Cara Memelihara Kelinci
Cara Memelihara Kelinci

Cara Mudah Dan Ampuh Memelihara Kelinci Untuk Pemula

Posted on

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati. Tidak hanya karena bulunya yang indah dan warnanya yang menarik, kelinci banyak diminati karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan.

Cara Merawat Kelinci
Cara Merawat Kelinci

Bagi kalian para penggemar kelinci, saat ingin memeliharanya kalian harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Kali ini kami akan memberikan beberapa cara mudah dan ampuh untuk memelihara kelinci yang cocok untuk kalian yang masih pemula.

Kandang Yang Bersih.

Kandang yang baik bagi kelinci adalah kandang yang memiliki alas rata dan terdapat lubang sehingga kotoran kelincinya bisa jatuh ke bawah secara otomatis. Untuk kandang kelinci kalian dapat membelinya atau membuatnya sendiri.

Agar kelinci tetap sehat pastikan kandang dalam keadaan bersih, tidak lembab, dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam kandang serta bahan dasar kandangnya terbuat dari bahan yang memungkinkan udara dapat mengalir. Bahan kandang yang disarankan adalah kawat ram atau dengan bambu.

Kandang Diskat Setiap Ekor.

Cara Merawat Kelinci
Cara Merawat Kelinci

Usahakan kelinci berada di tempat yang berbeda. Kalian bisa menyekat kandang untuk satu ekor kelinci. Paling tidak satu kandang kelinci berukuran 50 cm x 50 cm. Untuk tempat makanan kelinci usahakan menggunakan wadah yang berukuran agak tinggi agar makanannya tidak terinjak- injak.

Untuk Kelinci Yang Hamil.

Untuk kelinci yang sedang hamil sediakan kandang yang agak luas, sehingga saat melahirkan kandangnya cukup untuk induk dan anak- anaknya. Di dalam kandang juga supaya disediakan kotak kecil dengan jumlah rumput kering yang banyak agar suhunya tetap hangat.

Makanan Kelinci.

Makanan kelinci bermacam- macam, salah satu makanan kelinci adalah tanaman hijau misalnaya rumput, sayur- sayuran, kangkung dan sebagainya. Usahakan makanan yang disuguhkan untuk kelinci dalam keadaan layu, kecuali kalua kelinci itu mencari makanan sendiri.

Makanan Tambahan.

Selain tanaman hijau, berikan juga makanan tambahan untuk kelinci berupa ubi jalar atau ketela, bekatul, dan bisa juga dengan bungkil kelapa. Usahakan saat memberikan makanan berikan menu yang berbeda setiap harinya, agar kelinci tidak manja dan tidak sulit untuk mencerna makanan lainnya.

Waktu Memberikan Makan.

Beri makan kelinci kira- kira mulai jam 6 sore sampai jam 7 pagi karena kelinci suka makan sepanjang malam. Dan untuk siang harinya kalian bisa memberikan makanan tambahan. Berikan pada wadah yang berbeda.

Perlakuan Pada Anak Kelinci.

Cara Merawat Kelinci
Cara Merawat Kelinci

Perlakuan terhadap anakan kelinci sangat penting, jika salah dalam perlakuan anak kelinci bisa sakit dan akhirnya mati. Jangan meletakkan anakan kelinci pada tanah becek karena dapat menyebabkan anakan terjangkit penyakit gatal atau gudigen.

Anakan kelinci memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah, usahakan untuk tidak meletakkan kelinci di tempat yang lembab terlalu lama. Tempat yang lembab menyebabkan anakan kelinci terkena flu dan akhirnya anakan kelinci akan mati.

Itulah cara mudah dan ampuh memelihara kelinci untuk pemula. Mungkin cara ini sedikit rumit namun lama kelamaan kalian akan mudah dalam merawat kelinci. Hanya diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Selamat mencoba!