es krim goyang
es krim goyang

Yuk Cari Tau Cara Membuat Es Krim Goyang Tradisional

Posted on

Es Krim Goyang Tradisional – Nama sangat unik untuk sebuah makanan, tetapi memang itulah namanya “es krim goyang” yang memiliki kuliner tempo dulu yang sangat terkenal pada citarasa adapun pengolahannya yang sangat khas. Pada tahun 80-90 an pengolahan es goyang ini sering sekali kita jumpai sebagai makanan/jajanan yang sangat terlaris.

Hal ini disebabkan es krim goyang dari Indonesia ini yang sangat enak sekali tidak kalah saing dengan es krim stik modern yang seperti es krim walls paddle pop, es krim aice, es krim campina dan lain-lain sebagainya. Anda juga bisa membuat sendiri tidak harus membeli, begitu juga ditambahkan dengan campuran-campuran santan kelapa, gula pasir, coklat dan juga memiliki aroma rasa.

resep es krim goyang
resep es krim goyang

Es krim goyang ini memiliki beberapa macam varian rasa yang seperti anda dapatkan dari bahan-bahan alami potongan-potongan buah asli atau juga buah alami segar seperti buah strawberry, ketan hitam, alpukat, kacang hijau, durian, coklat, nangka, kacang, dan lain sebagainya. Bisa menggunakan aroma-aroma rasa buatan yang segar dari bahan sirup essens, yang membuatnya semakin lezat.

Es krim goyang adalah makanan khas bandung, dan cara membuatnya ini sangatlah unik yaitu dengan digoyang-goyangkan. Dengan begitu agar mendapatkan tekstur pembekuan secara merata. Karena bagian bawah ini memiliki cetakan es yang terdapat air dengan potongan es. Kemudian tambahkan dengan garam sedikit di dalamnya. Jadi anda tidak perlu freezer untuk membekukanya atau alat yang lainnya.

Segarnya es krim ini yang memiliki aneka rasa yang tidak terlupakan. Apalagi pada saat ini es krim khas Sunda Bandung yang jarang sekali ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan juga kota-kota besar lainnya. Jadi tidaklah heran jika ada banyak pedagang keliling yang menjajahkan es krim goyang tradisional klasik dan legendaris. Sebab adapun caranya juga begitu simple dan sederhana.

Membuat resep es krim goyang ini mungkin dapat terlihat sulit sekali, tetapi sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggoyangkan cetakan kedalam air khusus yang sudah disediakan, bisa disebut dengan pembuatan es goyang tidak menggunakan mesin hanya menggunakan cetakan yang berbentuk kotak panjang. Langkah yang pertama adalah resep cara membuat es krim goyang.

Caranya siapkan semua bahan dijadikan satu, lalu campurkan sampai merata dan hanya menunggu pada beberapa menit. Setelah selesai langkah kedua siapkan beberapa cetakan yang berbentuk persegi panjang atau kotak dan boks yang berisi pecahan-pecahan es batu.

cara membuat es krim
cara membuat es krim

lalu tuangkan adonan tersebut kedalam cetakan satu persatu dan masukan juga cetakan-cetakan kedalam boks yang berisi pecahan-pecahan es batu. Santapan es krim khas Sunda Bandung sudah siap dicoba bersama anak-anak atau juga sangat cocok disajikan untuk pesta-pesta anda dirumah dan siap untuk dinikmati.

Tetapi bagi anda yang belum pernah mencobanya pasti akan merasakan kesulitan, oleh karena itu anda harus bisa mengetahui bahan-bahan apa saja yang harus digunakannya dan juga bagaimana cara membuat es krim goyang.

Ada juga beberapa versi-versi es krim goyang Betawi. Jadi itulah yang kami persiapkan resep es krim goyang yang sangat sederhana. Agar anda bisa membuatnya. Sehingga pada saat anda sedang teringat jajanan tempo dulu ataupun anda ingin bernostalgia dengan jajanan yang tradisional anda bisa langsung saja membuat es krim goyang tradisional, dengan cara melihat resep mudah dan praktis dibawah ini.

Resep Es Krim Goyang Tradisional

es krim tradisional
Es krim tradisional

Bahan Membuat Es Krim Goyang 

  • Santan kelapa murni dari satu butir buah kelapa 500 ml
  • Tepung hunkwe kurang lebih 50 gr
  • Gula pasir kurang lebih 70 gram gula pasir
  • 1 sendok teh coklat bubuk
  • Garam halus kurang lebih ½ sendok teh
  • Daun pandan kurang lebih 2 lembar

Bahan Pelengkap Toping 

  • Es batu secukupnya
  • Coklat cair secukupnya, untuk celupan
  • Kacang secukupnya

Cara Membuat Es krim Goyang Tradisional 

  1. Langkah yang pertama kita buat adonan es. Anda dapat campurkan semua bahan es krim goyang ke dalam wadah, bahannya yaitu santan kelapa, garam halus, daun pandan, gula pasir, serta coklat bubuk.
  2. Langkah yang kedua kemudian anda masak pada bagian bahan-bahan tersebut dengan api yang kecil sambil diaduk terus agar santan tidak dapat pecah. Masak adonan tersebut hingga mendidih.
  3. Langkah ketiga setelah memasak anda bisa memulai menyiapkan beberapa cetakan khusus untuk es krim goyang yang berbentuk persegi panjang. Jangan sampai lupa siapkan box atau kotak yang diisi dengan beberapa pecahan-pecahan es batu dan juga garam.
  4. Langkah keempat jika cetakan tersebut sudah siap, anda bisa menuangkan adonan yang sudah masak kedalam cetakan, lalu masukan pada beberapa cetakan yang telah diisi dengan adonan-adonan es kedalah box yang sudah diisi pecahan-pecahan es batu dan juga garam.
  5. Langkah kelima kemudian goyang-goyangkan saja box atau cetakan es krim. Tetapi anda harus memperhatikan pada proses-proses penggoyangannya. Pastikan juga pada goyangan yang tepat, dan tidak harus keras atau dengan pelan-pelan. Sebab jika digoyangkan dengan keras, maka hasil es krim tersebut akan menjadikan lama.
  6. Langkah yang terakhir ketika es krim goyang sudah matang, jangan lupa untuk menambahkan beberapa stik kayu yang khusus untuk es krim lalu tunggu beberapa menit hingga es krim goyang jadi.

Jangan lupa anda harus perhatikan pada saat menggoyang-goyangkan cetakan, usahakan tidak terlalu keras atau juga pelan, sebab bisa menyebabkan es krim goyang ini pecah atau dapat mudah hancur.

Demikian informasi resep es krim goyang lengkap dengan proses yang simple dan juga sederhana. Anda bisa langsung mencobanya dirumah, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.