Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Cara Mudah dan Ampuh Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Posted on

Setiap manusia mempunyai kualitas konsentrasi serta daya ingat yang berbeda – beda antara satu orang dengan yang lainnya. Terdapat orang yang mempunyai konsentrasi dan daya ingat kuat, namun juga terdapat sebagian orang yang mempunyai konsentrasi serta daya ingat yang lemah. Untuk anda yang memiliki ingatan serta konsentrasi yang kuat, pasti tidak akan menjadi masalah. Namun bagaimana jika orang tersebut mempunyai kesulitan dalam mengingat dan konsentrasi? Pasti akan menjadi masalah bukan? Karena hal tersebut bisa mengganggu kegiatan serta produktivitas anda, apapun itu pekerjaannya Itulah sebabnya, dibutuhkan cara meningkatkan konsentrasi dan daya ingat yang bisa membantu seseorang untuk mengatasi permasalahan yang dialaminya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat yang dapat anda coba :

1. Makanlah Makanan yang Baik untuk Otak

Penelitian sudah membuktikkan jika procyanidins yang terdapat di dalam dark chocolate bisa membantu memori ataupun daya ingat dengan meningkatkan sirkulasi otak saat melawan oksidasi serta inflamasi. Bukan hanya itu saja, makanan yang bermanfaat untuk sistem saraf pusat merupakan makanan yang banyak mengandun vitamin serta antioksidan yang tinggi, misalnya buah, kacang – kacangan, minyak nabati, serta sayuran hijau.

2. Tidak Usah Memikirkan Banyak Hal yang Tidak Penting

Melakukan serta memikirkan banyak hal bisa membuat diri anda sering lupa. Hal tersebut dikarenakan anda terlalu sering memperhatikan serta memikirkan banyak hal dengan bersamaan. Cara kerja otak tidak dapat melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Contohnya di saat anda sedang membaca buku serta melakukan pembicaraan dengan teman di waktu yang bersamaan. Keadaan seperti ini pasti akan menurunkan daya konsentrasi anda. Otak memerlukan kira – kira delapan detik untuk dapat menyimpan informasi dalam memori. Sehingga, anda harus tenang dan jangan terlalu banyak memikirkan banyak hal dengan bersamaan.

3. Menulis

Menulis kegiatan sehari – hari ataupun hal penting dalam kehidupan sehari – hari bisa membantu konsentrasi serta daya ingat anda. Memang sih, menulis merupakan hal yang sepele untuk sebagian orang, namun ternyata cara ini sangat efektif. Jika anda takut lupa tentang sesuatu hal yang penting maka tulislah di buku harian ataupun di buku tulis. Kegiatan menulis membuat aliran oksigen ke area otak, sehingga sesuatu yang anda tulis akan lebih mudah untuk diingat daripada kegiatan yang tidak anda tulis. Menulis akan membantu anda untuk meningkatkan kapasitas memori agar mudah menghafal informasi serta mengingat sesuatu hal.

4. Berolahraga yang Rutin

Meskipun berolahraga merupakan bagian fisik yang digerakkan, tapi ternyata otak juga dapat meningkat kemampuannya.

Ketika seseorang sedang berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya, sehingga akan memicu perbanyakan sel saraf yang setelah itu akan memperkuat ikatan antar sel otak serta dapat menjaganya dari berbagai kerusakan.

Pada tahun 2010, terdapat sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience juga sudah membuktikan jika olahraga secara teratur bukan hanya dapat meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak, tap juga bisa membuat penyelesaian pekerjaan 2 kali lebih cepat daripada mereka yang tidak melakukan kegiatan olahraga.

Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti lari pagi, berenang, bersepeda, dan lain – lain. Tergantung jenis olahraga apa yang anda gemari.

5. Tidur Cukup Ketika Malam Hari

Penelitian yang dilakukan di Harvard University telah membuktikan jika seseorang akan mempunyai otak yang lebih kuat daya ingatnya jika memperoleh tidur yang cukup saat malam hari. Tidur cukup juga bisa meningkatkan kemampuan anda untuk kegiatan lain yang lebih menantang.

Tidur yang cukup juga berlaku untuk pertumbuhan otak balita. Balita yang dibiasakan untuk tidur siang sudah terbukti akan mempunyai kemampuan kognitif yang jauh lebih baik saat masa dewasa nantinya.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.