Definisi Bersyukur dan 10 Manfaat yang Didapat Dalam kehidupan

Posted on

Bersyukur-Sebagai makhluk ciptaan Tuhan sudah sepantasnya untuk wajib bersyukur. Namun, jarang manusia yang bisa memahami dan mengerti arti dari bersyukur. Banyak pula orang yang jarang mensyukuri atas kenikmatan yang diberikannya bahkan sekecil apapun. Dalam kehidupan sehari-hari saja masih kita jumpai disekeliling kita seseorang yang masih mengeluh dan galau dalam kehidupannya. Kata “bersyukur” meamang sangat mudah untuk diucapkan namun, prakteknya masih jarang orang yang bisa mengamalkannya.

Maka bagi Anda yang sedang membaca artikel ini sudah saatnya untuk merubah sikap agar terus lebih bersyukur. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersyukur. Sehingga kita akan lebih merasa senang dalam menjalankan kehidupan.

Apakah Anda ingin lebih mengetahui apa saja manfaat dari bersyukur? Sebelumnya akan saya ulas sedikit definisi tentang bersyukur. Agar Anda merasa lebih faham definisi serat manfaatnya. Mari simak artikel berikut ini!

selalu bersyukur
selalu bersyukur
  • Definisi Bersyukur

Bersyukur berasal dari kata Syakara,Syukron artinya berterima kasih.
Istilahnya adalah mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia baik yang sudah diberikan ataupun yang akan diberikan. Merupakan bentuk sikap positif menghargai nikmat dari Tuhan. Bersyukur adalah suatu hal yang wajib bagi manusia.

Dengan bersyukur maka hidup akan terasa lebih bahagia dan Tuhan juga akan menambah nikmat kepada manusia.

  • Manfaat Bersyukur

bersyukur
bersyukur
  1. Ditambahkan Nikmat Oleh Tuhan Yang Maha Kuasa

Dengan kita bersyukur maka sebenarnya Tuhan akan menambahkan nikmat yang diberikan kepada kita. Mungkin tak sadar keinginan kita akan terpenuhi atas berkat Tuhan Maha Kuasa. Tetapi jika Anda tak pernah bersyukur dan selalu mengeluh baik dalam kondisi apapun maka tuhan akan murka dan hidup Anda terus merasa kurang.

  1. Mendapat Kesejahteraan Hidup

Meskipun kondisi huidpu Anda sangat berkecukupan dan sederhana tetapi jika selalu bersyukur maka kondisi kehidupan yang Anda alami akan terasa bahagia dan sejahtera. Selalu merasa cukup dengan kehidupan yang ada.

  1. Mendapat Pahala yang Besar dan Dosanya Diampuni oleh Allah

Bersyukur dengan lisan, merupakan salah satu kalimat dzikir kepada Allah. Jika Anda selalu bersyukur dengan ikhlas maka termasuk berdzikir kepada Allah dan orang yang berdzikir maka Allah akan menambah pahala yang besar kepada Anda. Dan dosa-dosa Anda juga diampuni oelh Allah. Karena dalam suatu Jhadits dijelaskan bahwa Jika hamba selalu bersyukur maka Allah akan memberi suatu nikmat Jika seseornag mengulangi sampai 3 kali maka dosanya akan diampuni oleh Allah.

  1. Merasakan Ketenangan Hidup

Jika Anda selalu mensyukuri apapun yang terjadi dalam keadaan Anda. Maka jiwa dan hati akan  merasakan ketenangan hidup. Orang yang banyak bersyukurnya dia akan menjalani aktivitas dalam kehidupannya maka tidak merasa beban dan sangat terlihat santai.

  1. Hidup Menjadi Lebih Berkah

Bersyukur juga membuat hidup Anda menjadi lebih berkah. Apapun yang Anda jalani dalam aktivitasnya akan memberikan hal yang positif. Apapun rezeki yang Anda miliki pasti akan terasa banyak manfaatnya dan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Walau terkadang rezeki yang Anda miliki nominalnya sedikit tetapi selalau merasa cukup.

  1. Memiliki Pola Pikir atau Mindset yang Sukses

Perlu Anda ketahui, ternyata jika Anda rajin bersyukur maka kemungkinan keinginan Anda dapat terwujud. Karena terdapat energi positif dalam jiwa Anda sehingga memiliki pola pikir atau mindset yang baik terutama dalam hal menuju kesukesan.

  1. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Degeneratif

Memiliki pola hidup yang sehat ternyaat tidak harus dari makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik tetapi bisa karena faktor pola pikir dan jiwa yang negatif.  Dalam penelitian American Journal of Cardiology 199 pernah menyebutkan bahwa ketika seseorang memiliki emosi dan pemikiran positif maka organ tubuh akan berjalan dengan baik aliran darah juga menjadi lebih lancar. Pola hidup seseorang juga menjadi lebih sehat. Maka Anda supaya perbanyak bersyukur agar hidup menjadi lebih sehat dan lebih baik.

  1. Menghindari Penyakit Hati

Selai penyit degeneratif juga ada yang namanya penyakit hati. Penyakit hati adalah penyakit yang muncul dari kepribadian negatif seseorang. Seperti iri hati, sombong, bahkan Berpikiran negatif terhadap orang lain. Nah, dengan bersyukur diri kita akan terhindar dari penyakit-penyakit hati tersebut. Bersyukur akan membawa kita ke dalam kehidupan yang menjadi lebih baik.

  1. Dapat Terhindar dari Cobaan atau Musibah

Dengan selalu bersyukur, maka Tuhan tidak akan murka. Salah satu seseorang mendapat musibah atau cobaan karena murka dari Tuhan. Maka untuk meredam murka Tuhan salah satunya adalah dengan bersyukur karena Tuhan mencintai hambanya yang selalu bersyukur selain itu juga Tuhan akan menambahkan nikmatnya.

  1. Menambah Rasa Kualitas Tidur

Jika orang yang jarang bersyukur maka hatinya merasa tidak tenang selalu merasa kekurangan dalam hidupnya. Maka jika tidurpun akan merasa gelisah sehingga sulit untuk tidur dengan tenang. Tetapi jika sellau bersyukur jiwa dan hati terasa tenang sehingga tidur akan menjadi lebih mudah. Hal inipun juga telah diteliti oleh Journal Appplied Psychology : Health and Well-Being mengatakan jika seseornag meluangkan waktunya bersyukur 15 mwnit sebelum tidur maka seseornag akan memiliki kualitas tidur yang baik sehingga tidur terasa nyenyak.

Itulah tadi penjelasan definisi bersyukur dan manfaat yang didapatkan. Nah, bagaimana? perasaan Anda jika kita rajin bersyukur? Selain membuat hati tenang maka Tuhan juga akan menambah nikmatnya kepada kita. Semoga artikel saya dapat bermanfaat bagi Anda sekian sampai jumpa di episode artikel berikutnya…