Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia
Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia

Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia

Posted on

Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia – kalian pasti sudah mengetahui apa itu kebakaran hutan!. Kalian tau tidak dampak negatif yang ditimbulkan dari kebakaran hutan bagi manusia?. Hai sobat jempoltangan.com pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada kalian tentang beberapa dampak negatif dari kebakaran hutan bagi manusia.

Dampak dari kebakaran hutan pasti sangat merugikan bagi kehidupan. Kebakaran hutan tidak berdampak pada ekologis dan membuat kerusakan pada lingkungan saja, namun dampak yang ditimbulkan dari hutan ternyata juga mencakup bidang yang lainnya.

Ternyata terdapat empat aspek yang dianggap sebagai dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan. Ke empat aspek tersebut adalah dampak terhadap kehidupan budaya, social, dan ekonomi, dampak terhadap hubungan Negara dengan Negara yang lainnya, dampak terhadap pariwisata dan perhubungan, serta dampak terhadap kerusakan lingkungan dan ekologis.

Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia Dari Segi Ekonomi, social, dan Budaya.

Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia
Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia

Kebakaran pada hutan memberi dampak yang signitif terhadap kehidupan social, ekonomi, dan budaya yang diantaranya meliputi sebagai berikut:

  • Terganggunya aktifitas manusia sehari-hari: asap yang dihasilkan dari kejadian kebakaran hutan dengan otomatis dapat mengganggu aktifitas manusia dalam sehari-hari, apalagi bagi manusia yang melakukan kegiatannya di luar ruangan.
  • Menurunnya produktifitas: dengan terganggunya aktifitas manusia sehari-hari yang disebabkan dari kebakaran hutan ini juga dapat mempengaruhi produktifitas atau penghasilan seseorang.
  • Hilangnya beberapa mata pencaharian masyarakat yang ada di sekitar hutan: bagi manusia yang hidupnya bergantung dari mengelola hasil dari hutan, dengan terjadinya kebakaran pada hutan berarti area bekerja (mata pencaharian) masyarakat di sekitar hutan juga menghilang.
  • Semakin meningkatnya hama: kebakaran hutan bisa membunuh sebagian spesies dan merusak keseimbangan pada alam dan membuat spesies yang berpotensi sebagai hama menjadi tidak terkontrol. Selain itu, dengan terbakarnya hutan akan membuat binatang yang tinggal di hutan menjadi kehilangan habitatnya, dan kemudian membuat mereka terpaksa untuk keluar dari hutan atau tempat habitat mereka dan menjadi hama, seperti monyet, gajah, dan hewan lainnya.
  • Terganggunya kesehatan manusia: dengan adanya kebakaran hutan dapat menyebabkan pencemaran pada udra, kerena tercemar dengan debu, gas Sox, dan lain sebagainya. Dengan adanya kebakaran huta menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan manusia. Dampak negative yang ditimbulkan antara lain yaitu infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan, terjadi sesak saat bernafas, terjadi iritasi pada kulit, terjadi iritasi pada mata, dan berbagai penyakit lainnya.
  • Tersedotnya anggaran negara; Setiap tahun Negara mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menghentikan (menangani) kejadian kebakaran hutan. Negara juga mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk merehabilitasi hutan yang sudah terbakar serta berbagai macam dampak yang lain yang ditimbulkan dari kebaran hutan, contohnya seperti kesehatan masyarakat dan juga bencana alam yang diambil dari uang kas negara.
  • Menurunnya devisa milik Negara: hutan adalah salah satu sumber devisa Negara yang sangat baik yang dihasilkan dari kayunya atu produk yang tidak terbuat dari kayu lainnya. Dengan terjadi kebakaran pada hutan akan membuat devisa Negara menjadi menghilang atau musnah. Dengan menurunnya produktifitas yang ditimbulkan dari kebakaran hutan, itu juga akan berpengaruh pada devisa Negara.

Dampak Negatif Yang Ditimbulkan Dari kebakaran Hutan Terhadap Ekologis dan Juga Kerusakan Lingkungan

Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia
Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia
  • Hilangnya sejumlah spesies: kebakaran hutan tidak hanya membakar berbagai masam jenis flora, tetapi kebakaran hutan juga dapat mengancam kelangsungan hidup pada sejumlah binatang. berbagai macam spesies tanaman dan hewan menjadi terancam punah dikarenakan kebakaran hutan.
  • Erosi: hutan mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Ketika tanaman sudah musnah karena terjadi kebakaran hutan, akan menyisakan lahan yang luas yang sangat mudah untuk terjadi erosi, baik itu dengan terkena air hujan ataupun terkena angin.
  • Alih fungsi hutan: kawasan sekitar hutan yang terbakar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan lahan tersebut menjadi hutan. Bahkan hutan sering kali mengalami perubahan peruntukan dan menjadi perkebunan atau bahkan bisa saja menjadi padang ilalang.
  • Menurunnya kualitas air: ekologis hutan memiliki banyak sekali fungsinya salah satunya adalah daur hidrologis. Dengan terbakarnya hutan menimbulkan dampak negative yaitu hilangnya kemampuan hutan dalam menyerap air dan menyimpan air hujan.
  • Pemanasan global: dengan terjadinya kebakaran hutan dapat mengahasilkan asap dan gas CO2 dan gas yang lainnya. Kebakaran hutan tidak menimbulkan itu saja tetapi dengan terbakarnya hutan dapat menurunkan kemampuan hutan untuk menyimpan karbondioksida. Keduanya memiliki pengaruh yang sangat besar pada perubahan iklim dan pemanasan global.
  • Meningkatnya bencana alam yang terjadi: dengan terjadinya kebakaran pada hutan dapat mengganggu fungsi ekologi hutan dan dapat menyebabkan bencana alam, contohnya seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan

Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia
Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia

Berikut ini adah beberapa penyebab kenapa bisa terjadi kebakaran hutan.

  • Sambaran petir

Sambaran petir juga dapat membuat terjadinya kebaaran pada hutan, apalagi jika sedang musim kemarau. Kalian pasti sudah mengetahui bahwa ketika musim kemarau hutan-hutan akan mengalami kekeringan dan dengan keringnya hutan akan memudahkan terjadinya kebakaran ketika tersambar oleh petir yang menyambar.

  • Ulah dari manusia

Yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan salah satunya adalah karena ulah dari manusia sendiri, contohnya seperti membersihkan lahan pertanian. Perilaku yang seperti ini harus segera dihentikan dang bersosialisi pada masyarakat.

  • Aktivitas dari vulkanis

Penyebab kebakaran hutan salah satunya adalah dikarenakan akrivitas dari vulkanis dari gunung berapi contohnya seperti hutan yang terbakar dikarenakan oleh aliran laharatau hawa panas letusan gunung berapi.

Demikian penyampaian saya tentang Dampak Negatif Dari Kebakaran Hutan Bagi Manusia. Setelah kita membaca artikel ini kita telah mengetagui bahwa hutan sangat penting bahi hidup kita, sehingga kita harus melindungi dan menjanganya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan menambah pengetahuan anda. Terima kasih.