Cara Mengatasi Masuk Angin
Cara Mengatasi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bahan Alami dan Sangat Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Masuk Angin – hai semua sobat Jempoltangan.com, diartikel kali ini kita akan membahas tentang cara ampuh mengatasi masuk angin dengan bahan alami, kenapa kita membahas tentang mengatasi masuk angin dengan bahan alami? Karena dengan bahan alami untuk mengatasi masuk angin tidak menimbulkan efek samping sama sekali saat menggunakannya.

Kita tidak perlu kedokter atau mengeluarkan uang banyak banyak. Cukup dengan cara tradisional atau alami. Masuk angin ini menyerang pada tubuh yang penyebabnya adalah telat makan, kurang tidur, begadang hingga larut malam dan sering kehujanan. Meskipun masuk angin ini hal yang cukup sepele tapi tidak boleh dibiarkan karena sudah banyak kasus kematian akibat masuk angin.

Masuk angin ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, cara mencegah masuk angin juga bisa dengan menjaga kesehatan atau juga bisa dengan menjaga pola makan yang benar. Gejalanya masuk angin itu seperti mengalami sendawa terus menerus, mual dan pusing. Biasanya ini terjadi karena kekurangan mineral, Fungsi Mineral untuk Kesehatan sangat banyak.

Sebagian orang untuk mengatasi masuk angin menggunakan cara tradisional yaitu dengan cara kerokan. Dengan menggunakan cara kerokan ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi masuk angin. Namun dengan menggunakan cara kerokan ini dapat merugikan tubuh kalian, karena dengan kerokan kekebalan tubuh kita akan menurun.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Untuk mengatasi masuk angin tidak harus terus menerus mengkonsumsi obat obatan dari dokter. Dan ini beberapa cara ampuh mengatasi masuk angin dengan bahan alami yang sangat ampuh dan sangat efektif:

Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Cara mengatasi masuk angin yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah obat yang sangat ampuh untuk masuk angin. Cara menggunakannya cuci bawang putih hingga higienis lalu langsung dimakan, cara ini mudah untuk digunakan atau diterapkan dan ini dapat digunakan untuk dewasa. Senyawa alicin yang ada pada bawang putih ini bertindak sebagai antibiotik alam dan antioksida.

Dan cara untuk anak anak adalah awang putih cuci hingga higienis, lalu dihaluskan dan tambah sedikit minyak goreng, lalu  balurkan pada bawah leher atau pada perut. Gunakan cara ini dengan rutin dan teratur ketika masuk angin. Efek pada anak adalah anak tersebut akan merasa hangat dan aliran darahnya pun lancar.

Menggunakan Bawang Merah

Bawang Merah
Bawang Merah

Cara mengatasi masuk angin yang kedua dengan menggunakan bawang merah. Cara menggunakanya cuci bawang erah hingga higienis lalu haluskan bawang merah lalu berikan sedikit minyak sayur dan balurkan di bagian kepala secara merata. Cara ini mudah digunakan dan cara ini tidak menimbulkan efek samping sedikitpun jadi sangatlah aman untuk anak anak juga.

Bawang merah mampu mengeluarkan angin yang berlebihan yang ada dalam tubuh kita dan melancarkan peredaran darah. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur ketika masuk angin. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga kondisi kesehatan badan atau tubuh dengan baik dan benar.

Menggunakan Kencur

 

Kencur
Kencur

Cara mengatasi masuk angin yang ketiga menggunakan kencur. Cara menggunakannya kencur cuci hingga higienis dan kencur tersebut potong potong terlebih dahulu, setelah itu rebus kencur dan juga tambahkan juga kapulaga dan jahe rebus hingga matang. Minumlah ramuan kencur itu dengan rutin dan teratur ketika masuk angin. Dengan cara ini cukup mudah dilakukan tanpa ada efek sampingnya sama sekali.

Dengan menggunakan kencur ini dapat menghangatkan tubuh, apalagi ada campuran jahe dan kapulaga. Maka dari itu jaga kondisi kesehatan tubuh kalian dengan baik agar tidak mudah masuk angin dengan musim hujan ini.

Menggunakan Temulawak

Temulawak
Temulawak

Cara mengatasi masuk angin yang keempat dengan menggunakan temulawak. Cara menggunakan temulawak untuk obat masuk angin bersihkan terlebih dahulu temulawak dan jahe tersebut lalu potong potong dan yang terakhir rebus hingga matang secara bersamaan.

Minumlah rebusan temulawak dan jahe tersebut secara rutin dan teratur ketika masuk angin. Dengan menggunakan cara ini tidak ada efek samping. Maka dari itu, kita harus menjaga tubuh kita dengan baik, agar kita tidak mudah masuk angin.

Menggunakan Daun Pepaya

Daun Pepaya
Daun Pepaya

Cara mengatasi masuk angin yang kelima dengan menggunakan daun Pepaya. Daun pepaya memiliki rasa  pahit jika diminum atau dimakan. Meskipun demikian daun pepaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan masuk angin. Cara untuk menggunakan daun pepaya cuci daun pepaya hingga bersih,lalu rebuslah hingga matang.

Sebenarnya rebusan daun pepaya ini memiliki rasa yang cukup pahit namun dengan cara ini sangatlah ampuh untuk menghilangkan masuk angin. Dengan merebus beberapa helai daun pepaya kemudian minum dalam kondisi hangat ini sangatalah ampuh.Makanlah dan minumlah air daun pepaya tersebut lakukan secara rutin dan teratur ketika masuk angin.

Menggunakan Ubi Merah

Ubi Merah
Ubi Merah

Cara mengatasi masuk angin yang keenam dengan menggunakan ubi merah. Cara pembuatanya juga sangat mudah, cukup menyiapkan dengan satu buah ubi merah yang sudah dikupas kemudian cuci hingga bersih, rempah rempah lainnya seperti jahe merah, kupalaga delapan butir, merica delapan butir dan gula merah,  empat  butir cengkeh satu butir kayu manis,rebus semua bahan hingga matang lalu minum saat masih hangat.

Namun untuk mendapatkan ubi itu cukup sulit, karena ubi merah jarng dikonsumsi oleh masyarakat modern jaman sekarang. Namun ubi merah mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu kegunaan ubi merah adalah mengatasi masuka angin ketika musim hujan. Gunakan cara ini dengan rutin dan teratur ketika masuk angin.

Menggunakan Jeruk

Jeruk
Jeruk

Cara mengatasi masuk angin yang ketujuh dengan menggunakan jeruk. Dengan minum jus jeruk atau air jeruk itu bisa menanggulani masuk angin, hal itu disebabkan karna jeruk memiliki viamin C yang berfungsi menambah daya tahan tubuh dari dingin. Bagi mereka yang mudah tekena masuk angin dianjurkan untuk minum jus atau buah jeruk atau rajin mengonsumsi buah jeruk.

Kalian bisa menyajikan saat hangat. Daya tahan tubuh yang lemah sangat mudah sekali terkena masuk angin, yang memiliki daya tahan tubuh lemah dapat ditingkatkandengan mengkonsumsi jeruk atau vitamin C. Selain jeruk memiliki vitamin C beriku ini juga memiliki banyak vitamin C seperti jambu biji, kiwi, stobery, nanas dan lain lainnya.

Cara Mencegah Masuk Angin

Masuk angin dapat menyerang siapa saja dan kapan saja,agar tidak terkena masuk angin. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah masuk angin:

Cara Mencegah Masuk Angin
Cara Mencegah Masuk Angin
  1. Agar menggunakan penutup kepala agar tidak terkena air hujan, udara dingin dan angin.
  2. Gunakan pakaian yang sesuai dengan musim dan jangan lupa membawa pakaian ekstra seperti jaket dan selimut.
  3. Gunakan juga sarung tangan dan juga kaos kaki untuk menjaga kehangatan dan kelembaban kulit.
  4. Jangan kerj terlalu berat itu akan menyebabkan mengekuarkan banyak keringat karena membuat panas tubuh kita akan cepat hilang dan akibatnya akan mudah kediginan.
  5. Banyak makan makanan yang membuat tubuh terasa hangat, terutama makan makanan yang mengandung banyak kalori.
  6. Pebanyak minum air putih agar air urinenya berubah menjadi bening. Jika kamu tidak buang air kecil selama 2-3 jam sekali, itu pertanda kalau kekurangan minum air putih.
  7. Hindari mengkonsumsi alkhohol. Karena alkohol membuat tubuh sulit mengatur suhu dan panas akan cepat hilang.
  8. Hindari juga Nikotin dan kafein. Karena keduannya dapat menyebabkan penyempitan pembulu darah, dan sirkulasi tubuh pun terhambat dan tubuh akan lebih cepat dingin.

Mungkin itu tadi sedikit berita tentang Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin dengan Bahan Alami yang kami beritahukan. Kami ucapkan terima kasih bagi kalian yang sudah membaca informasi dari kami. Dan kami minta maaf jika ada penulisan yang salah dan kurang jelas.  Semoga bisa menambah pengetahuan anda.