Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi
Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi

7 Makanan Sehat Bagi Penderita Kolestrol Tinggi

Posted on

Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi – Kolestrol merupakan salah satu penyakit yang banyak dijumpai pada masyarakat di Indonesia. Kebiasaan  konsumsi makanan masyarakat Indonesia yang kurang diperhatikan juga sangat berhubungan dengan bertambahnya penderita kolestrol di Indonesia. Mengonsumsi jeroan, hati dan gorengan memang tidak dilarang karena rasanya yang enak.

Namun, makanan tersebut bisa menjadi penyakit yang berbahaya untuk tubuh kita jika mengonsumsi terlalu banyak. Kolestrol sendiri juga telah dihasilkan secara alami lewat organ hati kita. Pada hakikatnya, tubuh kita juga memerlukan kolestrol terutama yang diperoleh dari makanan hewani untuk membentuk dinding sel.

Namun, kolestrol ini juga tidak diperkenankan melewati kebutuhan harian kita. Kita boleh mengonsusmsi ayam goreng atau jenis daging lainnya. Namun, apabila kita memakan ayam goreng setiap hari, apakah baik untuk tubuh?

Penyebab kolestrol

Seseorang yang mempunyai kadar kolestrol tinggi tidak akan tampak jika tidak dilakukan tes darah. Kadar kolestrol pada tubuh tidak dapat dilihat dari ukuran tubuh. Belum tentu orang yang gemuk mempunyai kadar kolestrol yang tinggi. Bahkan seseorang yang kurus bisa saja memiliki kadar kolestrol yang lebih tinggi.

Kadar kolestrol yang tinggi pada tubuh bisa menimbulkan banyak penyakit seperti darah tinggi, stroke dan serangan jantung. Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila memiliki kadar kolestrol yang tinggi, karena biasanya jika kita memikirkannya terlalu berat, maka akan berakibat stress dan akan semakin membuat kolestrol Anda meningkat dan darah tinggi.

Kebanyakan orang yang mempunyai penyakit kolestrol akan memeriksakannya ke dokter dan setelah diperiksa hasil akhirnya akan diberikan obat. Namun, umumnya disinilah letak kesalahan yang fatal, banyak penderita kolestrol yang ketergantungan dengan obat kolestrol yang diberikan oleh dokter.

Perlu kita ketahui bahwa obat-obat medis hanya untuk sementara dan tidak baik jika digunakan untuk jangka panjang. Alangkah baiknya apabila kita membuka wawasan yang lebih luas. Disekitar kita tersedia berbagai macam obat alami untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi.

Bahkan telah tersedia berbagai macam obat herbal yang telah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol yang tinggi dalam darah. Dan obat herbal ini memiliki kelebihan yaitu tidak menyebabkan ketergantungan dan cukup aman jika digunakan jangka panjang.

Selain obat herbal, terdapat beberapa bahan dari alam yang juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi. Sebelum itu, lakukan pengecekan kadar kolestrol terlebih dahulu untuk membuktikan hasil sebelum dan sesudah mengonsumsi, benar efektif atau tidak. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi.

Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi Secara Alami

  1. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal

Cara menurunkan kolestrol tinggi yang pertama yaitu dengan mengonsumsi oatmeal. Apakah Anda masih ingat dengan iklan salah satu makanan Queker Oats? Makanan tersebut memiliki kandungan oatmeal yang memiliki serat alami yang mampu membantu menurunkan kolestrol dalam tubuh kita. Dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin akan membantu tubuh Anda untuk menurunkan kolestrol dan mengurangi lemak yang masuk ke tubuh Anda.

  1. Anggur Merah

Anggur Merah
Anggur Merah

Meskipun memiliki harga yang mahal, namun buah yang satu ini memiliki manfaat yang sepadan dengan harganya, yaitu dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi pada darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Department Of Metabolism and Nutrition tepatnya di Universidad Complutense de Madrid menjumpai fakat bahwa mengonsumsi anggur merah bisa membantu menurunkan LDL sebanyak 9 hingga 12 persen.

  1. Omega 3 pada Ikan

Omega 3
Omega 3

Omega 3 telah diketahui sejak dahulu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita, salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolestrol tinggi dalam darah. omega 3 juga sangat bermanfaat untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sumber omega 3 dapat didapatkan pada beberapa ikan, seperti ikan tuna atau ikan salmon.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan

Kacang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Kandungan serat pada kacang merupakan sumber protein nabati yang paling besar. Kacang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol yang tinggi pada tubuh. Atau Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kacang-kacangan, seperti tahu, tempe, kacang almond, susu kedelai dan kenari serta kacang polokyo. Kacang polokyo ini merupakan salah satu kacang yang cukup populer di masyarakat.

  1. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatahn kita, salah satunya yaitu sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi dalam darah. Selain daging buahnya yang sangat manis, alpukat juga mengandung karbohidrat yang bisa membuat perut kita kenyang lebih lama.

Bagi Anda yang sedang diet, alpukat dapat menjadi salah satu menu andalan untuk dietmu. Serat alami yang terkandung pada alpukat juga bisa melancarkan buang air besar.

  1. Teh Hitam

Teh Hitam
Teh Hitam

Cara menurunkan kolestrol tinggi berikutnya yaitu dengan teh hitam. Teh hitam ini ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol yang tinggi pada darah. Menurut penelitian dari USDA, mengonsumsi the hitam setiap hari secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi dalam darah sebanyak 10 persen hanya dalam 3 minggu.

  1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Cara menurunkan kolestrol tinggi yang terakhir yaitu dengan menggunakan manfaat minyak zaitun. Bagi Anda yang masih menggunakan minyak goreng biasa, kini saatnya Anda beralih menggunakan minyak zaitun. Lantaran minyak zaitun atau olahan lainnya yang berbahan dasar minyak zaitun ini memang telah terbukti ampuh untuk membantu tubuh Anda menurunkan kadar kolestrol tinggi dalam darah.

Selain itu, telah tersedia minyak zaitun yang khusus untuk kita konsumsi secara langsung. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun bisa menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh nyeri sendi dan juga dapat menambah stamina kita.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kadar kolestrol tinggi. Namun, selain bahan alami diatas, Anda juga harus mengimbanginya dengan beberapa aktivitas olahraga dan juga mengonsumsi air putih yang banyak agar penurunan kadar kolestrol bisa berjalan dengan cepat. Aktifitas olahraga yang Anda lakukan akan membuat kerja pembuluh darah kita semakin intens dan cepat dalam memompa darah pada setiap bagian tubuh.