Cara Merawat Kelinci Anggora
Cara Merawat Kelinci Anggora

5 Cara Merawat Kelinci Anggora Dengan Baik Bagi Pemula

Posted on

Cara Merawat Kelinci Anggora – Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup terkenal di Indonesia. Kelinci mempunyai berbagai macam jenis, salah satunya yang menjadi favorit untuk dijadikan untuk hewan peliharaan adalah kelinci jenis anggora. Kelinci anggora awalnya berasal dari Turki, kemudian oleh pelaut dari Inggris dibawa ke Perancis.

Pada zaman dahulu, kelinci anggora dijadikan kelinci kerajaan dan saat ini sudah sangat terkenal dan sangat digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Kelinci anggora ini sangat sesuai untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan karena fisik yang sangat cantik dengan tubuh yang ditutupi atau diselimuti oleh bulu-bulu panjang. Perawatan kelinci anggora juga terbilang mudah.

Keramahan kelinci anggora kepada manusia juga merupakan salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan bagi seseorang untuk memelihara hewan yang satu ini. Telah terbukti bahwa binatang lucu ini sangat bersahabat dengan dan mudah beradaptasi dengan manusia.

Meskipun perawatan kelinci anggora terbilang mudah, namun sebenarnya kelinci jenis ini sangat lemah atau mudah sakit, sehingga jika tidak dipelihara dan dirawat dengan baik dan benar, maka kelinci tersebut akan mudah mati. Anda harus merawatnya dengan baik agar Anda tidak kecewa saat melihat kelinci kesayangan Anda mati.

Bagi Anda yang baru memelihara hewan yang satu ini dan belum tahu cara merawat kelinci anggora dengan baik, maka Anda tidak perlu khawatir karena pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai cara merawat kelinci anggora dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara merawat kelinci anggora. Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memelihara kelinci anggora, namun belum terampil atau belum mengetahui cara merawatnya, maka artikel kami yang satu ini wajib Anda baca.

  1. Perawatan Kandang

Kandang Kelinci Anggora
Kandang Kelinci Anggora

Cara merawat kelinci anggora yang pertama yaitu Anda perlu menyiapkan tempat tinggal atau kandang untuk binatang peliharaan. Pada hakikatnya, kelinci merupakan hewan liar yang hidup di alam bebas. Maka dari itu, sebaiknya kelinci anggora dipelihara di padang rumput atau di halaman rumah yang memiliki rumput yang tidak terlalu lebat, agar kelinci tidak merasa dikurung oleh pemiliknya dan dapat bergerak bebas.

Anda juga dapat meletakkan kelinci anggora dikandang yang Anda punya. Kandang yang dipakai untuk memelihara kelinci anggora juga harus memenuhi kriteria yang berlaku. Kandang yang digunakan untuk memelihara kelinci anggora harus kandang yang baik dam sehat. Kandang yang baik dan sehat yaitu kandang yang memebuat kelinci sehat dan nyaman secara mental dan fisik.

Kandang kelinci anggora harus memenuhi beberapa kriteria yang tela ada, di antaranya :

  • Ukuran

Kriteria pertama yang harus terpenuhi yaitu masalah ukuran kandang. Kelinci jenis apapun memerlukan ruang yang luas untuk bergerak, apalagi kelinci anggora merupakan jenis kelinci yang aktif. Ukuran kandang yang dianjurkan yaitu kandang yang memiliki ukuran 3 kali lebih besar dari ukuran kelinci anggora yang Anda pelihara.

Apabila Anda kesulitan untuk mengukur kelinci anggora yang Anda pelihara, maka ukuran kandang yang sebaiknya dipakai untuk memelihara kelinci anggora minimal 50 x 50 cm. Semakin besar ukuran kandang maka akan semakin baik untuk kelinci anggora.

  • Pencahayaan

Pencahayaan juga termasuk salah satu hal yang sangat penting untuk sebuah kandang hewan peliharaan. Pastikan kandang kelinci anggora yang Anda miliki mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Cahaya matahari bermanfaat untuk mencegah kelembapan, sehingga kandang tetap dalam kondisi kering.

  • Sanitasi Kandang

Kriteria yang harus dipenuhi dalam kandang kelinci anggora yaitu sanitasi atau pembuangan kotoran kelinci. Kotoran yang sudah terlalu lama tidak dibersihkan dari kandang dapat menyebabkan penyakit dan akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Dalam hal sanitasi atau pembuangan kotoran, Anda dapat meniru sangkar burung.

Jadi, bagian bawah kandang kelinci terbuat dari jeruji besi, dalam pembuatan jeruji beruji besi ini jangan terlalu rapat agar kotoran kelinci bias langsung jatuh ke bawah kandang atau keluar kandang. Lalu, letakkan sebuah papan di bawah jeruji besi yang digunakan untuk membuang kotoran.

  • Kebersihan

Kebersihan memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan. Kelinci angora yang Anda miliki akan sehat apabila kandangnya bersih. Maka dari itu, bersihkan kandang kelinci anggora setiap hari dari sisa kotoran dan makanan yang ada.

  1. Pakan Kelinci Anggora

Kelinci anggora merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Kelinci dapat memakan apa saja asalkan itu tanaman. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam hal pemberian makan. Usahakan untuk memberinya makan berupa rerumputan pada kelinci anggora yang Anda pelihara.

Apabila Anda tidak bisa memberi makan rerumputan, terdapat alternative lain yaitu sayuran, seperti selada air, kubis, wortel dan brokoli beserta daunnya. Pastikan Anda memberikan sayuran yang telah layu kepada kelinci anggora, karena kandungan  serat pada sayuran yang telah layu lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan serat pada sayuran yang masih segar.

  1. Pemberian Air Minum

Banyak orang yang berpikir bahwa kelinci anggora telah banyak mendapatkan asupan air dari sayuran dan buah yang dimakannya, namun pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar tetapi juga tidak dapat disalahkan. Memang benar bahwa kelinci anggora telah mendapatkan banyak asupan air dari sayuran dan buah-buahan yang dimakannya, namun asupan air dari sayuran dan buah-buahan tersebut belum cukup.

Kelinci anggora memerlukan asupan air per harinya sekitar 0,5 hingga 1 liter. Jika kelinci anggora aktif bermain-main, maka Anda harus menambahkan kebutuhan airnya.

  1. Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikologis

Sebagai pemilik kelinci anggora, Anda harus selalu menjaga kesehatan psikologis dan fisik kelinci anggora yang Anda pelihara. Hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis kelinci anggora yaitu dengan menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan di sekeliling kelinci anggora. Karena dari kenyamanan dan kebersiha  inilah yang akan membuat kelinci anggora terhindar dari penyakit dan stress.

  1. Perawatan Bulu Kelinci Anggora

Perawatan Bulu Kelinci Anggora
Perawatan Bulu Kelinci Anggora

Cara merawat kelinci anggora yang terakhir yaitu perawatan pada bulu kelinci anggora. Kelinci anggora memiliki bulu yang cukup tebal dan lebat di seluruh tubuhnya. Apabila tidak dirawat, maka bulu kelinci anggora akan kusut, kotor dan berantakan.

Sebagai pemilik kelinci anggora, pasti Anda menginginkan kelinci anggora yang Anda pelihara terlihat tampil cantik dengan bulu yang bersih dan rapi. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat bulu kelinci anggora, di antaranya :

  • Minimal dua kali sehari, gunakan sisir khusus kelinci hias untuk merapikan bulu kelinci anggora. Jika bulu kelinci anggora yang Anda pelihara sudah terlihat berantakan, maka Anda harus segera merapikannya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tejadinya kekusutan pada bulu kelinci anggora.
  • Jauhkan kelinci anggora dari tempat yang becek dan basah untuk menghindari kemungkinan bulu kelinci menjadi kotor dan kusut.
  • Jauhkan kelinci anggora yang Anda pelihara dari tempat yang memiliki suhu terlalu panas agar bulu kelinci anggora tidak rontok.
  • Jika bulu kelinci anggora sudah sangat kotor dan Anda tidak mampu membersihkannya sendiri, maka sebaiknya bawa kelinci anggora ke salon hewan untuk dimandikan dan ditata bulunya.
  • Apabila Anda ingin memandikannya sendiri di rumah, gunakan air hangat dan sampo khusus kelinci. Setelah itu, gunakan hairdryer bersuhu sedang untuk mengeringkan bulunya.
  • Beri asupan vitamin E pada kelinci anggora untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu kelinci anggora. Vitamin E dapat diperoleh dari pelet atau pakan kering atau juga bisa dari bijji-bijian.

Demikianlah beberapa cara merawat kelinci anggora yang baik dan benar. Semoga informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang ingin memelihara kelinci anggora ataupun yang sudah mempunyai kelinci anggora. Terimakasih.