cerita rakyat
cerita rakyat

Cerita Rakyat yang Sangat Melegenda Lutung Kasarung

Posted on

Cerita rakyat – Di belahan bumi ini, masyarakat hidup di dalam area yang memiliki latar belakang budaya yang pastinya berbeda-beda. Bahkan daerah yang berdekatan terkadang memiliki cerita donggeng masing-masing. Di artikel kali ini kami akan menyediakan beberapa cerita rakyat baik yang berupa legenda maupun dongeng.

Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dari masyarakat setempat yang kemudian cerita itu diceritakan secara turun temurun dan pastinya berkembang dalam masyarakat di masa lampau. Cerita cerita tersebut menjadikan ciri khas dari setiap daerah.

Umumnya cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal usul suatu tempat.  Dan setiap cerita rakyat pastinya akan memiliki ciri- ciri tersendiri, berikut ini adalah ciri-ciri certa rakyat:

  • Disampaikan turun-menurun
  • Yang pertama membuat cerita itu tersebar pertama kali tidak ada yang mengetahuinya
  • Bersifat tradisional
  • Nama pengarangnya tidak ada
  • Berkembang dari mulut ke mulut
  • Disampaikan secara lisan
  • Kaya akan nilai-nilai luhur
  • Memiliki banyak variasi

Indonesia terkenal sekali akan cerita rakyat, legenda, dan lain sebagainya. Sepertihalnya legenda-legenda yang kerap kita dengar dan bahkan sampai dijadikan acara televisi nasional. Cerita rakyat terdapat 4 jenis anatara lain cerita jenaka, cerita binatang, cerita legenda, cerita pelipur lara.

  • Cerita jenaka merupakan bagian cerita rakyat yang bersifat jenaka atau lucu yang dapat menimbulkan tawa.
  • Cerita pelipur lara merupakan cerita yang berfungsi sebagai penghibur hati. Didalam kisah ini akan dikisahkan mengenai hal yang indah, penuh fantasi, dan juga impian yang sangat menawan.
  • Cerita legenda merupakan sebuah cerita prosa rakyat yang di anggap oleh orang yang mempunyai cerita yang benar-benar terjadi atau bisa disebut dengan kisah nyata.
  • Cerita binatang merupakan sebuah cerita yang para tokohnya berupa binatang dengan peran layaknya manusia.

Seperti yang sudah saya bilang di atas bahwa cerita rakyat merupakan sebuah cerita legenda yang berkembang di dalam lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, di setiap daerah yang berada di indonesia ini memiliki masing-masing cerita rakyat tersendiri. Sepertihalnya contoh dibawah ini:

Cerita rakyat lutung kasarung

lutung kasarung
lutung kasarung

Cerita rakyat berikut ini menjadi sebuah cerita legenda yang berasal dari sunda. Lutung kasurung mempunyai arti yaitu lutung yang tersesat.

Alkisah pada zaman dahulu di pelataran sunda terdapat sebuah kerajaan yang di pimpin oleh seorang raja yang bijaksana, yaitu Prabu tapak agung.

Prabu tapak agung memiliki dua putri yang sangat cantik yaitu Purbararang dan juga adiknya yang bernama purbasari.

Semakin lama prabu tapak agung sudah merasa sudah tidak pantas di atas tahta terus menerus. Ini sudah saatnya aku turun tahta, ujar prabu tapak agung. Dan akhirnya prabu tapak agung menunjuk putri bungsunya yaitu purbasari.

Akan tetapi putri sulungnya tidak terima dengan keputusan ayahandanya. Kegeraman purbararang semakin menjadi-jadi. Dan akhirnya purbararang mempunyai niat jelek yaitu dengan mencelakakan   adiknya.

Purbararang menemui nenek sihir guna untuk memanterai adiknya yaitu purbasari. Sehingga akhirnya tiba-tiba kulit purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Dengan begitu purbararang mempunyai kesempatan untuk merebut posisi tahta ayahandanya dengan cara mengusir adiknya, purbasari.

Akhirnya purbararng menyuruh seorang patih untuk mengasingkan  purbasari kedalam hutan. Setelah tiba di hutan seorang patih itu masih berbaik hati dengan membuatkan tempat tinggal untuk purbasari.  Selama di dalam hutan yang menjadi teman purbasari ialah hewan-hewan di hutan yang selalu baik kepadanya. Di antara hewan-hewan lainnya terdapat seekor kera yang misterius. Akan tetapi kera tersebut adalah hewan yang sangat perhatian kepada purbasari. Lutung kasarung membuat purbasari gembira dengan cara mengambilkan bunga dan juga bunga-bunga yang sangat indah bersama teman-temannya.

Disaat malam bulan purnama, lutung kasarung bersikap aneh kepada purbasari. Dia berjalan ke tempat yang sangat sepi lalu bersemedi. Dia memohon sesuatu kepada Dewata. Hal ini mmebuktikan bahwa lutung kasarung bukanlah mahluk biasa. Tak lama kemudian, tanah yang di dekatnya lutung merekah dan muncullah sebuah telaga kecil.

Keesokan harinya lutung kasarung meminta purbasari untuk mandi di telaga tersebut. Lalu purbasari menurutinya. Tidak lama setelah itu kulitnya menjadi bersih seperti dahulu kala, dan dia kembali cantik.

Purbararang yang berada di istana memutuskan untuk melihat adiknya yang berada di dalam hutan. Dia pergi bersama tunangannya. Purbararang tidak percaya saat melihat adiknya yang kembali cantik seperti semula.

Purbararang tidak mau kehilangan muka, dia mengajak adu panjang rambut. Awalnya purbasari tidak mau, akan tetapi karena didesak akhirnya purbasari mau, dan ternyata rambutnya purbasarilah yang lebih panjang. Akan tetapi purbararang masih tidak terima, akhirnya purbararang meminta untuk adu ketampanan tunangan. Purbasari sempat gelisah dan juga binggung. Akhirnya purbasari melirik ke arah lutung kasarung dan menarik tangannya.

Lutung kasarung sangat senang dan melonjak-lonjak seakan-akan menenangkan hati purbasari. Hal itu membuat kakaknya purbasari tertawa terbahak-bahak.

Pada saat itu purbararang segera bersemedi. Tiba-tiba lutung kasarung itu berubah menjadi seorang pemuda yang gagah dan juga tampan. Ketampanannya melebihi tunangannya purbararang. Akhirnya purbararang mengakui kesalahannya dan dia memohon maaf ke adiknya. Purbararang meminta kepada adiknya purbasari untuk tidak menghukum dia dan juga tunangannya.

Berhubung purbasari adalah sesosok yang baik hati, purbasari memaafkan kakaknya yaitu purbararang. Akhirnya mereka kembali ke istana bersama-sama. Akhirnya purbasari menjadi ratu dengan didampingi oleh seorang pemuda yang gagah dan juga tampan.

Demikian informasi tentang cerita rakyat yang dapat kami sampaikan. Terus kunjungi website kami dan temukan informasi yang terbaru dan juga pastinya menarik. Terima Kasih.