garam sederhana yang sangat kompleks dan mempunyai beberapa jenis bentuk.

Mineral ini mempunyai definisi yang banyak ini tergantung dari mana anda melihat dari segi pengertian, ilmu farmasi atau geologi dari mineral tersebut.  Pengertian mineral ini dari ilmu geologi adalah suatu benda yang dibuat dengan melalui tahap tahap proses dari alam, dan biasanya ini memiliki bentuk yang padat dan memiliki beberapa kandungan kimia. Miteralogi adalah ilmu yang mempelajari tentang hal hal mineral.

Mineral adalah sibstansi anorganik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil dan ini memiliki banyak fungsi untuk tubuh. Vitamin tidaklah sama dengan mineral. Karena vitamin adalah senyawa yang terbagi dalam bentuk unsur, seperti karbon, fosfor, kalsium, hidrogen, dan oksigen. Perkembangan tumbuh anak dan orang dewasa yang kronis adalah kekurangan mineral, mungkin akan terjadi masalah dalam kematangan seksual, kekuatan tulang, anemia, dan masih banyak lagi. Ini merupakan peran penting untuk mendukung dalam fungsi tubuh.

Berikut Adalah Fungsi Mineral bagi Tubuh Manusia

fungsi mineral
fungsi mineral
  1. Menjaga kesehatan tulang

Mineral sangatlah mampu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi dan tulang, dan alangkah baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat mineral. Zat yang ada dalam kandungan mineral mampu membuat gigi dan tulang tidak mudag berlubang atau keropos. Seperti sayuran hijau yang kaya mineral contohnya adalah sawi, kangkung dan bayam.

  1. Mencegah terjadinya gangguan pada otot

Mineral tidak hanya dibutuhkan oleh tulang, akan tetapi mineral juga berperan penting untuk otot. Jika kita mengkonsumsi mineral yang terlalu sedikit akan mudah merasa lemas otot atau nyeri otot.

  1. Membentuk pembentukan hemoglobin

Mineral dapat membantu proses pembentukan hemoglobin atau sel-sel darah merah. Oleh sebab itu, jika seseorang terkena sakit enemia, disarankan untuk banyak makan dan minum yang mengandung mineral.

  1. Sebagai kecantikan kulit

Dalam menjaga kulit kita, disarankan untuk sering mengkonsumsi vitamin. Akan tetapi untuk proses merawat kecantikan kulit, menggunakan vitamin saja kurang lengkap. Vitamin dan mineral bekerja sama dalam tahap mempercantik kulit. Dan kerjasamanya itu untuk menjaga kesehatan kulit kita. Dan agar kulit kita tetap sehat, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya karena didalamnya mengandung vitamin dan mineral yang komplit.

  1. Untuk keseimbangan cairan dalam tubuh

Maksud dari menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh adalah unutk mengatur dan membatasi jumlah cairan yang keluar masuk pembuluh darah.

  1. Memperlancar metabolisme

Mineral ini juga berfungsi untuk tahap proses pembentukan metabolisme, mineral ini juga membantu proses peredaran dan  juga penyaluran bagi seluruh tubuh yang ada pada tubuh seseorang.

  1. Memelihara fungsi otak

Mineral ini mampu untuk menjaga fungsi otak, sebagai organ yang vital. Otak sangat membutuhkan asupan nutrisi, oleh karena itu, zat yang dapat menjaga kesehatan otak adlaah sering mengkonsumsi mineral.

  1. Zat mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan

banyak penyakit yang disebabkan karena seseorang mengalami kekurangan zat mineral. Seperti anemia, osteoporosis, dan masih banyak lagi. Semua ini terjadi karena kita tidak menjaga pola konsumsi kita. Agar kita tidak terkena penyakit itu, alangkah baiknya kita mencukupi kebutuhan zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

  1. Cocok untuk diet

Dalam mineral terdapat kandungan yang mampu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh, proses ini lebih cepat melalui urine dan keringat. Didalam vitamin terdapat kandungan yang bisa mengurangi jumlah makanan yang masak dan juga dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh. Dan kandungan yang ada dalam vitamin sangat baik untuk dijadikan diet sehat.

  1. Meningkatkan kinerja jantung

Banyak pakar kesehatan yang mengemukakan kandungan vitamin yang dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit seperti jantung, rematik, ispa, kerusakan pada kulit, dan maslah kewanitaan.

  1. Mengobati penyakit stroke

Didalam vitamin terdapat kandungan yang baik untuk dijadikan sebagai obat penyakit stroke. Kandungan ini juga bisa untuk membantu menguatkan otot otot dan ligamen dari organ tubuh kita, dan juga mineral dapat memperlancar peredaran darah. Ini terjadi karena pembuluh darah juga dapat mengalir baik dan meningkatkan peredaran darah.

12.  Membantu mencegah datangnya penyakit

Manfaat vitamin adalah membantu dan mencegah datangnya  berbagai macam penyakit. Seperti batu ginjal, timbulnya sel kanker, dan masih banyak lagi. Ini disebabkan vitamin bisa membuat tubuh kita semakin vit dan berenergi.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin secara teratur dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubub dapat memperlancar proses dari pencernaan makanan. Dan untuk menghindari dari kelainan penyakit akibat sistem pencernaan, bisa untuk membantu proses metabolisme pada tubuh dan membakar kalori menjadi lebih baik dan efisien.

  1. Memberikan efek relaksasi

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, ini bisa membantu anda mengalami ketegangan otot dan meredakan ketegangan otot. Vitamin ini bisa untuk memerangi penyakit dan mengenal racun. Dan juga dapat mengobati berbagai fungsional dari tubuh dan juga bisa membantu menyerap oksigen.

Oksigen adalah faktor penentu metabolisme dalam tubuh yang merupakan unsur penting dalam tubuh. Oksigen memiliki ion negatif dalam tubuh dan aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan pembentukan proses metabolisme untuk semua elemen tubuh.

Demikian diatas adalah pengertian dan fungsi mineral bagi tubuh, semoga bermanfaat.