Cerita Rakyat Yang Ada Di Indonesia
Cerita Rakyat Yang Ada Di Indonesia

Macam-Macam Cerita Rakyat Yang Ada Di Indonesia

Posted on

Macam-Macam Cerita Rakyat Yang Ada Di Indonesia –  hai sobat jempoltangan.com. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian tentang macam-macam cerita rakyat yang ada di Indonesia yang berupa dongeng atau cerita legenda yang sangat popular di kalangan masyarakat. Namun, sebelum saya menyebutkan macam-macam cerita rakyat, saya akan menjelaskan apa itu cerita rakyat.

Cerita rakyat merupakan cerita yang muncul dari masyarakat, yang kemudian cerita itu di ceritakan dengan cara turun temurun dan menjadi berkembang dalam masyarakat pada masa yang lampau. Pada umumnya cerita rakyat itu menjadikan ciri khas pada setiap daerah atau bangsa yang mempunyai budaya yang bermacam-macam mencakup sejarah dan juga kekayaan budaya yang dimiliki oleh setiap daerah.

Umumnya, cerita rakyat menceritakan tentang suatu kejadian yang berada di suatu tempat atau asal mula suatu tempat. Pemeran atau tokoh yang ada pada cerita rakyat biasanya diwujudkan dalam berbagai bentuk contohnya seperti manusia, dewa, ataupun dengan bentuk binatang. Jika kalian perhatikan, kalian bisa membedakan bahwa sebuah cerita yang sedang di ceritakan adalah cerita rakyat dengan mudah.

Ciri-Ciri Dari Cerita Rakyat

Cerita rakyat disampaikan dengan cara turun temurun, tidak pernah diketahui siapa yang membuat cerita ini, kaya akan dengan nilai-nilai luhur, ceritanya bersifat tradisional, mempunyai banyak sekali versinya dan variasi, bersifat anonim, yang artinya nama pengarang cerita ini tidak ada, berkembang dengan cara mulut ke mulut, cerita rakyat disampaikan dengan cara lisan, mempunyai banyak bentuk klise dalam susunan atau cara untuk pengungkapannya.

Macam-Macam Cerita Rakyat

Ada banyak cerita yang akan saya sampaikan kepada kalian secara singkat. Yuk! Simak artikelnya sampai habis.

  1. Legenda Lutung Kasarung

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada zaman dahulu, di daerah pasundang hidup seorang raja yang perkaya yang mempunyai naman prabu tapak agung. Sang raja memimpin wilayahnya dengan sangat bijaksana dan adil, sehingga raja prabu sangat dicintai oleh rakyatnya. Sang raja memiliki dua anak perempuan yang sangat cantik. Anak yang tertua bernama purbararang, sedangkan adiknya bernama purbasari.

  1. Legenda Rawa Pening

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada zaman dahulu, di desa ngasem hiduplah seorang perempuan yang bernama endang sawitri. Endang sawitri sedang mengandung, dan kemudian melahirkan. Tetapi dia bukanlah melahirkan bayi manusia, tetapi dia melahirkan seekor naga. Naga tersebut akhirnya diberi nama baru klinting. Baru klinting ini adalah seekor naga yang aneh dan unik. Dia bisa berbicara layaknya seorang manusia.

  1. Tangkuban Perahu

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada jaman dahulu, hiduplah seorang putri raja yang memiliki namun Dayang sumbi yang tinggal di jawa barat. Sang putri memiliki anak laki-laki yang diberi nama sangkuriang. Anak itu sangat senang berburu di dalam hutan. Setiap sangkuriang berburu, dia selalu ditemani dengan seekor anjing kesayangannya yang diberi nama tumang.

Tumang adalah titisan dari para dewa, dan juga bapak kandung dari sangkuriang, tetapi sangkuriang tidak tahu bahwa anjing itu adalah bapak kandungnya sangkuriang, ibunya memang sengaja merahasiakan hal ini.

  1. Legenda Roro Jonggrang

 

Pada zaman dahulu kala, berdirilah sebuah kerajaan yang megah dan sangat besar, kerajaan tersebut diberi nama kerajaan prambanan. Rakyat yang ada di prambanan sangat damai dan makmur. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja yang sangat perkasa bernama raja prabu baka. Kerajaan yang kecil dan terletak di wilayah sekitar prambanan juga sangat menghormati dan tunduk pada kepemimpinan prabu baka.

  1. Legenda Danau Toba

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada jaman dahulu, tepatnya di wilayah Sumatra hiduplah seorang lelaki yang bekerja menjadi seorang petani. Petani ini sangat rajin sekali dalam bekerja, dan petani ini hidup sebatang kara. Setiap hari petani ini bekerja menggarap ladang dan mencari ikan, petani ini tidak mengenal lelah. Hal ini ia lakukan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

  1. Legenda Maling Kundang

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada zaman dahulu kala, di wilayah sumatra hiduplah sebuah keluarga di pesisir pantai. Keluarga itu memiliki seorang anak lelaki yang mereka beri nama malin kundang. Karena kondisi keluarga ini sangatlah memprihatinkan, maka ayah dari malin kundang memutuskan untuk pergi ke negeri sebrang.

  1. Timun Mas

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada zaman dahulu , di suatu desa hiduplah seorang janda tua yang memiliki nama mbok sarni. Setiap hari mbok sarni ini menghabiskan waktunya sendirian, karena mbok sarni ini tidak mempunyai seorang anak. Sebenarnya mbok sarni ini ingin sekali memiliki seorang anak, agar anak itu bisa membantunya untuk bekerja.

  1. Bawang Merah & Bawang Putih

Pada zaman dahulu kala, di sebuah desa tinggallah sebuah keluarga yang utuh dan terdiri dari ayah, ibu, dan anak perempuannya yang sangat cantik bernama bawang putih. Mereka merupakan keluarga yang sangat bahagia. Meski ayah dari bawang putih hanyalah seorang pedangang biasa, tetapi hidup mereka tetap damai dan rukun.

Namun, suatu ketika ibu bawang putih terkena penyakit yang sangat keras dan akhirnya ibu bang putih meninggal dunia. Bawang putih sangat bersedih ditinggal oleh ibunya demikian pula ayah bawang putih.

  1. Legenda Batu Menangis

Di sebuah bukit yang letaknya sangat jauh dengan desa, tepatnya didaerah Kalimantan. Hiduplah janda yang miskin dan janda ini memiliki seorang gadis. Anak gadis ini mempunyai paras yang sangat cantik jelita. Namun sayang sekali, gadis ini mempunyai prilaku yang sangat tidak baik. Gadis itu sangat pemalas, tidak pernah membatu pekerjaan rumah ibunya. Kerja gadis ini dari pagi sampai sore hanya bersolek saja.

  1. Legenda Telaga Bidadari

Cerita Rakyat
Cerita Rakyat

Pada zaman dahulu, ada sebuah telaga. Telaga itu tidak lebar dan juga tidak dalam. Telaga ini memiliki panjang tiga meter dan lebarnya dua meter dan kedalaman telaga ini hanya 2 meter. Air telaga ini sangat jernih dan benih, telaga ini juga tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang. Letak telaga ini di atas sebuah pematangan, di bawah teduhan, kelebata, dan juga kerindangan pepohonan di atasnya. Jika pohon limau ini berbunga, kerumunan burung dan juga serangga akan datang dan menghisapi madunya.

Demikian artikel saya tentang Macam-Macam Cerita Rakyat Yang Ada Di Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang cerita rakyat.