cara mengatasi kulit kering
cara mengatasi kulit kering

Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Simpel Anti Ribet

Posted on

Cara mengatasi kulit kering – Untuk anda yang mempunyai kulit yang kering kami akan menyediakan artikel tentang cara mengatasi kulit kering.  Tidak perlu khawatir mencari kesana kemari tentang bagaimana caranya mengatasi kulit yang kering. Kini kami akan menyediakan informasi tentang cara mengatasi kulit kering untuk sahabat jempoltangan.com.

kulit kering
kulit kering

Sebelum kami membahas tentang cara mengatasi kulit kering, perlu anda ketahui terlebih dahulu beberapa macam gejala dan juga penyebab terjadinya kulit kering.

Gejala dan penyebab kulit kering

Pada umumnya kulit kering akan di derita oleh manusia sepanjang masa hidupnya. Akan tetapi kebanyakan manusia mempunyai masalah kulit kering yang hanya bersifat sementara saja. Gejala kulit kering yang sering muncul adalah permukaan kulit yang terasa kering dan terlihat kasar.

Gejala lainnya dapat dilihat dari permukaan kulit yang terlihat seperti ada garis di bagian kulitnya. Kemungkinan kulit memiliki sisik dan akan mengelupas. Jika sudah kering dan retak-retak hal tersebut biasanya dapat mengeluarkan darah.

Gejala tersebut muncul yang disebabkan oleh beberapa penyebab, yaitu:

  • Iritasi
  • Menggosok kulit terlalu keras
  • Usia manusia yang semakin lama semakin tua
  • Perubahan cuaca
  • Mandi air/uap panas yang berlebihan
  • Memakai sabun yang salah
  • Memakai handuk yang terlalu kering setelah mandi

Cara mengatasi kulit kering

Cara mengatasi kulit kering sebenernya sangat sederhana, akan tetapi diperlukan konsisten juga.  Kebanyakan kulit kering sangat mudah di atasi dengan cara-cara berikut ini:

  1. Ubah durasi waktu mandi

Salah satu kebiasaan yang buruk adalah ketika anda mandi adalah dengan waktu yang lama. Tidak hanya durasi waktu yang lama akan tetapi dengan mandi berkali-kali atau sangat saering sekali, hal tersebut bisa juga menyebabkan kulit anda kering.

Dengan mandi berkali-kali atau sering dapat membuat kulit bersih, akan tetapi hal tersebut juga akan menghilangkan minyak alami yang berada di kulit anda sehingga akan menjadi kering. Cara mengatasinya adalah mandi dengan durasi waktu tidak melebihin 10 menit dan juga tidak kurang dari 5 menit.

  1. Gunakan sabun pelembab

Penyebab kulit mengering pastinya juga berbagai macam variasinya, begitu juga dengan cara mengatasinya yang bervariasi. Dengan menggunakan sabun yang salah atau tidak cocok untuk kulit anda hal ersebut juga bisa menjadikan kulit anda kering.

Mulai sekarang gunakan sabun yang menggandung pelembab guna untuk menjaga kesegaran pada kulit anda. dan juga untuk sabun muka anda, gunakan juga sabun cuci muka yang mengandung pelembab yang tinggi.

  1. Memakai pelembab setelah mandi

Dengan menggunakan sabun dengan kandungan pelembab saja tidak cukup. Anda juga harus menggunakan pelembab setelah mandi. Dengan menggunakan pelembab setelah mandi akan membantu mengatasi kulit anda ynag kering.

Sudah terdapat berbagai macam produk yang mengandung pelembab tinggi untuk kulit. Pada masing-masing merk tentu saja mempunyai keunggulan masing-masing.  Ketika anda memilih pelembab untuk kulit pastikan pelembab tersebut mengandung banyak nutrisi untuk kulit anda.

  1. Hindari panas yang berlebihan

Hindarkan kulit dari sinar matahari langsung. Meskipun kulit anda sudah terlindungi oleh pelembab kulit atau sering di sebut dengan sun-block, hal tersebut masing kurang untuk mengatasi kulit kering. Akan lebh baik jika kulit anda terhindar dari terik matahari.

Pancaran sinar matahari lagsung sangat buruk untuk kulit anda. tidak hanya menyebabkan kulit kering, akan tetapi juga akan menimbulkan kanker kulit. Oleh karena itu, setiap keluar rumah anda gunakan pelindung sepertihalnya topi ataupun jaket.

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Pada umumnya tubuh kita terdiri dari 70% lebih dari cairan. Apabila cairan yang berada didalam tubuh kita berada di bawah normal atau kurang, hal tersebut akan mengakibatkan kulit akan menjadi kering, pecah-pecah, bersisik, bahkan akan lebih parah lagi.

  1. Olahraga secara rutin

Hampir 50% penderita kulit kering disebabkan karena jarang melakukan olahraga. Saat anda olahraga, hal tersebut akanmengeluarkan keringat. Yang mana keringat itu cukup baik untuk melembabkan kulit secara alami, akan tetapi hal tersebut jarang yang mengetahuinya.

Anda tidak perlu melakukan oahraga ynag berat. Cukup dengan olahraga-olahraga ringan, sepertihalnya lari kecil, jogging, yoga, jalan sehat, dan lain sebagainya. Pada saat pagi hari gunakan waktu yang sangat istimewa itu untuk olahraga minimal 30 menit saja sudah cukup. Hal tersebut juga akan sangat berguna untuk kesehatan tubuh anda juga.

  1. Hindari asap rokok

Tidak hanya akan membahayakan paru-paru kita akan tetapi asap rokok akan menyebabkan kelembapan di kulit anda akan hilang. Sehingga akan menyebabkan kulit anda kering, kusam, pecah-pecah, dan lain sebagainya.Selain itu asap rokok akan menghambat produksi kelenjar minyak di kulit anda.

  1. Pola hidup sehat

Dengan cara menerapkan pola hidup sehat akan sangat berguna bagi kulit anda. Menerapkan pola hidup sehat sebenarnya sangatlah mudah.  Salah satunya dengan cara memilih makanan yang sehat. Bagi anda yang memiliki kulit kering, akan lebih baik jika mengkomsumsi makanan yang mempunyai nilai vitamin yang tinggi.

Buah-buahan dan juga sayur-sayuran  yang segar sangat dianjurkan untuk mengatasi kulit kering dengan cara menutrisi kulit dari dalam tubuh. Sebagai nutrisi tambahan anda bisa mnegkomsumsi madu juga. Beberapa buah yang dapat anda konsumsi melainkan sebagai berikut:

  • Buah jeruk
  • Buah naga
  • Jambu biji
  • Strawbery
  • Buah kiwi
  • Buah alpukat

Akan tetapi jika anda mengalami kulit kering ynag disebabkan oleh inflamasi atau peradangan, seperti halnya dermatitis atau eksim, lebih baiknya jika anda mengunjungi dokter terlebih dahulu sebelum mencoba cara-cara diatas.

Demikian informasi tenteng cara mengatasi kulit kering yang bisa kami jelaskan. Terus kunjungi website kami dan temukan berbagaimacam informasi terbaru lainnya. Terima Kasih.