Cara Membasmi Semut
Cara Membasmi Semut

7 Cara Membasmi Semut Secara Alami

Posted on

Cara Membasmi Semut – Kenyamanan sebuah rumah sering terganggu karena berbagai macam permasalahan, seperti masalah tikus dan kecoa. Tidak hanya itu saja, ternyata semut juga terkadang menjadi salah satu masalah. Semut merupakan salah satu serangga yang paling sering kita temui dimana saja.

Sebenarnya keberadaan semut tidak terlalu mengganggu, namun serangga yang satu ini kerap mengerubungi makanan yang ada di meja makan. Hasilnya, tak jarang makanan yang kita konsumsi terdapat semut ataupun bangkainya. Apabila hanya terdapat satu atau dua semut saja, mungkin tidak akan menjadi masalah.

Namun, ketika jumlah mereka semakin bertambah banyak, maka hal tersbut akan mulai mengganggu kenyamanan. Apalagi jika kawanan semut tersebut mulai melakukan ekstensinya menyerang makanan seperti gula dan lain sebagainya. Hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat kita semakin dibuat jengkel. Semut terdapat berbagai jenis, seperti semut merah , semut jepang, semut hitam dan lain sebagainya.

 

Cara Membasmi semut
Cara Membasmi semut

Semut merah biasanya menyerang makanan berupa ikan, lauk dan makanan lainnya. Sedangkan semut hitam biasanya menyerang makanan yang memiliki rasa manis, seperti sirup yang terbuka tutupnya, gula, makanan manis lainnya. Maka pada saat permasalahan tersebut mulai menyerang, biasanya seseorang akan mulai berfikir bagaimana cara membasmi kawanan semut tersebut?

Kemudian terbesit sebuah ide untuk membeli obat anti semut yang telah banyak dijual dipasaran. Biasanya obat tersebut mampu mengatasi semut. Namun, jika Anda memiliki anak yang masih kecil yang suka memegang-megang barang sembarangan, hal tersebut bisa menjadi masalah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kami memiliki berbagai cara membasmi semut agar tidak kembali lagi ke rumah.

Cara Membasmi Semut

Apa jadinya jika anak-anak Anda memegang obat semut yang telah ditaburkan kemudian dimasukkan ke dalam mulut mereka. Secara obat yang Anda gunakan untuk mengatasi semut tersebut pasti terbuat dari bahan kimia yang bisa saja sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Berikut ini kami akan mengulas beberapa cara untuk membasmi semut dari rumah, di antaranya :

  1. Kapur Semut

Kapur Semut
Kapur Semut

Cara membasmi semut yang pertama kali akan kami bahas adalah dengan menggunakan kapur semut. Kapur yang satu ini bukanlah kapur biasa ataupun kapur yang biasanya digunakan untuk menulis di papan tulis hitam. Kapur ini memiliki kandungan bahan kimia yang mampu mengatasi semut. Selain itu, kapur ini tidak memiliki bau dan sangat mudah diaplikasikan dimana saja.

Apabila serangga kecil ini sering mendatangi meja makan, maka Anda hanya perlu membuat garis di setiap kaki meja makan. Maka semut tidak akan berani melewati garis tersebut, sehingga makanan yang berada di meja makan akan tetap aman dari serangan semut.

  1. Garam

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan yang memiliki kandungan kimia untuk membasmi semut, Anda bisa menggunakan garam dapur. Ternyata garam dapur bisa membuat semut-semut tersebut kabur dan tidak akan datang lagi. Anda hanya perlu menaburkan garam di sarang semut atau di sudut ruangan.

Anda juga bisa membuat semprotan dari larutan air garam untuk mengusir semut. Semprotkan larutan garam tersebut langsung pada semutnya atau pada sarang semut. Anda juga bisa menggunakan merica bubuk apabila dirumah Anda tidak tersedia garam.

  1. Cuka Putih

Cuka Putih
Cuka Putih

Banyak orang yang berpikir bahwa cuka putih hanya bisa digunakan untuk membersihkan panci gosong. Padahal, cuka putih juga bisa digunakan untuk membasmi semut. Cuka putih memiliki aroma yang cukup menyengat yang dapat Anda gunakan untuk bahan pengusir semut. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya cukup menyemprotkan cuka putih di kaki meja atau tempat lain yang sering di datangi oleh semut.

Aroma cuka putih ini akan membuat semut-semut kabur dan tidak akan datang lagi. Kelebihan menggunakan cuka putih untuk mengusir semut adalah Anda tidak perlu menyemprotkan cuka berkali-kali karena cuka putih memiliki aroma yang bisa bertahan hingga waktu yang lama

  1. Bedak Bayi

Semut sangat sering membuat sarang di lemari pakaian, sehingga banyak orang yang tidak berani menggunakan larutan air garam ataupun cuka putih sebab mereka khawatir aromanya akan menempel pada pakaian. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa menggunakan bedak bayi untuk mengusir semut yang bersarang di lemari pakaian Anda.

Bedak bayi juga memiliki aroma yang friendly pada pakaian-pakaian yang disimpan di dalam lemari. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menaburkan bedak bayi di sarang semut, sekitar lemari, atau jalan masuk semut. Bedak bayi memiliki manfaat yang sama dengan kapur semut.

  1. Daun Sirih

Daun sirih sering digunakan oleh orang-orang zaman dahulu untuk dikunyah di dalam mulut. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran produk pembersih organ intim kewanitaan. Namun, siapa yang menyangka bahwa daun sirih ini juga bisa digunakan untuk mengusir semut.

Seperti halnya cuka putih, daun sirih juga memiliki aroma yang sangat tidak disukai semut. Anda hanya perlu meremas daun sirih agar aromanya keluar. Setelah itu, sebarkan daun sirih yang telah diremas ditempat-tempat yang sering disambangi semut.

  1. Kopi

Mungkin kita sebagai manusia sangat menyukai aroma kopi yang harum, lain halnya dengan semut. Serangga yang satu ini sangat tidak menyukai aroma kopi dan akan menjauh. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mengusir semut yang bersarang di rumah Anda.

Anda hanya perlu menaburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang terdapat banyak semut atau langsung di sarangnya. Bubuk kopi ini tidak bisa membunuh semut, hanya bisa membuat semut-semut kabur dan enggan kembali lagi.

  1. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir semut saja, namun juga mampu membasmi serangga yang gemar hidup berkoloni tersebut. Walaupun bahan ini sering digunakan untuk membuat kue, namun baking soda bisa menjadi racun yang berbahaya untuk semut. Baking soda mengandung ragi yang bisa membunuh kawanan semut tersebut.

Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menyampurkan baking soda dengan gula bubuk untuk memancing semut. Kemudian taburkan campuran baking soda dengan gula bubuk tersebut di tempat-tempat berkumpulnya semut atau langsung di sarangnya. Gula bubuk digunakan untuk mengecoh semut memakan baking soda.