Cara Membuat Resep Gulai Kambing
Cara Membuat Resep Gulai Kambing

Cara Membuat Resep Gulai Kambing Yang Mudah dan Sederhana

Posted on

Resep Gulai Kambing – Hai sobat jempoltangan.com. Masih dengan saya. Kali ini saya akan berbagi dan juga mengajak kalian untuk membuat gulai kambing yang sangat empuk dan juga sangat lezat. Saya juga akan berbagi kepada kalian tentang tips membuat resep gulai kambing yang benar.

Memang kita bisa membuat olahan yang sangat banyak dengan menggunakan bahan dasar daging kambing. Tidak hanya gulai saja, tetapi kalian juga dapat membuat masakan yang lainnya contohnya seperti sate kambing dan juga masakan tongseng kambing. Ada banyak sekali olahan gulai yang kita ketahui. Tetapi inti dari semua jenis masakan gulai mempunyai bumbu dasar yang sama.

Untuk memasak resep gulai yang satu ini memang gampang-gampang susah. Tetapi bagi orang tidak mengetahui trik dan tips untuk membuat gulai ini, mereka menganggap bahwa resep yang satu ini sangatlah susah untuk dibuat. Terutama bagi kalian yang ingin menghilangkan bau yang khas dari daging kambing tersebut. Yang mana bau tersebut bisa membuat menghilangnya rasa yang lezat masakan gulai yang satu ini dan bau yang tidak enak dapat membuat orang yang ingin menyantap kehilangan seleranya.

Cara Membuat Resep Gulai Kambing
Cara Membuat Resep Gulai Kambing

Akan tetapi, jika kalian sudah mengetahui cara untuk memasak gulai yang menggunakan daging kambing yang benar. Bau yang sangat khas dari daging kambing sering mengganggu orang yang sangat tidak menyukai aromanya, bau yang ada pada daging kambing ini sangat mudah untuk dihilangkan.

Sebagian besar masyarakat ketika akan menggunakan bahan-bahan untuk memasak harus dicuci agar kotoran yang menempel pada bahan yang akan kita masak menghilang. Tetapi bagi kalian yang memasak dengan menggunakan bahan dasar yang utama yaitu daging. Untuk membersihkan daging dari kotoran yang menempel sebaiknya kalian tidak melakukan pencucian dengan menggunakan air yang mengalir.

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada daging kambing atau daging sapi, kalian bisa merebus daging sapi atau daging kambing agar kotoran atau sisa darah saat pemotongan hewan tersebut menghilang. Selain itu, kalian juga dapat memberikan air dari perasan jeruk nipis pada daging kambing yang akan diolah.

Untuk lebih jelas atau detailnya kalian bisa melihat cara untuk membuat dan juga bahan apa saja yang digunakan untuk membuat gulai yang berbahan dasar daging kambing yang enak dan juga lezat.

Bahan-Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Resep Gulai Kambing Yang Lezat

Cara Membuat Resep Gulai Kambing
Cara Membuat Resep Gulai Kambing
  • Bahan utama yang akan kita gunakan adalah daging kambing sebanyak 250 gram dan juga iga kambing sebanyak 250 gram. Jika kalian tidak suka dengan iga kambing, kalian dapat menggantinya dengan daging kambing saja.
  • Air bersih sebanyak 1 sampai 1,25 liter. Air ini digunakan untuk membuat kuah gulai.
  • Jahe yang berukuran 1,5 cm dan sudah dikupas terlebih dahulu sebanyak ( bumbu yang dihaluskan).
  • Bawang putih yang cukup besar sebanyak 2 sampai 3 siung (bumbu yang dihaluskan).
  • Bawang merah yang mempunyai ukuran sedang sebanyak 5 sampai 6 siung (bumbu yang dihaluskan).
  • Garam dapur yang memiliki yodium sebanyak 1 sendok makan (kalian juga bisa mengurangi atau menambah jumlah garam)
  • Kunyit yang mempunyai ukuran 2 cm dan sudah dikupas terlebih dahulu (bumbu tang dihaluskan)
  • Cengkeh sebanyak satu butir dan sebelumnya sudah disangrai. (bumbu yang dihaluskan)
  • Buah pekak sebanyak 1 butir. Tetapi jika bahan ini tidak ada kalian juga bisa tidak menggunakannya. (bumbu yang dihaluskan)
  • Kapulaga sebanyak 1 sampai 2 butir saja. (bumbu yang dihaluskan)
  • Gula pasir kalian gunakan secukupnya. Tetapi saran 1 sampai 2 sendok. (bumbu yang dihaluskan)
  • Lada yang dihaluskan atau kalian juga bisa menggunakan lada bubuk sebanyak ¼ dari sendok yang mempunyai ukuran kecil (bumbu yang dihaluskan)
  • Kemiri kalian gunakan sebanyak 2 hingga 3 butir (bumbu yang dihaluskan)
  • Cabe merah yang keriting kalian gunakan sebanyak 5 sampai 7 biji (bumbu yang dihaluskan)
  • Daun jeruk purut kalian gunakan sebanyak 1 sampai 2 lembar saja.
  • Kecap kalian gunakan secukupnya. Tetapi saya sarankan kalian menggunakan kecap sebanyak 2 hingga 3 sendok makan.
  • Asam kandis kalian gunakan sebanyak 1 butir saja.
  • Batang serai yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih sebanyak ½ batang serai.
  • Daun salam kalian gunakan sebanyak 1 lembar saja.
  • Daun kunyit kalian gunakan sebanyak setengah lembar saja. Sebelum kalian masukkan kedalam kuah, kalian ikat terlebih dahulu daun kunyit tersebut.
  • Setengah dari buah kelapa yang kemudian kalian parut dan kalian peras. Kalian ambil 0,5 liter santan yang kental dan juga 0,5 santan yang encer.
  • Minyak goreng yang masih baru. Minyak goreng ini digunakan untuk menumis bumbu gulai daging kambing.

Cara Membuat Resep Gulai Kambing Yang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Resep Gulai Kambing
Cara Membuat Resep Gulai Kambing
  1. Kalian siapkan panci dan kalian isi panci itu dengan air bersih secukupnya. Kalian rebus daging kambing sampai mendidih terlebih dahulu. Hal ini harus kalian lakukan agar bau yang tidak sedap dari daging kambing menghilang.
  2. Sambil menunggu rebusan yang berisi daging kambing mendidih, kalian haluskan bumbu yang harus dihaluskan dan sudah dijelaskan di atas. Kalian bisa menghaluskan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan dengan menggunakan blender. Tetapi masakan akan terasa lebih enak jika kalian menghaluskan bumbu tadi dengan cara mengulegnya.
  3. Kalian siapkan wajan yang sudah kalian isi minyak goreng secukupnya.
  4. Kemudian kalian masukkan daun salam, daun kunyit, serai yang sudah dimemarkan sebelumnya, daun jeruk dan juga bumbu yang sudah kalian haluskan. Aduk bumbu dengan menggunakan api kecil dan sampai aroma harum tercium.
  5. Setelah rebusan tadi selesai, kalian buang air agar darah dan juga kotoran yang menempel menghilang.
  6. Kemudian kalian isi panci dengan air bersih sebanyak 1,25 liter dan rebus kembali hingga mendidih.
  7. Masukkan daging kambing dan biarkan agar daging kambing lunak.
  8. Kemudian kalian masukkan bumbu yang sudah kalian haluskan semua ke dalam panci dan kalian aduk sebentar agar semua bumbu tercampur dengan rata.
  9. Kemudian kalian masukkan santan yang encer. Kemudian kalian aduk kembali hingga merata dan mendidih.
  10. Kemudian kalian masukkan lagi santan yang kental, kemudian kalian aduk kembali sampai bahan yang dimasukkan tercampur semua. jangan sampai santan pecah, karena jika santan itu pecah akan mengurangi rasa yang lezat dari masakan tersebut.
  11. Jika sudah mendidih kalian cicipi apakah rasa masakan kalian sudah pas.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Gulai Kambing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya, dan dapat berbagi informasi kepada kalian tentang masakan. Terima kasih.