gitar akustik

5 Alat Musik Modern Ini Harus Kamu Ketahui

Posted on

Alat musik modern – Musik merupakan salah satu aspek dalam kehidupan manusia. Dan musik memiliki arti dan filosofi bagi masing masing orang. Seperti untuk memberi semangat, untuk menenangkan hati dan fikiran, untuk menikmatinya saja bahkan musik digunakan untuk belajar, dan lain sebagainya.

Musik sudah dikenal oleh manusia sejak zaman dahulu. Yang mana zaman dahulu hanya memakai alat musik yang tradisional, seperti gendang, rebana dan masih banyak lagi. Kalau dizaman dahulu musik hanya dipakai untuk acara ritual, walimahan, dan acara-acara yang menurut mereka penting. Jadi mereka hanya mengunakan alat musik di saat-saat tertentu saja.

Jika dibandingkan dengan zaman modern yang sekarang, alat musik sudah semakin banyak. Bahkan di seluruh dunia pun ada alat musik modern. Dan juga yang memainkan alat musik tidak hanya orang-orang tua saja, tapi anak muda bahkan anak-anak pun sudah bisa memainkan alat musik.

Bahkan anak muda sekarang yang menggemari alat musik dapat menjadi bakat bagi dirinya, sampai-sampai dijadikan talenta di sebuah acara. Jadi tidak heran lagi kalau alat musik ini sebagai alat bantu belajar dan menjadi penyemangat seseorang.

Setiap orang pasti memiliki alat musik yang digemarinya, seperti gitar, biola, piano dan masih banyak yang lainnya sesuai dengan kesukaannya. Nah, alat musik ini bisa menjadi teman kita di saat kita sedang sendiri, untuk menemani kita supaya kita terhibur. Atau bahkan untuk menjadi bantuan belajar supaya bisa lebih fokus dan semangat.

Maka dari itu alat musik digemari banyak orang terutama di kalangan remaja. Selain untuk menyenangkan hati dan belajar, alat musik juga membuat kita menjadi lebih keren dengan alat musik yang kita mainkan.

Apalagi kalau sampai dijadikan perlombaan, jika sudah mahir memainkan alat musik maka akan menjadikan manfaat juga yaitu memiliki bakat dan bisa dijadikan peluang usaha. Tapi jika alat musik yang digunakan itu memakai alat musik ritmis atau yang tidak modern sama saja kamu kurang terlihat keren.

Lalu apa saja contoh alat musik modern itu??

Nah, di bawah ini ada beberapa alat musik modern yang banyak digunakan di kalangan remaja.

  1. Alat Musik Modern Gitar

Alat musik ini di bagi menjadi 2 bagian, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik yaitu gitar yang memiliki lubang pada bagian tengah gitar. Gitar ini banyak dimiliki oleh kalangan muda, karena dapat menghasilkan suara yang berasal dari getaran senar yang dimainkan oleh pemain dengan menggunakan sadel atau jembatan.

gitar akustik

Maksud dari sadel atau jembatan itu apa? Sadel atau jembatan adalah tempat pengikat senar gitar yang mana akan masuk ke dalam ruang suara gitar. Kenapa anak muda banyak memiliki gitar akustik? Karena gitar akustik ini akan melatih pemain untuk menghasilkan sebuah nada yang cocok untuk di mainkan, dan juga gitar akustik merupakan pembelajaran dasar untuk pemula yang memainkan gitar.

Sedangkan gitar elektrik atau gitar listrik adalah gitar yang memiliki bentuk atau model yang padat maksudnya tidak ada satu lubang pun yang berada pada bagian tengah gitar. Gitar elektrik ini memiliki suara atau nada yang lebih indah dan menarik dibandingkan dengan gitar akustik. Suara yang dihasilkan dari gitar ini berasal dari g]senar gitar yang bergetar dan mengenai kumparan dibagian gitar elektrik.

 

Tapi gitar ini kadang sinyal yang dikeluarkan dari pickupnya (badan gitaryang mengeluarkan suara) akan dirubah secara elktronik dengan berbagai effect sebagai reverb. Jadi gitar listrik memiliki suara tambahan dari badan gitar yang mana akan membuat nada menjadi lebih unik dan menarik.

Gitar elektrik ini sudah sangat mendunia, bahkan dengan macam yang berbeda beda. Dan untuk urusan genre atau jenis musik, gitar elektrik memiliki beberapa macam, contohnya musik jazz, musik metal, musik pop, musik rock, musik blues, musik dangdut dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu ingin mempelajari tentang cara memainkan gitar yang bagus, maka kamu harus bisa memahami dan latihan terlebih dahulu. Caranya yaitu mempelajari kunci dasar dalam memainkan gitar, khususnya untuk para pemula.

  1. Alat Musik Modern Biola

biola

Biola adalah alat musik modern yang dimainkan dengan cara digesek. Dan menggeseknya juga harus dengan alat khususnya yang berfungsi untuk menggeseknya. Biola ini dilengkapi dengan empat buah senar, yang mana empat senar itu terdiri dari beberapa kunci.

Yaitu G-D-E-A yang disetel satu sama lain itu berbeda, kemudian disempurnakan dengan sela-sela yang kelima. Nah, nada yang paling rendah adalah nada G. Biola juga memiliki empat genre musik yaitu jazz, rakyat, klasik dan pop. Yang mana hanya bisa dilakukan oleh Violinis atau orang yang mengerti memainkan biola.

  1. Alat Musik Modern Piano

piano

Sebenarnya piano adalah alat musik tradisional, tapi karena harganya yang sangat mahal dan juga alat musik yang selalu digunakan di acara-acara resmi, piano menjadi salah satu alat musik modern.

Jadi tidak heran jika yang memiliki piano tidak semua orang, tapi hanya orang-orang tertentu dan beberapa orang saja yang mampu untuk membelinya atau orang yang berada di kalangan menengah ke atas.

Piano berasal dari Italia, dan pertama kali dibuat di tahun 1720 Masehi. Yang mana cara memainkannya itu dengan cara menekan tuts piano dengan menggunakan tangan. Nah, jumlah tuts piano adalah 88 tuts, dan juga setiap tuts memiliki nada yang berbeda. Dan piano juga memiliki tiga jenis, yaitu baby grand piano, grand piano dan upright piano.

  1. Alat Musik Modern Keyboard

keyboard

Keyboard ini hampir sama dengan alat musik piano. Tapi bedanya yaitu keyboard memiliki fungsi orchestrator atau penyelaras aransemen musik. Keybord memiliki tuts yang lebih sedikit dibanding dengan piano.

Nah, yang lebih hebatnya lagi dari keyboard adalah keyboard mampu untuk memainkan berbagai macam nada alat musik, contohnya seperti terompet, biola, gitar, seruling dan suara-suara alat musik yang lainnya.

Kelebihannya lagi dari keyboard yaitu dengan hanya menggunakan satu keyboard dapat bermain seperti layaknya suatu band yang mana mampu untuk memainkan tugas dari masing-masing anggota band, seperti drum, gitar dan yang lainnya.

Caranya yaitu hanya dengan mencampurkan berbagai macam nada alat musik di dalamnya. Tapi keyboard harus memakai listrik yang cukup banyak di bandingkan dengan piano.

  1. Alat Musik Modern Drum

drum

Drum adalah alat musik modern perkusi yang mana memiliki peran yang sangat penting sekali di dalam berbagai macam permainan musik. Karena drum merupakan suatu alat musik yang menjadi wadah dasar yang dapat mengatur tempo musik saat dimainkan. Intinya drum itu menjadi jantung dari semua permainan musik.

Nah, yang membentuk drum menjadi lebih sempurna lagi yaitu shell atau selongsong. Karena shell ini akan sangat berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Shell ini terbuat dari besi atau kayu, jika dibuat dari besi maka akan menghasilkan suara yang tajam dan attack, sedangkan yang terbuat dari kayu akan menghasilkan suara yang lebih hangat.

Ternyata drum tidak hanya satu macam saja, tapi memiliki banyak macam. Apa saja macam-macam drum? Yaitu antara lain ashiko, bodhran, aburukawa, conga, chenda, bougarabou, cajon, dunun, davul, djambe, table, tapan, taiko dan timpani.

Itulah beberapa alat musik modern yang harus kamu ketahui, karena alat musik ini sudah sangat mendunia, jadi jangan ketinggalan yaa, dari macam-macam, penjelasan dan cara memainkannya. Sekarang mana alat musik modern yang di atas menjadi favorit kamu ?? Semoga bermanfaat.