perawatan rambut

Cara Merawat Rambut Secara Alami Seperti Di Salon

Posted on

Semua orang pasti ingin memiliki rambut sehat berkilau. Apalagi wanita, karena rambut bagi wanita adalah mahkota. Bagi wanita memiliki rambut yang sehat dan berkilau itu akan memberikan rasa percaya diri yang lebih terhadap dirinya. Akhirnya mereka akan selalu pergi ke salon untuk merawat rambutnya.

Karena perawatan rambut di salon ada banyak penawarannya sehingga para wanita tertarik akan hal itu. Padahal tidak semua perawatan yang ada di salon itu baik, bahkan membuat rambut yang awalnya sehat menjadi kusam dan rusak.

Kita bisa juga kok merawat rambut secara alami sendiri di rumah, tanpa harus repot-repot mengeluarkan uang banyak. Dan tidak perlu khawatir dengan rambut yang rusak, karena perawatan secara alami sudah terbukti tidak memakai bahan kimia apapun daan hasilnya tidak jauh beda dengan perawatan di salon. Di bawah ini cara merawat rambut secara alami seperti di salon.

Cara Merawat Rambut Secara Alami

  1. Memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut

produk perawatan rambut

Sebelum kamu menggunakan produk sampo dan conditioner, kamu harus mengenali dulu jenis rambutmu. Baik itu kering atau berminyak. Karena dengan kamu menggunakan sampo dan conditioner yang tepat, akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut. Baik itu rontok, patah atau bercabang.

  1. Keramas menggunakan air dingin

Air dingin sangat bermanfaat untuk rambut. Yaitu untuk mencegah rambut rontok dan menjaga agar rambut tetap berkilau dan lembut. Dan mampu membuat peredaran darah menjadi lancar.

  1. Menyisir dengan benar

menyisir rambut dengan benar

Menyisir rambut juga harus diperhatikan lho, supaya rambut tidak rusak. Caranya yaitu menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu, lalu sisir yang bagian atas. Jika menyisir rambut dari atas maka akan membuat rambut rontok dan patah. Dan hindari sisir yang terbuat dari plastik, karna dapat menghantarkan listrik statis yang dapat menyebabkan rambut rusak.

  1. Tidak menyisir rambut saat masih basah

menyisir rambut basah

Setelah keramasan, biarkan rambut kering dengan sendirinya. Dan jangan disisir saat masih basah, karena akan menyebabkan rambut rontok dan patah karena kusut.

  1. Lakukan pijat kepala secara rutin

pijat kepala

Memijat kepala bermanfaat untuk mendetoksifikasi kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi atau aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar maka akan membawa nutrisi yang banyak. Bahkan rambut menjadi lebih sehat.

  1. Mengeringkan rambut dengan handuk dan tidak menggosoknya

mengeringkan dengan handuk

Sebaiknya kamu megeringkan rabut dengan cara membungkus dengan handuk, dan jangan menggosokkannya. Karena rambut itu sangat rapuh saat keadaan basah. Jika rambut digosok menggunakan handuk maka rambut akan mudah patah.

  1. Lidah Buaya

lidah buaya 

Kamu dapat membuat sampo atau masker sendiri dengan bahan alami yang satu ini. Caranya mudah yaitu ambil gel yang ada di dalam lidah buaya dan hancurkan bersama dengan buah alpukat. Kemudian oleskan kepada rambut. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 minggu sekali.

  1. Jus Lemon

jus lemon

Selain untuk diminum, jus lemon juga memiliki manfaat pada perawatan rambut. Yaitu bisa mengatasi rambut kusam. Caranya yaitu aplikasikan jus lemon setelah rambutmu keramas. Lalu diamkan selama 5-10 menit. Bilas hingga bersih.

  1. Baking Soda

baking soda

Selain berguna untuk kue, baking soda juga bisa menjadi salah satu perawatan rambut alami. Baking soda mampu mengurangi kandungan zat kimia yang berada di dalam shampo. Cara perawatannya yaitu larutkan 3 sendok makan baking soda ke dalam air. Kemudian gunakan cairan ini untuk membilas rambutmu.

  1. Konsumsi makanan sehat

makanan sehat

Ternyata mengkonsumsi makanan sehat sangat berpengaruh pada perawatan rambutmu. Maka dari itu konsumsilah makanan yang sehat. Yaitu banyak minum air putih, buah-buahan dan sayur-sayuran. Karena rambut sangat membutuhkan zat besi dan protein. Para ahli kesehatan menyarankan supaya memperbanyak makan sayuran hijau, kacang-kacangan, buncis, yoghurt, keju dan biji labu.