Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali Yang Pedas dan Lezat

Posted on

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali – hai sobat jempoltangan.com. kalian pernah mendengar tentang betutu? Kebanyakan orang belum pernah mencicipi bahkan memakan resep ayam betutu bali yang sangat lezat ini. Tetapi jika kalian sudah pernah mencoba rasanya atau memakannya, kalian akan merasa ketagihan karena citarasa yang khas ditimbulkan dari rempah-rempah yang berasal dari pulau dewata.

Jika kalian melihat tampilan pada masakan ini, resep makan yang satu ini sangat mirip dengan masakan ayam taliwang. Bumbu yang digunakan untuk masakan yang satu ini memang sangat mirip dengan masakan ayam taliwang. Tetapi masakan ayam betutu bali dengan ayam taliwang tetap memiliki perbedaan, ayam betutu bali ini memiliki citarasa yang sangat khas, dengan citarasa yang khas  membuat masakan yang satu ini dicari oleh banyak orang.

Bagi kalian yang sangat penasaran dengan masakan yang satu ini, kalian tidak perlu khawatir lagi, cara untuk membuat resep masakan yang satu ini sangatlah mudah. Untuk membuat ayam betutu ini banyak sekali variannya kalian bisa membuatnya dengan mudah, contohnya seperti betutu kuah, betutu basah, atau kalian juga bisa yang di oven.

Walaupun resep masakan ayam yang satu ini adalah warisan yang khas dari pulau bali, tetapi saat ini kita bisa dengan mudah menemukan masakan ini di penjual resep masakan ayam pedas. Ayam betutu bali tidak hanya kita temukan di warung saja, tetapi masakan ayam tradisional ini dihidangkan di dalam menu restaurant.

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Untuk masakan yang satu ini  kalian tidak perlu menggunakan ayam saja, tetapi kalian juga dapat membuat masakan ini dengan mencampurkan kombinasi yang lain, contohnya seperti bebek betutu. Tetapi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep kepada kalian tentang cara membuat resep ayam betutu bali saja. Karena banyak orang yang menganggap bahwa resep ini sangat mudah jika kalian menggunakan ayam.

Dari daerah asal masakan ini, masakan yang satu ini mempunyai 2 macam resep masakan ayam betutu yang dapat kita buat. Untuk resep yang pertama dalam membuat ayam betutu ini sedikit lebih ribet, karena untuk memasak ayam dengan cara yang pertama ini bebek atau ayam betutu dibungkus dengan menggunakan daun pisang dengan bumbu betutu.

Jika kita menggunakan cara yang pertama untuk membuat ayam betutu sangat kering dan juga lebih pedas. Versi memasak ayam betutu yang ke dua ini adalah ayam betutu basah.

Bahan Untuk Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
  • Pastinya bahan yang perlu kalian siapkan adalah ayam segar sekitar 1 kilogram yang sudah dibersihkan dari jeroan. Jika kalian tidak menyukai ayam kalian juga bisa menggantinya dengan bebek yang ukurannya sama. Kalian bisa memasak ayam atau bebek ini dengan cara utuh atau kalian juga bisa memasaknya dengan cara dipotong terlebih dahulu.
  • Batang serai kalian siapkan sebanyak 7 potong. Kalian cuci batang serai dan kemudian kalian iris halus.
  • Daun jeruk kalian siapkan sebanyak 10 lembar. Sebelumnya kalian cuci bersih, lalu kalian biang tulang yang ada pada daun jeruk kemudian kalian iris halus.
  • Daun salah kalian siapkan sebanyak 6 lembar.
  • Daun pisang yang sudah kalian lap hingga bersih. Kalian gunakan ukuran secukupnya untuk membungkus ayam atau bebek. Tetapi kalau kalian tidak bisa, kalian juga bisa menggunakan kertas alumunium foil.
  • Daun singkong, daun singkong ini digunakan untuk bagian dalam ayam.
  • Garam dapur yang mempunyai yodium secukupnya.
  • Jahe yang memiliki panjang kira-kira 2 cm dan sudah diparut.

Bumbu Untuk Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
  • Kemiri kalian siapkan sebanyak 4 buah. Kemiri sebelum kalian gunakan, kalian sangrai terlebih dahulu agar lebih wangi.
  • Bawang putih kalian siapkan sebanyak 3 siung saja.
  • Bawang merah kalian siapkan sebanyak 6 siung.
  • Terasi yang mempunyai kualitas yang sangat bagus dan sudah dibakar sebanyak 1 sendok berukuran kecil.
  • Kunyit yang mempunyai ukuran sedang sebanyak 2 ruas jari orang dewasa. Lebih baiknya kunyit tersebut kalian bakar terlebih dahulu.
  • Ketumbar yang sebelumnya sudah kalian sangrai sebanyak 1 sendok makan.
  • Pala yang sudah dihaluskan atau bubuk sebanyak 0,5 dari sendok kecil.
  • Jika ukurannya kencur kecil maka kalian gunakan 3 biji, tetapi jika kencur memiliki ukuran besar maka kalian gunakan satu buah saja.
  • Lada bubuk secukupnya.
  • Cabai merah secukupnya.
  • Cabai rawit sesuai dengan selera kalian.

Cara Untuk Membuat Resep Ayam Betutu Bali

Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
Cara Membuat Resep Ayam Betutu Bali
  1. Sebelumnya kalian cuci ayam hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Setelah kalian uci ayam hingga bersih, kalian oleskan pada bagian luar dan juga dalam ayam dengan menggunakan jahe dan juga garam yang telah dihaluskan. Jika sudah kalian olesi, kalian diamkan ayam selama 30 menit agar bumbu yang kalian oleskan meresap pada ke dalam daging ayam.
  2. Haluskan semua bumbu yang akan digunakan untuk memasak ayam betutu bali. Haluskan bumbu hingga benar-benar halus.
  3. Kemudian kalian siapkan alat penggorengan dan kalian jangan lupa untuk memberi minyak secukupnya.
  4. Masukkan bumbu masakan yang sudah kalian haluskan ke dalam penggorengan, kemudian kalian aduk bumbu sampai rata dan juga tercium bau yang sangat harus.
  5. Kemudian kalian masukkan berbagai macam irisan daun yang tadi kalian siapkan ke dalam penggorengan kemudian kalian aduk kembali kemudian kalian sisihkan.
  6. Kemudian kalian masukkan daun singkong ke dalam penggorengan bersama dengan 1/3 bumbu yang sudah kalian tumis, kemudian kalian aduk kembali hingga merata.
  7. Ambil ayam yang sudah kalian olesi dengan air garam dan juga jahe. Kemudian kalian masukkan daun singkong yang sudah ditumis ke dalam bagian dalam ayang betutu. Kemudian kalian jahit bagian yang sudah di masuki daun singkong agar bumbu tadi tidak meluber.
  8. Kemudian kalian ambil daun pisang dan kalian tuangkan bumbu dan ratakan pada bagian bawahnya.
  9. Kemudian kalian letakkan ayam diatas bumbu yang sudah diratakan diatas daun pisang. Kemudian kalian ratakan lagi bumbu yang masih tersisa pada bagian ayam yang belum tertutup bumbu. Kemudian bungkus dengan rapi.
  10. Masukkan ayam yang sudah dibungkus tadi ke dalam panci kukusan kemudian kalian masak hingga bumbu meresap ke dalam ayam.
  11. Kemudian kalian siapkan Loyang yang sudah diberi alas kertas alumunium. Letakkan ayam yang dibungkus tadi diatas Loyang.
  12. Kemudian kalian oven ayam hingga benar-benar matang.
  13. Setelah ayam matang. Kalian buka daun pisang yang membungkus ayam. Dan kalian siapkan di piring yang akan dihidangkan.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada kalian tentang Resep Ayam Betutu Bali. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba berbagai macam masakan yang baru. Terima kasih.