Cara Perkembangbiakan Bunga Kamboja

Posted on

Kali ini saya akan memberikan info tentang tanaman hias bunga kamboja. Bunga kamboja adalah sekelompok tumbuhan dalam marga plumeria. Bentuknya pun berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya pun mempunyai wangi yang khas, dengan mahkota berwarna putih, hingga berwarna merah keunguan. Biasanya bunga ini terdapat 5 helai, empat, bahkan 6. Bunga kamboja ini sudah di percaya masyarakat dianggap mempunyai energi gaib.

Asal mula bunga kamboja ini yaitu berasa dari Negara Amerika Tengah. Nama plumerianya di berikan untuk menghormati Charles Plumier( 1646-1706), pakar botani asal Negara perancis. Walaupun bunga ini berasal dari Negara yang jauh, bunga kamboja sekarang adalah pohon yang sangat populer, terutama di pulau bali. Karena di bali hampir setiap pura serta sudut kampung terdapat pohon ini.

Bunga kamboja ini juga mempunyai peranana yang sangat penting dalam kebudayaan di bali. Di beberapa tempat di nusantara, termasuk di Malaya. Bunga kamboja ini di tanam di perkuburan sebagai tumbuhan peneduh, dan juga sebagai penanda tempat.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Setiap pohon itu mempunya 2 bentuk daun. Yang pertama adalah mempunyai daun yang berujung lancip, dan yang kedua itu memepunyai daun yang ujungnya itu membulat. Perbedaaan tersebut tidak akan memepengaruhi cara menanamnya. Alangkah baiknya, sebelum kita memebeli, tentukan dahulu jenis mana, warnanya, bentuknya, dan fungsi dari bunga kamboja nanti ketika akan di tanam.

Pastikanlah jika pohon kamboja ini mecarampunyai root ball yang di bungkus oleh container(karung/polybag). Isi dari karung/polybag tersebut kira-kira antara 100, hingga 200 liter. Sebelum kita menanam pohon kamboja, di sarankan supaya membuat lubang berukuran 120 X 120 cm, dengan kedalaman 80 hingga 100 cm. pastikanlah lubang yang talh di gali itu tidak ada kotoran seperti beton, kerikil, atau sejenisnya. Kemudian tanamnlah pohon kamboja tersebut beserta penutupnya yang masih menempel. Ini bertujuan agar pohon kamboja tersebut dapat beradaptasi perlahan dengan media tanam, dan juga lokasi barunya.

Cara Perawatan bunga Kamboja

Bunga kamboja tergolong jenis tanaman yang tidak sulit dalam perawatanya. Sebaiknya, pohon ini di tanam dengan intensitas cahaya matahari langsung. Daun daru bunga kamboja ini juga tidak mudah rontok,hanya saja bunga yang sudah tua nanti akan terjatuh dengan sendirinya. Bunga kamboja juga perlu membutuhkan jenis edia tanam yang porus. Walaupun berjenis low maintenance, pohon ini juga mempunyai masalah jika pohon ini terserang oleh hama.

Perkembangbiakan Bunga Kamboja

  • Biji

Perkembangbiakan dari biji adalah cara untuk mendapatkan jenis-jenis adenium baru. Adenium dari biji tersebut menunjukan boggol yang membersar. Tidak seperti perbanyakan secara vegetative. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat pada bagian biji adeniumnya.

  • Sambung

Cara yang paling sering di gunakan untuk memeperbanyak adenium hibrida adalah dengan cara teknik menyambung.  Bagian batang bawah berasal dari biji yang bonggolnya bagus, dengan batang atas dari jenis hibrida yang di kehendaki. Setelah beberapa waktu yang lama, bekas sambunganya akan menghilang dan akan jadilah tanaman baru yang bagus.

Batang bawah biasanya di pilih yang berumur sekitar 9 sampai 12 bulan. Namun, baying bawahnya yang lebih besar juga dapat di gunakan untuk menyambung di setiap cabangnya. Kandungan energy yang ada pada bonggol akan memberikan pertumbuhan yang baik, dan juga sehat bagi batang atas, sehingga cara menyambung ini mempunyai tingkat kesuksesan yang tinggi.

Sambungan model V merupakan yang paling sering di gunakan, karena memepunyai tingkat keberhasilan yang paling tinggi. Walaupun bisa juga di lakukan dengan model rata. Panduan menyambung adenium secara step by step dapat di lakukan dnegan tips, dan trik yang khusus. Di butuhkan waktu sekitar 10 sampai 30 hari agar sambunganya itu dapat menyatu dengan sempurna.

Jangan lupa juga, melepas tali sambunganya agar tidak mengganggu penyerapan makanan pada bagian batang atas. Setelah beberapa saat, cabang baru akan dapat muncul dari batang bawah, cabang yang baru ini di sarankan supaya memangkasnya agar tidak mengganggu.

  • Stek

Cara yang satu ini sangatlah penting di gunakan, karena dalam melaksanakanya pun cukup mudah. Namun tingkat keberhasilan dalam pertumbuhanya itu sangatlah kecil, karena mudah terjadi pembusukan. Dengan cara seperti ini, sulit mendapatkan bonggol yang kualitas terbaik. Membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk menyamai besar bonggol adenium yang berasal dari biji.

Pada zaman dahulu, cara perkembangbiakan seperti ini biasa di gunakan untuk memperbanyak kamboja yang notabenenya mandul. Namun, untuk jenis hibrida spertinya teknik seperti ini hanya di lakukan ketika situasi genting saja. Yaitu, dimana tidak ada batang bawah yang bagus, padahal ada batang atas yang sudah di potong.

  • Cangkok

Gunanya dalam mencangkok adalah untuk mengurangi tingkat kegagalan yang biasa terjadi ketika melakukan system stek. Dengan sistem mencangkok, akar akan tumbuh lebih dulu baru di tanam. Sehingga tanaman dapat langsung menyerap unsur hara yang ada di dalam tanah. Namun, diperlukan tenaga yang cukup ekstra untuk melakukan pencangkokan, sehingga cara ini jarang sekali di gunakan.

Pemanfaatan Bunga Kamboja

Di Negara Indonesia, bunga kamboja masih banyak yang di manfaatkan, orang-orang Indonesia hanya mengenal bunga kamboka hanyalah sebagai tanaman penghias kuburan. Di bali, bunga kamboja ini biasanya di gunakan sebagai tanaman hias,sebagai pelengkap upacara keagamaan, yang di yakini mempunyai kekuatan penerang jiwa, dan bahkan biasanya di bali di gunakan sebagai hiasan di tubuh kita.

Nah, itulah sedikit informasi tentang bunga kamboja. Saya punya saran, bagi kalian yang ingi usaha, tapi tidak tahu usaha apa, cobalah anda bereksperimen dari bunga kamboja ini. Supaya bunga kamboja di Indonesia ini tidak terbuang percuma. Sekian dari saya, Terima Kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.