Mata Ikan
Mata Ikan

Tips Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

Posted on

Cara Menghilangkan Mata Ikan – Mata ikan merupakan penyakit sejenis kutil yang biasanya terjadi pada bagian telapak kaki. Walaupun memiliki bentuk yang kecil, namun apabila penyakit ini dibiarkan akan semakin parah bahkan bisa memerlukan operasi kecil untuk mengangkatnya.

Padahal, sekarang ini terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata ikan secara alami tanpa obat ataupun operasi. Penyakit mata ikan ini muncul disebabkan oleh virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Selain di telapak kaki, penyakit ini juga sering muncul di jari-jari kaki, tumit, jari-jari tangan, mulut hingga wajah.

Namun, kebanyakan penyakit kulit ini menyerang bagian kaki saja. Tanda-tanda yang ditimbulkan penyakit ini adalah pengerasan dan penebalan pada area kulit. Selain gejala diatas, penyakit mata ikan juga akan memunculkan benjolan-benjolan kecil menyerupai mata ikan, sehingga penyakit ini terkenal dengan nama mata ikan atau mata iwak. Terkadang benjolan tersebut berpisah-pisah dan kadang berkumpul di satu tempat.

Cara Menghilangkan Mata Ikan
Cara Menghilangkan Mata Ikan

Virus Human Papillomavirus yang merupakan penyebab munculnya penyakit mata ikan bisa muncul karena berbagai macam kondisi. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor penyebab munculnya mata ikan di bagian tubuh, yaitu kurang menjaga kebersihan, seperti sepatu atau kaos kaki yang lembap dan kotor karena jarang di cuci atau bahkan tidak pernah dig anti.

Tekanan yang melebihi batas akibat pemakaian sepatu yang terlalu sempit atau dari cara berjalan yang tidak tepat yang mengakibatkan adanya gesekan secara terus menerus pada bagian kaki. Pemakaian kamar mandi secara bersamaan, seperti di tempat gym, kos atau yang lainnya.

Dari berbagai hal diatas, sudah terlihat jelas bahwa penyebab utama dari munculnya penyakit mata ikan ini adalah kebersihan dan juga tekanan yang berlebihan. Berikut ini kami akan mengulas beberapa cara untuk mengatasi mata ikan tersebut.

Cara Menghilangkan Mata Ikan

Sekarang ini, terdapat berbagai macam obat mata ikan yang dijual di apotek, missal keratolik, callusol dan lain sebagainya. Namun, yang akan kami bahas di sini adalah cara mengobati mata ikan dengan bahan tradisional dan alami, di antaranya :

  1. Getah Pepaya

Selain buahnya yang memiliki rasa yang manis dan bisa dijadikan sebagai manisan yang lezat, pepaya juga mempunyai getah yang bermanfaat untuk mengatasi mata ikan. Cara pertama yaitu, terlebih dahulu bersihkan kaki Anda dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam.  Kemudian rendam kaki Anda yang terdapat mata ikan ke dalam air hangat yang dicampur dengan garam selama 15 menit.

Setelah itu, basuhlah dengan air biasa dan keringkan dengan handuk yang bersih. Kemudian oleskan getah pepaya di bagian kulit yang terdapat mata ikan tersebut. Lakukan cara ini secara rutin sampai mata ikan teratasi. Pastikan juga untuk tidak menggunakan bagian tubuh yang terdapat mata ikan pada saat melakukan aktivitas agar proses penyembuhan tidak memakan waktu yang lama.

  1. Getah Kamboja

Cara menghilangkan mata ikan yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan getah kamboja. Getah dari pepohonan yang sering tumbuh di area pemakaman ini sejak dahulu memang terkenal sebagai obat untuk berbagai macam penyakit kulit yang ampuh. Cara menghilangkan mata ikan dengan menggunakan kamboja sangatlah mudah.

Pertama-tama, bersihkan bagian kulit yang terdapat mata ikan seperti cara sebelumnya. Kemudian oleskan getah kamboja di bagian kulit yang terkena mata ikan. Lakukan pengobatan ini secraa teratur sampai mata ikan sembuh.

  1. Daun Dewa

Daun dewa mempunyai banyak khasiat sebagai obat herbal, salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit mata ikan. Caranya sangat sederhana, siapkan 5 helai daun dewa, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang terdapat mata ikan.

Kemudian bagian kulit yang telah di olesi tadi, balut dengan perban dan pastikan agar area tersebut tidak digunakan untuk melakukan aktivitas terlebih dahulu hingga mata ikan sembuh.

  1. Rokok

Cara yang satu ini memang cukup ekstrim, yaitu dengan menggunakan rokok yang menyala. Caranya pun juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Dekatkan bara rokok yang sedang menyala ke bagian kulit yang terkena mata ikan kurang lebih setengah meter. Tahan hingga 5 menit.

  1. Batu Apung

Cara yang selanjutnya juga cukup tradisional yakni dengan menggunakan batu apung. Caranya sangat sederhana, pertama-tama bersihkan area kulit yang terdapat mata ikan dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Kemudian gosoklah area kulit yang terkena mata ikan dengan batu apung tersebut untuk menipiskan penebalan kulit di area tersebut.

  1. Bawang Putih

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit mata ikan di telapak tangan atau kaki. Caranya yaitu, siapkan satu suing bawang putih, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, oleskan ke bagian kulit yang terkena penyakit mata ikan.

  1. Lemon

Buah lemon selam aini telah dipercaya memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar. Selain itu, lemon juga dapat membantu menghilangkan penyakit mata ikan. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menggosokkan buah lemon pada bagian kulit yang terdapat mata ikan secara teratur. Lama kelamaan area kulit yang terdapat mata ikan tersebut akan halus, sehingga akan mudah untuk digosok dengan batu apung.

  1. Cuka Apel

Cara menghilangkan mata ikan yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan cuka apel. Seperti halnya lemon, cuka sari apel juga dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan bagian kulit yang terkena penyakit mata ikan sebelum digosok dengan batu apung. Caranya, cukup rendam bagian kulit yang terkena mata ikan ke dalam cuka sari apel selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, gosoklah bagian kulit tersebut dengan menggunakan batu apung.

Lakukan cara ini secara teratur selama 3 kali sehari. Agar proses penyembuhan mata ikan bisa berjalan dengan cepat dan tidak kembali lagi, Anda juga harus menjaga kebersihan. Gunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih. Segera cuci dan jemur sepatu dan kaos kaki apabila kebasahan akibat hujan. Pemakaian sepatu dan alas kaki yang sempit juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya mata ikan.

Apabila sepatu atau alas kaki yang Anda gunakan sudah tidak muat atau kekecilan, maka segera ganti dengan sepatu baru yang lebih nyaman apabila dipakai. Apabila Anda terkena penyakit mata kaki, segera lakukan pengobatan. Karena jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa menjadi penyakit berbahaya bagi Anda.