Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Latar Belakang Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Posted on

Kapal van der wijck –  Tenggelamnya kapal van der wijck merupakan sebuah film romantis pada tahun 2013 yang berasal dari Indonesia yang tellah di strudarai oleh Sunil Soraya dan di produseri oleh Ram Soraya. Tenggelamnya kapal van der wijck mengisahkan tentang perbedaan latar belakang sosial yang menghalangi hubungan cinta sepasang kekasih hingga berakhir dengan kematian, film tenggelamnya kapal van der wijck ini diproduksi oleh Soraya Intercine Films.

Film tenggelamnya kapal van der wijck ini di bintangi oleh Herjunot Ali, Reza Rahadian, Randy Danistha dan Pevita Pearce. Proses produksi film ini memakan waktu selama lima tahun dan penulisan skenarionya dilakukan selama dua tahun. Dengan biaya produksi yang tinggi, tenggelamnya kapal van der wijck ini merupakan film yang termahal yang pernah di produksi oleh Soraya Intercine Films, film ini diliris pada tanggal 19 Desember 2013.

Film tenggelamnya kapal van der wijck merupakan film yang berhasil menontonkan sebanyak 1.724.110 selama masa penayangannya pada tahun 2013, oleh sebab itu film ini termasuk film yang terlaris pada tahun 2013, sebab larisnya film ini maka pada tanggal 11 september 2014 film ini diputar kembali di bioskop, pada pemutarannya film ini diputar versi Extendednya dengan durasi yang panjang daripada versi yang diputar sebelumnya yaitu sekitar 3,5 jam.

Kapal Van Der Wijck
Kapal Van Der Wijck

Tenggelamnya kapal van der wijck merupakan sebuah novel yang dituliskan oleh Hamka atau nama panjang ini lebih dikenal dengan Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Pertama kali cerita ini ditulis dengan menggunakan novel dan kemudian dibuat menjadi film. Novel ini pertama kali dituliskan oleh seseorang yang mungkin sudah cukup terkenal yaitu Haji Abdul Malik Karim Amrullah sebagai cerita bersambung dalam sebuah majalah yang dipimpinnya yaitu pedoman masyarakat pada tahun 1938.

Dalam novel ini Hamka mengkritik berbagai tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pada saat itu terutama mengenai kawin paksa. Diterbitkan sebagai novel pada tahun 1939, tenggelamnya kapal van der wijck terus mengalami percetakan ulang sampai sekarang, novel ini juga diterbitkan dalam Bahasa melayu sejak tahun 1963 dan telah menjadi bahan bacaan wajib bagi siswa sekolah yang ada di Indonesia dan Malaysia. Novel yang telah dituliskan ini mengalami kelarisan yang cukup tinggi karena peminatnya yang begitu banyak.

Haji Abdul Malik Karim Amrullah merupakan ulamak yang berasal dari Minangkabau yang dibesarkan oleh keluarganya dalam kalangan keluarga yang taat beragama. Beliau memandang tradisi dalam masyarakatnya sebagai hambatan dalam kemajuan agama, sebagaimana pandangan ayahnya Abdul karim Arrullah tersebut. Setelah melakukan perjalanan ke Mekah dan Jawa sejak berusia 16 tahun untuk menimba ilmu di daerah tersebut beliau mulai bekerja sebagai guru agama di Sumatera Utara dan di Deli, dan kemudian di Sulawesi Selatan dan Makassar, dalam melakukan perjalanan tersebut Hamka banyak membaca karya dari ahli dan penulis islam.

Film Kapal Van Der Wijck
Film Kapal Van Der Wijck

Pada tahun 1935 Hamka meninggalkan kota Makassar untuk pergi ke Medan, di kota Medan tersebut beliau menerima permintaan untuk menjadi pemimpin redaksi majalah pedoman masyarakat, yang dalam majalah tersebut pertama kalinya nama Hamka diperkenalkan. Hamka menulis ceri tentang kapal van der wijck karya yang diilhami sebagian dari tenggelamnya suatu kapal pada tahun 1936.

Observasi, proses praproduksi, pemilihan pemeran, sampai dengan penulisan scenario juga dimulai sejak pada tahun 2008, yang artinya sudah berjalan selama lima tahun. Untuk proses penyutingan dilakukan sema 4 sampai 5 bulan setelah penyutingan selama 6 bulan dengan 300 adegan, hasil film ini berakhir dengan durasi selama 2 jam 49 menit. Seluruh kostum dalam film ini dibuat oleh perancang busana yaitu yang bernama Samuel Wattimena.

Sedangkan dalam penulisan skenarionya mengalami proses revisi sellama beberapa kali karena strudara ingin menyampaikan semangat dan pesan novel Hamka, yang tidak hanya menyajikan kisah cinta biasa juga riset yang dilakukan untuk latar belakang dan property otentik seperti mobil, baju, dan barang-barang era pada tahun 1930-an, juga sangat membutuhkan waktu yang tidak singkat. Proses pengambilan pada gambar sendiri dilakukan di Padang, Surabaya, Lombok, Jakarta dan Medan.

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Kesulitan yang dialami lainyya yaitu ketika sang strudaranya juga harus mencari laut yang tidak memiliki ombak yang sangat kencang, karena kapal van der wijck dikisahkan dalam tenggelamnya bukan karena ombak yang besar, dalam masa syuting yang sementara tempat syuting lautnya mengalami ombak yang kencang. Akhirnya tim produksi pada film tenggelamnya kapal van der wijck tersebut mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri untuk menampilkan efek tenggelam kapal van der wijck tanpa menggunakan sebuah aplikasi animasi.

Salah satu seorang skenaro yaitu Donny Dhirgantoro menjelaskan sekenario ini ditulis selama 2 tahun dengan riset yang mendalam, bersamaan dengan scenario yang lain yaitu Imam Tantowi,  mereka bersamaan menyusun scenario yang sesuai dengan era tersebut yang mengenai kapal hingga adat minang untuk menjadikan bahan bagi para pemain film tenggelamnya kapal van der wijck ini.

Dalam menjalankan jalan suaranya grup music nidji dipercaya sebagai pengisijalur suara dalam film tenggelamnya kapal van der wijck tersebut yang telah mempersiapkan 4 buah lagu. Proses rekaman lagu tersebut melibatkan sahabat nidji dari inggris, yaitu Jason O’Bryan. Single pertama yang dikeluarkan dan dipilih yang mempunyai judul Sumpah dan Cinta Matiku, nidji menyatakan bahwa dalam memasukan konsep pop britania dengan unsur music Gregorian yaitu yang berguna untuk menambah dan memberi kesan megah dan kolosal.

Diatas tadi merupakan sepuatar informasi yang telah kami sampaian kepada anda tentang latar belakang film tenggelamnya kapal van der wijck. Semoga artikel yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda dalam ilmu pengetahuan dan semoda artikel kami bermanfaat untuk anda. Terima kasih bagi anda yang telah membaca dan menyimak artikel kami sampai akhir dan tunggu informasi artikel kami selanjutnya.

Baca juga artikel tentang Mari Kita Flashback Tentang Asal Usul Bendera Merah Putih