Cara Merawat Sepatu Kulit
Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Posted on

Cara Merawat Sepatu Kulit – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tips seputar dunia fashion, yaitu cara merawat sepatu kulit. Sepatu kulit merupakan salah satu keperluan utama dalam penampilan, terutama untuk pria dewasa. Disamping itu, untuk melindungi kaki kita dari kotoran dan debu, sepatu merupakan salah satu bagian penting untuk menyempurnakan penampilan seseorang.

Sepatu yang digunakan juga menyimbolkan jati diri dan karakter seseorang sesuai dengan sepatu yang digunakan. Sepatu berbahan kulit kerap dijadikan pilihan favorit kelebihan bahannya yang mampu mengikuti bentuk kaki sehingga kulit masih tetap bisa mendapatkan pasokan udara selama bersepatu. Demi kenyamanan kaki, seseorang bahkan rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk membeli sepatu kulit.

Sepatu kulit juga termasuk salah satu jenis sepatu yang sangat digemari oleh para kalangan pekerja, terutama pekerja kalangan professional. Selain karena memiliki kualitas yang awet, sepatu kulit juga bisa memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri bagi para pemakainya.

Namun, sama halnya dengan sebuah benda, sepatu juga tidak luput dari yang namanya rusak, usang dan kusam. Agar sepatu kulit tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, Anda harus memperhatikan cara perawatan sepatu tersebut. Cara merawat sepatu kulit sedikit berbeda dengan dengan merawat sepatu berbahan lain, namun tidak sulit jika Anda mengetahui caranya.

Cara Merawat Sepatu Kulit

  1. Mengenali Jenis Kulit pada Kulit Sepatu

Kenali terlebih dahulu jenis bahan dasar kulit pada sepatu kulit milik Anda sebelum Anda membersihkannya. Setiap jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda-beda. Jenis kulit yang akan dijadikan bahan baku berkualitas baik yaitu jenis kulit yang memiliki kualitas premium yang diperoleh dari proses penyamakan dan pengolahan yang cukup lama.

Bahan dasar kulit berkualitas premium tentu lebih tahan lama jika dibandingkan dengan kualitas medium atau bahkan yang biasa. Selain itu, sepatu kulit premium perawatannya lebih mudah. Periksa juga tingkat kelembapan sepatu kulit Anda dan juga periksa juga sifat kulit sepatu Anda, elastis atau tidak. Hal tersebut sangat diperlukan, karena Anda akan bisa mengetahui bagaimana langkah perawatan dan penggunaannya.

  1. Siapkan Peralatan Untuk Membersihkan Sepatu Kulit

Cara mencuci dan peralatan yang disiapkan yang dipakai untuk membersihkan sepatu kulit juga bisa mempengaruhi tingkat keawetan sepatu. Untuk membersihkan sepatu kulit, Anda memerlukan peralatan yang baik, di antaranya :

  • Kain lap lembut
  • Sikat bertekstur lembut
  • Air bersih
  • Semir berbahan krim
  • Sabun khusus untuk bahan kulit (saddle soap)
  • Minyak cerpelai (mink oil)
  • Sikat khusus sepatu (untuk kulit suede)
  • Bedak bayi atau bedak talk
  • Sumpal sepatu
  • Produk pelapis sepatu dari silikon

     3. Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Hal yang bisa menjadi pengaruh besar dalam perawatan sepatu kulit Anda adalah cara mencuci. Perawatan pada sepatu kulit, misalnya cara menyikat harus hati-hati dan perlahan agar bahan kulit yang ada pada sepatu Anda tidak lecet dan rusak. Anda harus berhati-hati apabila cara mencuci Anda menggunakan air, karena bahan dasar kulit umumnya tidak akan bertahan lama terhadap kelembaban.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit
Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Proses pengeringan juga memiliki teknik tersendiri. Sepatu kulit tidak boleh dijemur ketika matahari bersinar terang dan terik panasnya sanagt menyengat. Karena hal tersebut akan membuat sepatu terlalu kering, kaku hingga akhirnya akan mudah pecah. Jika akan menjemur sepatu, sebelum itu lapisi permukaan kulit dengan koran apabila sepatu dalam kondisi lembab agar tidak terkena secara langsung dengan paparan sinar matahari.

Pada kesempatan kali ini, kami juga akan membahas mengenai langkah-langkah untuk membersihkan sepatu kulit. Yang akan kami bahas yaitu sepatu jenis full grain, diantaranya :

  • Sepatu Kulit Jenis Full Grain

Sepatu Kulit Full Grain
Sepatu Kulit Full Grain

Mencuci sepatu kulit jenis ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu menggunakan sikat yang memiliki tekstur lembut untuk membersihkan bagian kulit sepatu yang terdapat kotoran, kemudian mengusapnya dengan kain yang bersih dan tidak perlu menggunakan air. Namun, Anda juga bisa menggunakan air apabila terdapat kotoran yang susah untuk dihilangkan pada bagian tertentu.

Langkahnya seperti berikut :

  • Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan lapisan kotoran dan debu, gosok permukaan sepatu kulit dengan sikat tersebut berlawanan arah dengan arah permukaan kulit sepatu. Jangan lupa membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Hal ini dilakukan untuk menyurutkan kotoran yang melekat pada kulit sepatu.
  • Setelah disikat, gunakan kain lembut kering untuk mengusap sepatu kulit agar kotoran yang masih menempel dapat dihilangkan. Lakukan pengelapan hingga Anda merasa cukup yakin jika sepatu Anda telah terbebas dari kotoran yang melekat pada kulit sepatu
  • Lalu berikan sedikit air pada kain lap yang bersih. Tidak perlu dicampur dengan deterjen atau sabun karena hal tersebut dapat membuat sepatu kulit Anda rusak. Usap bagian kulit sepatu yang mengandung serat. Untuk kulit sintetis, Anda bisa memakai sabun yang dikhususkan untuk kulit sepatu yang bisa Anda peroleh dari toko sepatu kulit.
  • Letakkan sepatu kulit Anda di tempat yang sejuk agar terkena angin segar dan agar sepatu tidak lembab. Biarkan hingga kulit sepatu kering seluruhnya.

Atau Anda juga bisa menggunakan cara yang lain, yaitu dengan membersihkan sepatu kulit dengan kain bersih yang telah diberi campuran sedikit air. Usap kulit sepatu hingga bersih dengan kain basah yang lembut, kemudian biarkan hingga kering. Agar sepatu kulit Anda kembali berkilau, semir sepatu kulit dengan menggunakan bahan dari silikon.

Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dan jangan terlalu sering. Kemudian letakkan sepatu kulit Anda di tempat terbuka dan berikan sumpal di dalam sepatu agar bentuk sepatu tidak berubah.